GIIAS 2019

Mitsubishi siapkan New Triton sebagai armada baru di GIIAS 2019

Model New Triton yang dijual di Indonesia diproduksi oleh Mitsubishi Motors (Thailand) di pabrik perakitan Laem Chabang, Thailand.
Model New Triton yang dijual di Indonesia diproduksi oleh Mitsubishi Motors (Thailand) di pabrik perakitan Laem Chabang, Thailand. | Randi Aditya /Beritagar.id

Memasuki semester dua, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan New Triton. Mobil yang mengisi segmen komersial ini akan menjadi daya pikat Mitsubishi pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Ada beberapa alasan MMKSI menjadikan New Triton sebagai world premiere pada GIIAS 2019. Pertama, MMKSI ingin merayakan 40 tahun model Triton atau L200, yang selebrasinya digelar di Bangkok, Thailand pada November 2018.

Selain itu, mobil yang telah dijual secara global di 150 negara ini, telah mencapai total produksi 4,9 juta unit. Di Indonesia, mobil yang kental dengan nuansa double cabin berpenggerak empat roda ini mendapatkan pangsa pasar lebih dari 63 persen. Itu sebabnya MMKSI ingin New Triton hadir lebih baik dari segi model dan kemampuan.

Ubahan pada Mitsubishi New Triton terletak pada peningkatan durabilitas, keandalan, dan kenyamanan atas pengalaman dan teknologi pengembangan jika dibandingkan dengan 40 tahun lalu ketika pertama kali diluncurkan. Mobil ini mendapatkan pembaruan desain eksterior dan interior.

Dari sisi eksterior, New Triton tampil dengan kesan kuat dan tangguh dengan menggabungkan desain muka Dynamic Shield. Sementara, pada bagian kabin, mobil ini memiliki konsol tengah yang lebih simpel dan terpadu serta bantalan lembut pada bagian trim.

Selain tampilan, New Triton juga mengalami pembaruan pada sasis dan mesin. Koichi Namiki, Program Director Mitsubishi Motors memaparkan bahwa ada penguatan sasis dan penambahan fitur.

“Pembaruan pada sasis terletak pada perubahan pada sistem penggerak empat roda (4WD) dengan tambahan fitur off road mode dan Hill Decent Control (HDC). Pengemudi dapat menggunakan mode off road untuk memaksimalkan traksi dan parameter kontrol stabilitas sesuai kondisi medan, sedangkan HDC menjaga laju mobil saat melaju di turunan,” tukas Namiki di Grand Ballroom Hotel Shangri La, Selasa (2/7).

Berkat dua fitur baru tersebut, durabilitas dan daya tahan New Triton menjadi lebih baik dari model sebelumnya. Belum lagi, pada varian ini penggantian pilihan sistem gerak pada roda bisa dilakukan oleh tombol putar, sementara pada varian terendah tetap menggunakan tuas.

"Kami sudah melakukan pengujian tambahan, 100 ribu kilometer (jarak tempuh) pada sistem transfer 4WD yang dilakukan di Kalimantan, Sumatera, dan Papua," lanjut Namiki.

Pemesanan dilakukan pada GIIAS 2019

Triton generasi terbaru ditawarkan dalam dua pilihan sistem gerak roda yang bisa dipilih konsumen, yaitu 2WD berpenggerak roda belakang dan 4WD (penggerak empat roda) yang telah disempurnakan.

Penyempurnaan sistem 4WD terletak pada peningkatan performa off-road dan fitur pengatur katup untuk menjaga laju kendaraan ketika menuruni rute curam melalui sistem HDC. Pembaruan performa diharapkan dapat menjaga eksistensi Mitsubishi Triton di Indonesia sebagai kendaraan multifungsi.

Naoya Nakamura Presiden Direktur MMKSI menjelaskan bahwa sejak kehadirannya pertama kali di Indonesia pada tahun 2002, Triton sudah mencatat sejarah panjang. Dalam kurun waktu 17 tahun perjalanannya, Triton sudah terjual lebih dari 80 ribu unit.

"Dengan peluncuran Triton di Indonesia kami ingin menyumbangkan penjualan untuk global sehingga bisa mencapai 5 juta unit," pungkas Nakamura.

New Triton yang diimpor dari Thailand hadir dalam enam varian dengan daftar harga sebagai berikut

1. Ultimate A/T Double Cabin 4WD Rp 480,5 juta

2. Exceed M/T Double Cabin 4WD Rp 453 juta

3. GLS M/T Double Cabin 4WD Rp 419 juta

4. HDX M/T Double Cabin 4WD Rp 395,5 juta

5. HDX M/T Single Cabin 4WD Rp 338 juta

6. GLX HR M/T Single Cabin 2WD Rp 250,5 juta

Triton akan menyapa konsumen Indonesia pada pembukaan GIIAS yaitu 18 Juli 2019. Pada momen tersebut, Triton sudah bisa dipesan dengan pengiriman unit yang baru bisa dilakukan pada September 2019.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR