PAMERAN OTOMOTIF

Mereka yang bakal melantai di IIMS 2018

Ilustrasi salah satu konten yang akan hadir di IIMS 2018.
Ilustrasi salah satu konten yang akan hadir di IIMS 2018. | Mustafa Iman /Beritagar.id

Kurang dua pekan lagi, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 akan berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran,. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara telah mengatakan beragam kendaraan telah siap meramaikan acara tersebut.

"Persiapan penyelenggaraan IIMS 2018 sudah mencapai tahap final. Sampai hari ini, seluruh hall sudah terisi oleh peserta yang terdiri dari puluhan merek mobil dan motor, dan brand aftermarket," kata Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/4).

"Beragam kegiatan memikat juga telah disiapkan dengan matang selama 11 hari penyelenggaraan. Semua ini adalah wujud komitmen kami untuk memberikan pengalaman tak terbatas bagi pengunjung."

Layaknya pameran otomotif, tentu saja mobil dan motor akan menjadi bintang utama di IIMS 2018. Namun penyelenggara juga menjanjikan berbagai kegiatan menarik yang bakal menarik dan menghibur para pengunjung yang datang ke arena pameran.

Selain motor chopperland milik Presiden Joko Widodo, berikut ini kami paparkan apa saja yang bisa disaksikan dan dinikmati para pengunjung pada IIMS 2018.

Peluncuran mobil baru

Toyota C-HR saat diperkenalkan pada AutoMobility LA 2016 di Los Angeles, California, Amerika Serikat (17/11/2016).
Toyota C-HR saat diperkenalkan pada AutoMobility LA 2016 di Los Angeles, California, Amerika Serikat (17/11/2016). | Bob Riha Jr. /EPA

Dari dunia roda empat akan hadir 16 pabrikan dan agen pemegang merek (APM) yang bakal memamerkan produk-produk mereka. Beberapa di antaranya sudah siap untuk menampilkan varian terbaru yang akan dijual di Indonesia.

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dikabarkan akan memperkenalkan dua model terbarunya, yakni Pajero Sport varian baru dan Triton Athlete. Head of Public Relations and CSR Section MMKSI, Jerry Amran, menyatakan total ada 13 mobil yang bakal mereka pajang.

Sementara itu Toyota memastikan akan memperkenalkan kepada publik model SUV Crossover Toyota CH-R dan sedan Vios model anyar.

Kemudian ada Suzuki dengan Ertiga terbaru, Mercedes Benz E 350e, BMW Serie 5 Touring, BMW X3, Hyundai i30, serta versi baru dua mobil VW, Scirocco dan Polo.

Tempo.co menambahkan bahwa merek baru dari Tiongkok, Sokon, juga akan memperkenalkan SUV mereka yang diproduksi di Serang, Glory 850.

Selain para agen pemegang merek (APM) yang memproduksi mobil di Indonesia, importir umum, termasuk Glamour, Ivan's Motor, dan Prestige, juga tak mau ketinggalan.

Deretan supercar dan mobil berteknologi canggih sudah mereka siapkan, antara lain Bugatti Veyron, Lamborghini 729 Desfort Roadster Anniversario, McLaren 570s Spider, Aston Martin DB11, dan Tesla S100.

Roda dua tak mau kalah

BMW HP4 Race akan dipajang di IIMS 2018
BMW HP4 Race akan dipajang di IIMS 2018 | Indonesianmotorshow.com

Tak mau kalah dari roda empat, para produsen roda dua juga telah menyiapkan amunisi baru mereka untuk bersaing di pasar motor lokal pada tahun ini.

Mengutip situs resmi penyelenggara, ada lima jenama yang siap meluncurkan jualan terbaru mereka pada IIMS 2018, walau tak menutup kemungkinan bakal ada pabrikan lain yang memberi kejutan nanti.

BMW Motorrad bakal memajang dua motor terbaru yang didatangkan langsung dari Jerman, yaitu naked roadster S 1000 R dan motor sport HP4 Race.

Honda akan memperkenalkan big bike Gold Wing 1.833 cc edisi terbaru, Kawasaki datang dengan Z900RS Cafe, sementara Royal Enfield bakal memperkenalkan Himalayan secara resmi.

Jenama terakhir yang telah memastikan memboyong produk terbaru mereka adalah Kymco. Produsen asal Taiwan ini akan membawa skuter premium AK550 dan skuter berdesain klasik Kymco Like 150i.

Hal lain yang perlu dinantikan adalah kehadiran produk Gas Gas Motor. Perusahaan asal Spanyol dengan spesialisasi sepeda motor off-road ini akan memamerkan produk mereka di Indonesia untuk pertama kalinya.

"Jelang finalisasi peserta, datang kesepakatan dari motor asal Spanyol, Gas Gas. Mereka juga tak ingin kehilangan momentum untuk memperkenalkan produk mereka ke masyarakat Indonesia melalui IIMS 2018," kata Hendra Noor Saleh.

Magnet untuk pengunjung

Truk monster El Toro Loco akan menjadi salah satu bintang di IIMS 2018.
Truk monster El Toro Loco akan menjadi salah satu bintang di IIMS 2018. | Tammy Powers /Wikimedia Commons

Selain mobil dan motor baru, serta produk aftermarket penunjang kedua jenis kendaraan tersebut, penyelenggara IIMS 2018 juga telah mempersiapkan beberapa acara lain untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di JIExpo.

Mengantisipasi era mobil listrik di Indonesia, IIMS 2018 akan diramaikan Electric Car Festival. Pada ajang ini akan dipamerkan beberapa mobil elektrik karya mahasiswa Indonesia dan juga produk APM. Pengunjung akan diberi kesempatan untuk mencoba mengemudikan beberapa di antaranya.

Kemudian, pelaku industri kreatif bidang otomotif juga bakal memarkan hasil karya modifikasi mereka di luar ruangan. Beberapa builder lokal ternama dikabarkan sudah memastikan unjuk gigi di pameran ini.

Kehadiran El Toro Loco, truk monster yang berkompetisi dalam ajang Monster Jam di Amerika Serikat, diperkirakan bakal menjadi salah satu magnet utama bagi para pengunjung.

Tiket IIMS 2018 dibagi atas beberapa kategori, yakni Weekdays Experience (Senin-Kamis) seharga Rp50 ribu per lembar dan Weekend Experience (Jumat-Minggu) seharga Rp70 ribu per lembar. Tiket tersebut hanya berlaku untuk sekali kedatangan.

Selain itu ada tiket VIP and Premium Days seharga Rp150 ribu untuk hari pembukaan pameran. Kemudian ada juga Infinite Experience, tiket terusan yang berlaku selama 11 hari pameran. Harganya Rp300 ribu per lembar.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR