LaFerrari Aperta datang ke Jakarta rayakan 70 tahun Ferrari

Ferrari Jakarta mendatangkan LaFerrari Aperta, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (20/4/2017).
Ferrari Jakarta mendatangkan LaFerrari Aperta, di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (20/4/2017).
© Mustafa Iman /Beritagar.id

Merayakan ulang tahun ke-70, Ferrari produsen supercar ternama dari Maranello, Italia, mendatangkan supercar edisi terbatas, LaFerrari Aperta, ke Indonesia Convention Exibition (ICE), BSD, Tangerang, Kamis (20/4/2017).

Dikatakan terbatas, karena Ferrari hanya merakit 209 unit model yang dipamerkan di ajang Paris Motor show 2016 ini. Sebanyak 200 unit dijual kepada umum di seluruh dunia dan sudah habis dipesan, sembilan sisanya akan digunakan Ferrari untuk keperluan pameran.

Walau jenama tak mengungkapkan harganya, namun laman TopSpeed memperkirakan sekitar USD3,4 juta, atau setara Rp45,3 miliar.

"Kami sangat senang bisa membawa LaFerrari Aperta untuk merayakan ulang tahun kami yang ke-70 di Indonesia, yang dikenal memiliki penggemar supercar yang paling bergairah," kata Enrico Galierra, Chief Marketing dan Commercial Officer Ferrari SpA, dalam seremoni ulang tahun tersebut.

"Melalui mobil ini, Ferrari menegaskan kehadirannya sebagai brand supercar paling terkemuka di dunia."

Ferrari Jakarta menyatakan merasa terhormat diberi kesempatan untuk menjadi salah satu tempat perayaan ulang tahun jenama tersebut.

"Ini merupakan kebanggaan bisa mendatangkan unit ini ke Indonesia. Setiap 10 tahun Ferrari akan selalu mengeluarkan icon car, dan Indonesia dipercayakan sebagai negara ke-5 untuk mendatangkan model ini (Aperta) dalam merayakan 70 tahun Ferrari," tutur Arie Christopher Setiadharma, CEO Ferrari Jakarta, kepada Beritagar.id acara.

Ferrari, lanjut Christopher, hanya memilih pembeli dengan spesifikasi khusus untuk memboyong model LaFerrari Aperta ke garasi mereka.

"Gak semua orang kaya atau orang berduit bisa beli Aperta. Ferrari punya data pelanggan khusus dan yang paling loyal dan antusias dengan Ferrari yang akan terpilih. Jadi nggak sembarangan bisa membeli Aperta, walaupun sebenarnya sanggup," jelasnya.

Ferrari didirikan oleh Enzo Ferrari pada 1947. Model 125 S menjadi mobil produksi pertama mereka saat diluncurkan melalui Via Abetone Inferiore di Maranello, Italia.

Sejak saat itu pabrikan ini menjadi salah satu produsen mobil super yang ikonik, berteknologi dan performa tinggi, desain ciamik, dan, tentu saja, eksklusif.

LaFerrari Aperta merupakan versi convertible (atap terbuka) dari LaFerrari coupe yang diperkenalkan pada 2013. Mobil ini dilengkapi dengan unit daya hibrida yang sama dengan coupe, yaitu mesin V12 6.626cc bertenaga 800 hp yang dikawinkan dengan motor elektrik 120 Kw untuk total keluaran tenaga sebesar 960 hp.

LaFerrari Aperta - Official video - Ferrari 2016
© Ferrari

Dalam perayaan 70 tahun Ferrari di Jakarta, selain Aperta, juga dipajang 69 unit model mobil klasik dan modern dari berbagai periode, termasuk LaFerrari, Enzo, 250 TR, Dino 246 GTS, F430, 599 GTB, 488 GTB, 488 Challenge, dan 488 GT3.

Christopher menyatakan bahwa 69 mobil yang dipajang itu dimiliki oleh warga negara Indonesia.

Ia juga memaparkan sejak Ferrari Jakarta berdiri pada 2001, sudah ada 500 unit mobil berlogo kuda jingkrak itu yang beredar di jalanan Indonesia. Sekitar 80 persen di antaranya ada di Jakarta.

Walau sebagian besar pembeli membayar dengan uang tunai, Christopher menyatakan tetap ada orang, yang saking inginnya memiliki Ferrari, mau mencicil.

"Dari 100 persen, ada sekitar 10 persen yang membelinya dengan cara kredit, dan simulasinya sama dengan membeli mobil lain," kata Christopher.

"...Jadi, ketika Anda punya uang dan ingin beli supercar, yang terlintas pertama kali adalah Ferrari, karena Brand Awarness yang begitu besar."

Bagian dari 69 model Ferrari yang dipamerkan di Hall 1 ICE, BSD, Tangerang (20/4/2017).
Bagian dari 69 model Ferrari yang dipamerkan di Hall 1 ICE, BSD, Tangerang (20/4/2017).
© Mustafa Iman /Beritagar.id

Ferrari Festival of Speed

Sebagai puncak dari gelaran ini, Ferrari Jakarta mengadakan Ferrari Festival of Speed di sirkuit temporer sepanjang 3,2 kilometer di BSD City, Minggu (23/4/2017). Sirkuit ini dibangun secara khusus sebagai perayaan 70 tahun Ferrari di Indonesia.

Dengan membawa semangat Cavallino Rampante (kuda jingkrak), lebih dari 100 Ferrari dan pemiliknya akan melakukan parade pembukaan pada pagi hari, diikuti oleh Concours d'Elegance (konvoi) dari 70 Ferrari koleksi istimewa.

Pembalap Ferrari GT dari Maranello, Toni Villander, akan melakukan aksi spesial dengan LaFerrari Aperta. Acara ini tak hanya diperuntukkan bagi para pencinta mobil Ferrari, tapi juga terbuka untuk umum. Bagi Anda yang tertarik menyaksikan acara ini, dapat memesan tiket melalui www.loket.com dengan banderol Rp100 ribu.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.