Motor Honda berbasis NM4 jadi bintang Ghost in the Shell

Motor Honda NM4 akan digunakan oleh tokoh The Major yang diperankan Scarlett Johansson dalam film Ghost in the Shell.
Motor Honda NM4 akan digunakan oleh tokoh The Major yang diperankan Scarlett Johansson dalam film Ghost in the Shell.
© Honda

Ghost in the Shell, film Hollywood yang diadaptasi dari cerita dan film kartun Jepang (manga dan anime), akan beredar di bioskop-bioskop dunia mulai 31 Maret 2017. Film tersebut berpusat pada tokoh The Major --diperankan Scarlett Johansson-- yang memimpin pasukan elit pemberantas kejahatan pada masa depan.

Pada ajang Osaka Motorcycle Show 2017 akhir pekan lalu, 18-20 Maret, Ghost in the Shell memamerkan kendaraan yang akan digunakan The Major, yakni sebuah motor dengan rancangan futuristis yang berbasis pada Honda NM4.

Menurut situs Top Gear, motor itu juga akan dipamerkan dalam ajang Tokyo Motor Show yang berlangsung 24-26 Maret.

(4K)HONDA 2017 NM4 Vultus GHOST IN THE SHELL style ホンダ ゴースト・イン・ザ・シェル仕様のバイク NM4 - 大阪モーターサイクルショー2017
© J-Auto Show

NM4 itu tampak garang dengan bodi dipenuhi sudut-sudut tajam. Tampak cocok menjadi kendaraan yang ditunggangi satuan pembasmi kejahatan.

Dalam siaran persnya (17/3/2017), Honda menyatakan tampilnya NM4 pada film tersebut sesuai dengan kata kunci "Neo-futuristic" dan "COOL" yang digunakan pabrikan Jepang itu ketika memperkenalkan NM4 Vultus pada April 2014.

Untuk keperluan film itu, para desainer Honda ditugaskan membuat desain berbasis NM4, dibantu oleh tim produksi film tersebut, sebelum kemudian digunakan oleh sang jagoan.

"Kendaraan itu membuat dunia masa depan yang ditampilkan pada film menjadi lebih realistis," tulis Honda.

NM4, yang dibanderol Rp456,75 juta, tahun lalu sempat dipamerkan oleh PT Astra-Honda Motor (AHM) dalam perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016.

Seorang pengunjung memerhatikan motor NM4 Vultus yang dipajang di gerai Honda pada IIMS 2016.
Seorang pengunjung memerhatikan motor NM4 Vultus yang dipajang di gerai Honda pada IIMS 2016.
© Bismo Agung /Beritagar.id

Perubahan terbesar pada versi film adalah berubahnya posisi duduk pengemudi menjadi lebih tegak seperti pada motor konvensional. Posisi duduk pengemudi pada NM4 versi produksi sebenarnya lebih rebah ke belakang dengan kaki menyelonjor.

NM4 versi film juga mengganti suspensi menjadi lengan ayun, baik pada roda depan maupun belakang.

Honda NM4 diluncurkan pada April 2014. Sepeda motor ini merupakan perpaduan antara motor gede (moge) dengan skuter matik (skutik). Ia menggunakan mesin parallel-twin 670 cc EFI yang diklaim bisa menghasilkan tenaga maksimal 54 hp pada 6.250 rpm dan torsi 68 Nm pada 4.750 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi 6-percepatan dual-clutch (DCT).

Bagian belakang kursi bisa disetel sesuai keinginan untuk membuat pengemudi merasa lebih nyaman saat berkendara.

Pada tengah setang terdapat instrumen dengan layar LED yang memberi informasi berkendara yang ingin dilihat pengendara. Warna pada layar tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara melalui sebuah tombol. Ada 25 warna yang ditawarkan.

NM4 juga dilengkapi dua kompartemen penyimpanan yang berkapasitas 16 liter. Berat bersih motor mencapai 245 kg, dengan jarak bangku ke tanah mencapai 650mm.

Ban depan yang digunakan berukuran 120/70ZR18 radial, dengan ban belakang 200/50ZR17 radial. Keduanya dilengkapi rem cakram ABS dengan diameter 320mm dua piston di depan dan 240mm piston tunggal di belakang.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.