MOBIL BARU

Mobil penumpang DFSK resmi mengaspal di Indonesia

DFSK Glory 580.
DFSK Glory 580. | Mustafa Iman /Beritagar.id

Puas mendapat predikat sebagai kendaraan yang paling banyak di jajal pengunjung pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, jenama Sokon (DFSK) secara resmi menjual varian kendaraan penumpang mereka yang berbasis Sport Utility Vehicle (SUV), Glory 580, di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Di negaranya, Tiongkok, Glory 580 dikenal sebagai model DongFeng Fengguang 580. Arsitektur desainnya, menurut Carreview.id sekilas mirip model Nissan X-Trail.

Tak heran memang, mengingat perusahaan DongFeng Motor Corporation (DFM) telah terafiliasi dengan beberapa produsen mobil di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia.

Di Eropa, DFM bekerjasama dengan PSA Peugeot-Citroen, Renault. Kemudian di AS dengan Cummins dan Dana. Sementara di Asia, jenama ini berkolaborasi dengan Kia (Korea), Nissan, dan Honda (Jepang).

Pihak DFSK juga mengklaim kalau telah mengekspor kendaraan mereka ke lebih 70 negara di dunia.

DFSK mengikuti langkah jenama Tiongkok lain Wuling yang saat ini telah menghadirkan banyak varian kendaraan penumpang.

Berbeda dengan Wuling, saat pertama kali hadir di Indonesia, DFSK justru bermain pada segmen kendaraan niaga ringan/pikap.

Secara umum, unit model Glory 580 sudah di perlihatkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun lalu, kemudian mulai membuka keran pemesanan pada ajang IIMS 2018, sekaligus memberikan kesempatan calon pembeli untuk menjajalnya.

Mobil ini, kata kata Alexander Barus, CO-CEO Sokonindo Automobile, bakal dirakit di pabrik mereka yang berlokasi di Modern Cikande Industrial Estate, Serang, Banten, yang mulai berdiri pada 2016.

Pabrik itu merupakan perwujudan nilai investasi 100 juta Dolar AS yang memiliki luas area 8 hektare, dengan kapasitas produksi 50 ribu unit per tahun, dan menjanjikan akan menciptakan 2.000 lapangan kerja baru.

"Kami pekerjakan di pabrik kami yang seluruhnya warga Indonesia, dengan kemampuan yang tinggi dan pembayaran yang bagus," janji Alexander.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Harjanto, yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa iklim investasi di Indonesia saat ini memang tengah baik, sehingga mengundang para investor segmen otomotif untuk membangun pabrik perakitan kendaraannya di Indonesia.

Ia juga mengapresiasi konsep industri DFSK yang mendukung industri 4.0, dengan menciptakan kendaraan yang efisien dan rendah emisi.

"Jangan lupa ekspor dan terus memberikan produk ramah lingkungan," ingatnya.

Bekal fitur modern

Kekuatan DFSK Glory 580, terletak pada kelengkapan fitur yang dimilikinya. Antara lain, electronic parking brake (EPB), tyre pressure monitoring system (TPMS), serta sematan reverse camera and radar, untuk tipe 1.5 T Luxury, ABS+EBD.

Sementara untuk semua tipe, kabinnya sudah dilengkapi dengan sunroof yang menegaskan kemewahan mobil. Soal fitur keselamatan, semua model pun dibekali airbag untuk penumpang bagian depan.

Selain itu mobil dengan konfigurasi bangku 2-3-2 ini juga disematkan disusupi teknologi hill start assist (HAS), hill hold control (HHC), dan electronic stability program (ESP), dan cruise control (khusus pada tipe Glory 580 1.5T Luxury).

"Glory 580 merupakan produk modern berfitur canggih yang dilengkapi dengan teknologi berskala internasional dan kualitas pabrik yang modern di Indonesia," ucap Franz Wang, Managing Director of Sales Centre Sokonindo Automobile.

Secara umum, Glory 580 dibekali dua pilihan mesin, yaitu mesin berkode SFG15T berkapasitas 1.5 liter dengan turbocharged, dan mesin berkode SFG18 1.8 liter naturally aspirated. Keduanya dilengkapi pilihan transmisi, yakni otomatis (CVT) dan manual.

Glory 580 yang dipasarkan dalam 5-tipe, secara umum masuk dalam segmen SUV kelas menengah yang langsung berhadapan dengan Honda CR-V, Nissan X-Trail, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios.

Sokonindo Automobile yang mengincar ceruk menengah ke bawah juga membanderol mobil dengan harga yang diklaim kompetitif pada segmennya. Mulai Rp245,9 juta - Rp308 juta.

Berikut ini rincian harga lima tipe Glory 580:

  • Harga DFSK Glory 580 1.8L Comfort 5MT: Rp245,9 juta
  • Harga DFSK Glory 580 1.5T Comfort CVT: Rp282 juta
  • Harga DFSK Glory 580 1.5T Luxury 6MT: Rp295 juta
  • Harga DFSK Glory 580 1.5T Luxury CVT: Rp308 juta
  • Harga DFSK Glory 580 1.8L Luxury CVT: Rp308 juta

Untuk tetap mendapatkan kepercayaan konsumen, perusahaan akan memberikan garansi selama tujuh tahun, atau 150 ribu km.Garansi itu meliputi komponen utama bodi, mesin, transmisi, sasis, elektrikal, dan aksesori.

Masa garansi yang lama itu tentunya akan ditunjang dengan ketersediaan 50 diler yang tersebar di seluruh Indonesia.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR