Motor dan stuntman ''Jokowi'' dalam pembukaan Asian Games

Stuntman yang berperan sebagai "Presiden Joko Widodo" mengendarai motor sambil melambaikan tangan saat pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).
Stuntman yang berperan sebagai "Presiden Joko Widodo" mengendarai motor sambil melambaikan tangan saat pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018). | Dhoni Setiawan /Inasgoc/Antara Foto

Sebuah video bercerita tentang perjalanan Presiden Jokowi yang tengah terjebak macet dalam perjalanan menuju Stadion Gelora Bung Karno (GBK) diputar saat pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018).

Dalam video berdurasi 6 menit 29 detik tersebut, diceritakan Jokowi berpindah dari mobil dinasnya ke salah satu motor besar (moge) yang dipakai Paspampres karena iring-iringan rombongan presiden terjebak macet.

Usai memakai helm merek Nolan tipe N104, Jokowi pun langsung tancap gas mengendarai motor tersebut dengan memulai aksi "terbang" di udara. Bahkan, digambarkan pula Jokowi lincah meliuk di antara kemacetan dan memangkas jalur melalui gang, serta melakukan aksi "stoppie" dalam sebuah adegan.

Di ujung video, Jokowi akhirnya tiba di Stadion GBK dengan disambut meriah seisi stadion.

Aksi Keren Presiden Joko Widodo Meriahkan Opening Ceremony Asian Games 2018 /Indosiar

Aksi itu sontak menjadi viral, hingga berita ini ditulis, unggahan video yang dilakukan stasiun TV Indosiar telah ditonton sebanyak 1,2 juta lebih.

Tentunya, aksi apik sang RI 1 tersebut telah dikemas secara matang, yakni melibatkan tenaga pemeran pengganti (stuntman) profesional.

Artinya, bukan Presiden Jokowi yang sebenarnya melakukan aksi tersebut, melainkan seorang stuntman atau stunt rider asal Thailand, Suddum So.

Dalam akun instagramnya, tertanggal 3 Agustus 2018, Suddum mengunggah foto dengan memberikan keterangan 'behind the scene'. Unggahan foto itu memang memperlihatkan dirinya dan motor yang ditungganginya tengah berada di ketinggian yang ditopang dengan tali sling.

Potongan gambarnya mirip dengan salah satu adegan dalam video aksi bermotor Jokowi tersebut.

Behind the scenes 🕶🕶🕶

A post shared by Suddum So (@saddum) on

Menukil Bola.com, beberapa kalangan komunitas freestyle motor juga mengenal sosok Saddum yang berkeinginan keliling dunia itu. Mereka mengaguminya karena terpilih menggantikan peran Jokowi dengan sempurna dalam video khusus pembukaan Asian Games tersebut.

Pemilik nama asli Withithep Komolhiran itu juga dikatakan sudah memiliki nama besar sebagai freestyler andal di Thailand. Kabarnya, ia selalu mendapat pujian setiap kali beraksi.

Sementara motor yang dipakai untuk melakukan aksi tersebut diketahui merupakan model Yamaha FZ1. Motor itu merupakan unit moge yang dipakai satuan unit pengawalan bermotor Paspampres RI.

FZ1 merupakan motor Yamaha bergaya naked bike yang menggendong mesin injeksi 998 cc 4-silinder yang mampu berlari setara 150 tenaga kuda.

Model motor bergaya streetfighter ini sudah dipakai oleh unit pengawalan bermotor Paspampres RI sejak 2010 atau sejak era Presiden SBY.

Tak diketahui pasti berapa banderol per unit dari motor tersebut.

Namun, menurut juru bicara Yamaha Indonesia (YIMM) melalui Public Relations Manager YIMM, Antonius Widiantoro, motor-motor untuk kebutuhan Paspampres tersebut merupakan pesanan khusus.

Tak terkait politik

Konsep video itu, menurut Creative Opening and Closing Asian Games 2018, Wishnutama, dalam detikcom, idenya murni dari pihak kreatifnya dan ditawarkan langsung kepada Jokowi yang langsung setuju.

Namun, walau cukup menghibur, beberapa elite politik menganjurkan Jokowi terbuka atas aksi tersebut, terkait pemeran pengganti yang ada di video.

Bahkan, media Korea Selatan pun menyoroti apakah video itu dimaksudkan untuk kepentingan kampanye Jokowi di Pilpres 2019.

Terkait hal itu, Wishnutama menepis. Menurutnya, video tersebut hanya untuk kebutuhan hiburan yang kreatif, tak terkait kepentingan lain, apalagi politik.

"...Kalau dikaitkan ke politik ya saya sih sudah pasti bete karena nggak ada kepentingan..." tegasnya.

Secara umum, melalui akun instagramnya, Jokowi bangga dengan pembukaan Asian Games semalam yang menggambarkan kultur dan kebudayaan Indonesia secara menyeluruh.

"Yang jelas, saya dan kita semua menyambut gembira bahwa acara pembukaan Asian Games 2018, di Stadion Utama GBK tadi malam berlangsung meriah dan lancar. Ini penantian Indonesia selama 56 tahun untuk kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa Asia setelah Asian Games di Jakarta di tahun 1962," tulis Joko Widodo.

Transportasi Asian Games

Lepas dari aksi RI-1 tersebut, pemerintah dalam hal ini Pemprov DKI juga menyediakan sarana untuk menunjang kegiatan tersbut untuk yang berminat. Salah satunya menyediakan fasilitas transportasi selama Asian Games yang berlangsung hingga Minggu (2/9).

Sekitar ribuan kendaraan berbagai jenis dan model disiapkan untuk menunjang sarana transportasi kurun dua minggu.

Rinciannya seperti digambarkan detikOto, ada sekitar 425 motor yang akan disediakan, di antaranya meliputi 177 motor 250 cc, 34 unit motor 650 cc, dan 2 unit motor berkategori moge 1600 cc.

Sementara untuk roda 4 atau lebih, di antaranya menghadirkan 1.024 unit mobil, 47 unit mobil derek, 120 bus sekolah untuk para pelajar, 350 unit bus Transjakarta, dan 1.600 unit bus untuk penonton pada akhir pekan (Sabtu-Minggu).

Penonton juga dapat merasakan canggihnya bus listrik tanpa sopir yang akan beroperasi di area seputar GBK selama perhelatan berlangsung.

Catatan redaksi: berita diterbitkan kembali dengan beberapa perbaikan.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR