Langkah yang harus diambil saat cicilan mobil lunas

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi kredit mobil
Ilustrasi kredit mobil | Author /Shutterstock

Saat ini, metode mencicil untuk membeli mobil sudah menjadi hal lumrah. Orang bisa mendapat kendaraan baru tanpa harus mengumpulkan uang ratusan juta terlebih dahulu. Beban keuangan bulanan pastinya bertambah, tapi setidaknya mobil bisa langsung dipakai untuk operasional harian.

Ketika cicilan mobil lunas, beban keuangan tentu akan berkurang. Apa saja yang harus dilakukan saat cicilan mobil sudah selesai?

Umumnya, besaran cicilan bulanan mobil mengambil porsi 10-30 persen dari penghasilan Anda setiap bulan. Ketika beban tersebut sudah tak ada, 10-30 persen itu bisa dialokasikan untuk tabungan atau investasi demi hari tua yang sejahtera.

Namun, ada satu lagi hal penting yang kerap dilupakan orang saat cicilan mereka selesai. Mereka lupa bahwa saat cicilan mobil lunas, status asuransi mobil tersebut juga berakhir. Ini merupakan kondisi yang berisiko.

Misalnya, Anda mencicil mobil MPV keluarga selama lima tahun. Kondisi mobil lama, khususnya yang sudah berusia di atas lima tahun cenderung akan menurun.

Ini hal wajar, khususnya pada mobil yang digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Keadaan akan lebih parah jika gaya pengendaranya agak ekstrem dan sering mengebut. Bisa jadi ada part yang perlu diganti. Oli mesin mungkin sudah merembes. Kaki-kaki, transmisi, dan kelistrikan bisa jadi mulai bermasalah.

Apakah solusinya dengan mencicil mobil baru? Belum tentu juga. Terlebih ketika sebenarnya mobil Anda masih bisa berfungsi.

Untuk mengatasi “penyakit mobil” yang tidak diinginkan, ketika asuransi mobil habis bersamaan dengan lunasnya cicilan mobil Anda, disarankan untuk langsung memperpanjang asuransi kendaraan Anda. Jika di kemudian hari ada masalah dan kendala, setidaknya biaya perbaikan yang dikeluarkan tidak akan terlalu menguras kocek Anda.

Salah satu asuransi kendaraan yang bisa Anda pertimbangkan adalah Asuransi Garda Oto. Produk asuransi yang dikelola oleh Asuransi Astra ini punya dua jenis pertanggungan, yaitu Comprehensive dan Total Loss Only (TLO).

Comprehensive menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Sementara, Total Loss Only menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan total, yaitu biaya perbaikan ≥75% dari harga sebenarnya sesaat sebelum terjadinya kerugian, dan hilang akibat pencurian.

Risiko yang dijamin antara lain; kerugian dan/atau kerusakan pada kendaraan bermotor akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat, pencurian, dan kebakaran.

Keuntungan tambahannya antara lain pelanggan bisa mengakses claim report melalui Garda Mobile Otocare, garansi untuk hasil kerja bengkel, serta suku cadang yang digunakan dijamin asli.

Agar perlindungan terhadap mobil lebih optimal, Anda juga bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi, seperti asuransi untuk pengemudi, penumpang, dan sebagainya.

Sebagai asuransi dengan fitur-fitur modern, Garda Oto juga memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen berupa kemudahan pendaftaran maupun proses klaim. Hanya dengan mengakses Garda Oto Digital melalui gawai, Anda bisa membeli asuransi dan melakukan klaim di lokasi yang Anda tentukan, berkat layanan Emergency Road Assistance (ERA) Garda Siaga 24 Jam.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih jauh seputar Garda Oto Digital, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR