Mengenal teknologi ''green core'' Yamaha

Green Core, merupakan pengembangan mesin motor listrik Yamaha Global
Green Core, merupakan pengembangan mesin motor listrik Yamaha Global | Yamaha /Global.yamaha-motor.com

Yamaha sebagai satu jenama otomotif populer di dunia, tentunya tak ingin tertinggal untuk mengembangkan motor dengan teknologi mesin listrik. Hal tersebut mereka buktikan dengan memperkenalkan jajaran motor listriknya, baik konsep maupun yang mulai diproduksi massal, sejak tahun 2011 dalam berbagai pameran internasional.

Pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) 29 Oktober 2015, Yamaha Global memperkenalkan filosofi ''green core'' pada motor konsep masa depan mereka yang berbasis mesin listrik.

Situs resmi Yamaha Jepang menerangkan, filosofi baru ini mengedepankan mesin motor yang lebih ramah lingkungan, efisien, ringan, ringkas, namun tetap berperforma tinggi.

Dua motor "green core" yang diperkenalkan Yamaha pada TMS 2015 adalah Yamaha PES2 dan PED2, serta sepeda listrik Yamaha YPJ-R.

PES2 merupakan motor listrik jenis sport, sementara PED2 adalah sebuah dirt bike alias motor off-road.

Sebagai catatan, Yamaha Global telah mengembangkan motor dengan tenaga listrik sejak 2010 silam, dengan debutan produk pertama mereka yakni Yamaha EC-03 berjenis motor skuter yang diperkenalkan pada tahun 2011. Hasil pengembangan selanjutnya adalah konsep motor listrik seri PES1 dan PED1 yang diperkenalkan pada ajang TMS 2013.

Dalam laporan tahunan 2013, Yamaha awalnya menuliskan bahwa motor listrik versi sport produksi mereka akan diluncurkan dalam waktu dua tahun, berarti pada 2015. Namun beberapa hari kemudian kalimat "dalam dua tahun" digantikan dengan "dalam waktu dekat". Demikian dikabarkan Gizmag.

Hingga kemudian jenama berlogo garpu tala memamerkan PES2 dan PED2 di TMS 2015. Autoblog menuliskan bahwa ada kemungkinan kedua motor listrik itu bakal dijual pada 2016, namun Yamaha belum memberikan keterangan resmi soal itu.

Mesin ''green core'' Yamaha lebioh kompact, ringat, dan bertenaga
Mesin ''green core'' Yamaha lebioh kompact, ringat, dan bertenaga | Yamaha /Global.yamaha-motor.com

Walau belum ada keterangan resmi dari Yamaha apakah sepeda motor sport dan off-road itu jadi meluncur pada tahun ini, tak ada salahnya untuk mengetahui sedikit mengenai teknologi "green core" yang bakal diterapkan.

Inti dari teknologi "green core" Yamaha adalah motor listrik DC brushless bertenaga 250W dengan suplai tenaga dari daya baterai berjenis Lithium-Ion. Secara umum mesin ini lebih ringan karena merupakan hasil pengembangan sebelumnya, yakni 3,4 kg dengan torsi tenaga maksimum 100 Nm.

Paket mesin dan baterai ini diberi nama Yamaha Smart Power Module, yang digambarkan sebagai "struktur monokok yang juga berfungsi sebagai rangka". Menurut MotoUSA.com, mesin tersebut memiliki bilah pendingin di bagian depan dan Yamaha berjanji pengguna bisa mengganti baterai dengan mudah.

Mesin ini juga dibekali tiga sensor sistem yang memegang peranan penting untuk membuat mesin tetap bersuara halus namun bertenaga dalam segala kondisi jalanan. Mereka adalah sensor torsi yang mendeteksi tenaga motor, sensor kecepatan, dan sensor engkol yang mendeteksi jumlah rotasi melalui rpm.

Yamaha belum secara detail menjelaskan berapa tenaga yang dihasilkan mesin listrik tersebut, namuan, kepada Autoblog, mereka menyatakan bahwa kedua motor tersebut memiliki performa yang sama dengan sepeda motor Kelas II (50-125cc).

Yamaha PES2 Concept /New Motorcycle
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR