MOBIL BARU

Mobil-mobil paling dinanti tahun 2019

Pengunjung melihat mobil di International Motor Show (IIMS) 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (7/11/2018).
Pengunjung melihat mobil di International Motor Show (IIMS) 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (7/11/2018). | Moch Asim /ANTARA FOTO

Memasuki tahun 2019, produsen otomotif dengan nama besar berstrategi meluncurkan model-model terbarunya. Situs Oto menulis, ada belasan mobil baru yang bakal hadir di Indonesia mencakup SUV, Crossover, Hatchback, Sedan, dan MPV.

Dari seluruhnya, mobil keluarga (Multi Purpose Vehicle/MPV) diprediksi masih akan mendominasi penjualan. Selain itu, segmen SUV (sport utility vehicle) dan pasar city car atau LCGC pamornya diperkirakan akan terus menanjak.

"Untuk sementara MPV akan masih dominan, walaupun ada pergeseran ke arah SUV dan kemudian juga jenis-jenis lain," kata Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara, dinukil Tempo.

"Para milenial cenderung lebih tertarik untuk membeli mobil baru dan hanya membawa keluarga inti saja (empat orang) sehingga city car lah jawabannya (di samping SUV),” timpal Yannes Martinus Pasaribu, Pengamat otomotif yang juga dosen Institut Teknologi Bandung.

“Dengan harganya yang terjangkau, tren citycar pelan tapi pasti akan semakin menggerogoti pasar MPV tujuh tempat duduk yang umumnya lebih diminati oleh generasi babyboomer," lanjutnya diwartakan Antara.

Berikut rincian mobil-mobil paling dinanti tahun 2019 kami rangkum dari berbagai sumber.

Toyota Avanza

Low MPV kebanggaan Toyota yang paling laris manis sejak diluncurkan pertama pada tahun 2003 ini disebut-sebut bakal menghadirkan versi baru yang membuat pesaingnya ketar-ketir.

CNN Indonesia mengabarkan perubahan Avanza 2019 sebagai generasi ketiga yang rencananya bakal meluncur 15 Januari mendatang, terletak pada pengemasan desain facelift dan sentuhan teknologi canggih untuk memenuhi selera masa kini yaitu tampilan modern.

Tata letak lampu-lampu mulai dari lampu depan hingga lampu kabut, bemper, dan gril dibuat futuristis dan terlihat mewah seperti MPV Toyota lain yang jauh lebih mahal macam Voxy dan Vellfire. Avanza yang sebelumnya memiliki desain lampu lebih bulat, kini seolah sipit karena disematkan LED.

Menariknya, meski banyak yang bilang tampilan avanza 2019 mengikuti Xpander, wajah baru itu kontras dengan siluet konvensional Avanza pada pilar A dan pilar D yang tidak berubah sejak generasi pertama. Meski sudah ganti muka, bakalan masih terasa Avanza model lama bila dilihat dari samping atau belakang.

Boleh jadi desain tersebut justru menjauhi konsep mobil sejuta umat dan lebih pada peruntukan mobil kerja.

Kendati belum ada pernyataan resmi dari Toyota, tetapi kemungkinannya bagian mesin dan sistem gerak roda belakang sama seperti sebelumnya. Tidak akan berubah banyak menyerupai pesaingnya sesuai janji Avanza.

Daihatsu Xenia

Menurut komunitas Xenia terkait penampakan Xenia 2019 yang bocor di dunia maya, model eksteriornya lebih kekinian dan tampil lebih mewah dengan kesan facelift di lampu utama yang lebih jelas.

Xenia 2019 juga dipastikan mengusung desain fascia lebih sangar mirip Toyota Vellfire. Lalu, desain fender depan juga dibuat lebih kekar dan mengotak.

Untuk interior, meski secara menyeluruh hampir sama dengan Xenia lama, kabarnya akan menyerupai kemewahan Daihatsu Terios varian bawah dan tengah terutama di bagian dasbor. Selain dasbor dual tone, bahan material jok lebih tebal dan AC berbentuk digital bukan lagi menggunakan kenop.

Ada pula slot charger sampai baris kedua yang terletak di depan di bagian center cluster dan untuk audio menggunakan layar sentuh.

Menariknya lagi, xenia 2019 yang rencananya bakal diluncurkan bersamaan dengan Avanza pada 15 Januari mendatang akan menghadirkan versi 1.500cc di samping penawaran 1.300cc.

View this post on Instagram

Ini dia nih, Daihatsu Xenia facelift. Tapi ngomong ngomong keren juga ya model nya, dan model Daihatsu Xenia ini bagi saya lebih bagus sih daripada Toyota Avanza nya😁. • Dan dibagian belakang lampu nya ya mirip mirip sama yang sebelum facelift, kalau yang setelah facelift cuma ditambah chrome aja di lampu belakang nya. Jadi lebih memanjang aja chrome nya. • Dan yang bikin penasaran itu interior nya aja kaya gimana, semoga cepet diluncurin deh. Biar bisa liat langsung kaya gimana😁. • #daihatsu #daihatsuindonesia #daihatsuxenia #xenia #xeniafacelift #toyota #toyotaavanza #toyotaavanzafacelift #chrome #facelift #car #danisworo05 #indocarcollection #indocarsenthusiast #indocarstuff

A post shared by Raditya Danisworo (@danisworo05) on

Wuling Almaz, Confero dan Cortez

Selain Avanza-Xenia, Wuling Almaz alias Wuling SUV yang punya nama asli Baojun 530 dan telah diperkenalkan pada ajang GIAAS 2018 merupakan model paling dinanti tahun 2019.

Menukil Kompas dan CNN Indonesia, Almaz menggunakan mesin 1,5 liter turbo dan tramsmisi CVT. Transmisi murni otomatis itu menjadi yang pertama digunakan di mobil Wuling buatan Indonesia—sebelumnya menggunakan Automated Manual Transmission (AMT).

Lalu, bagian utama pada dasbor dilengkapi model layar sentuh vertikal besar dan tombol pengatur kenyamanan kabin. Mirip-mirip fitur mobil listrik Tesla. Desain ini berbeda dengan model yang dibawa saat GIAAS di mana head unit masih menggunakan floating horizontal berukuran kecil.

Saat ini Wuling Almaz belum resmi membuka pemesanan, tetapi disinyalir bisa booking fee sebesar Rp10 juta.

Tak hanya SUV almaz, Liputan6.com membeberkan bahwa Wuling juga bakal merilis Confero baru berbekal mesin 1,2 liter. Padanan itu sudah terjadi pada mobil niaga Wuling Formo. Ada pula Cortez baru dengan mesin turbo 1,5 liter layaknya Almaz yang diprediksi bakal lebih mahal dari Cortez varian tertinggi 1,8 L Lux+ AMT.

Nissan Grand Livina dan Suzuki Jimny

Dilansir Okezone, aliansi global Mitsubishi-Nissan ternyata juga berdampak pada kerjasama untuk Indonesia. Nissan rumornya akan meluncurkan MPV Grand Livina menyerupai Mitsubishi Xpander, yang menempati kelas menengah dengan prediksi harga lebih mahal.

Sementara itu, kepada detikOto pihak Suzuki mengaku telah menyiapkan kejutan mobil baru 2019. Kemungkinan besar digawangi Jimny baru, disusul All New Suzuki Ertiga, Ignis edisi spesial, serta Swift Hybrid sebagaimana telah diperkenalkan sepanjang 2018.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR