Motor-motor yang akan meramaikan IMOS 2016

Kawasaki Ninja 650, salah satu item pengganti produk ER-6N.
Kawasaki Ninja 650, salah satu item pengganti produk ER-6N. | /Kawasaki.com

Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 siap membuka gerai pamer di Jakarta Convention Center. Mulai besok, Rabu (2/11/2016), para penyuka kendaraan roda dua dan pencari tunggangan baru bisa mengamati produk-produk terkini yang dipamerkan hingga Minggu (6/11).

Akan ada 33 gerai yang meramaikan IMOS 2016. Mereka terdiri dari Agen Pemegang Merek (APM) anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dan perusahaan suku cadang, pelumas, perlengkapan berkendara, serta aksesori.

Mengangkat tema "Teknologi untuk Kehidupan yang Lebih Baik", para penyelenggara IMOS menjanjikan para peserta bakal memamerkan produk yang canggih, namun hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Pameran ini juga diharapkan bisa membangun komunikasi interaktif antara penjual dan pembeli sehingga masyarakat bisa lebih memahami teknologi terbaru yang dipasang pada sepeda motor dan aksesori pendukungnya.

Selain itu, tentu saja, APM berharap IMOS bisa mendongkrak penjualan mereka jelang tutup buku 2016. Apalagi angka penjualan kendaraan roda dua di Indonesia hingga Agustus 2016 baru mencapai 3.983.557 unit, masih jauh dari target 6 juta unit yang dicanangkan pada awal tahun.

Berikut kami paparkan beberapa sepeda motor terbaru yang bisa dilirik para pengunjung IMOS 2016.

Honda

Superbike CBR100RR anyar yang dipamerkan dalam ajang Intermot, di Jerman, Oktober silam.
Superbike CBR100RR anyar yang dipamerkan dalam ajang Intermot, di Jerman, Oktober silam. | Tangkapan layar Youtube

PT Astra Honda Motor (AHM) menjanjikan akan memperkenalkan lebih dari satu motor baru, selain jajaran produk yang hingga saat ini masih di jual, di gerai pamer mereka.

"Ada dua atau tiga motor baru," kata Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM.

Salah satu varian motor terbaru yang bakal dipamerkan adalah CBR1000RR Fireblade SP dan SP2, yang baru saja diluncurkan di Intermot 2016 di Cologne, Jerman.

AHM juga akan menghadirkan lebih dari 30 unit motor Honda yang terdiri dari motor konsep, jajaran motor yang diproduksi AHM, hingga motor modifikasi dengan Honda Genuine Accesories (HGA) maupun suku cadang kustom.

Yamaha

Yamaha Aerox 155 yang diperkenalkan di sirkuit Sepang, malaysia, akhirp pekan silam
Yamaha Aerox 155 yang diperkenalkan di sirkuit Sepang, malaysia, akhirp pekan silam | Abidin San /Facebook.com

Sementara itu, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan lebih mempererat hubungan harmonis dengan pengunjung dan pelanggannya melalui pameran motor terbesar di Indonesia itu.

"Tentunya kami juga akan memperkenalkan produk baru, lain dari itu kami juga akan memberikan hal lain di IMOS nanti," ujar Mohammad Masykur, saat jumpa pers IMOS 2016.

Asisten GM Marketing YIMM itu juga mengatakan bahwa Yamaha kemungkinan akan memperkenalkan hingga empat motor model baru. Salah satunya yang jelas adalah Yamaha Aerox 155 yang baru diperkenalkan di Sepang, Malaysia, akhir pekan silam.

Selain motor, Yamaha Indonesia juga akan mengedukasi calon pembeli dengan memperkenalkan ragam fitur yang akan disematkan di jajaran produk skutik mereka. Salah satunya adalah Start-Stop-System (SSS), yang merupakan fitur penghemat bahan bakar.

Fitur ini memang bukan barang baru bagi Yamaha, karena sudah dipasangkan di salah satu produk mereka di Thailand, yakni Janus 125 SSS. Fitur SSS akan mematikan mesin ketika motor dalam keadaan idle (langsam) lebih dari 5 detik. Untuk menjalankannya kembali, pengemudi tinggal memuntir gas.

Kawasaki

New Kawasaki Ninja 650 MY17 - Official Video /Kawasaki Motors

Saat dihubungi Beritagar.id pekan lalu, Deputy Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Michael C. Tanadhi mengatakan, akan membawa seluruh jajaran produknya untuk dipamerkan.

"Yang pasti full line up, dan akan ada kejutan," kata Michael sedikit berahasia.

Jajaran flagship yang akan diboyong Kawasaki meliputi keluarga Ninja, keluarga Z, keluarga klasik, keluarga off-road, dan keluarga motor berjenis petualang.

Salah satu produk Kawasaki yang dinanti adalah Versys 250 tetapi Michael menyatakan KMI belum pasti memajang motor tipe petualang tersebut.

"Belum pasti, karena masih dalam tahapan konsep," jelasnya.

Namun begitu, bagi pecinta motor gede (moge), setidaknya akan ada dua anggota baru dari keluarga "Z", yakni Z900 dan Z650, serta Ninja 650 yang menurut kabar sudah didaftarkan di Indonesia.

TVS

Sementara itu, mengusung tema "Uncover The Racer In You", pabrikan roda dua asal India ini berencana memajang sepeda motor dengan DNA sport yang kuat di IMOS 2016.

Presiden Direktur PT TVS Motor Company Indonesia, V. Thiyagarajan menuturkan bahwa ajang IMOS 2016 sangat penting bagi TVS Indonesia dalam memperkenalkan varian dan teknologi teranyar mereka.

"[...] keikutsertaan pada IMOS 2016 untuk menunjukkan komitmen kami di industri roda dua Indonesia. IMOS 2016 menjadi ajang untuk memperlihatkan inovasi dan juga teknologi yang kami punya," ungkap V. Thiyagarajan dalam siaran pers yang diterima Beritagar.id, Kamis (20/10).

Jenama India ini bakal memamerkan enam model motor yang terdiri atas tiga motor baru dan tiga motor konsep.

Tiga motor siap jual tersebut adalah skuter TVS Dazz yang tampil dengan dua warna baru, TVS Apache 180, dan produk anyar mereka, Apache 200.

Sementara untuk varian konsep, TVS akan memajang motor-motor yang pernah tampil pada ajang Delhi Auto Show 2016, yakni TVS X-21, TVS Entor-Q210, dan TVS Akula 310.

Suzuki

Hingga berita ini ditulis, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum mengumumkan kendaraan roda dua apa yang bakal dipamerkan.

Dalam siaran persnya yang dikutip KompasOtomotif, Jumat (28/10), SIS hanya menyatakan akan melakukan gebrakan dengan memperkenalkan produk yang ditunggu-tunggu.

"Tahun ini Suzuki akan memberikan kejutan besar bagi publik Indonesia. Sebuah produk baru yang sudah lama dinanti untuk segera dimiliki," ucap Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Departement Head SIS.

"Momen IMOS kami manfaatkan untuk memperkenalkan produk tersebut untuk pertama kalinya. Tidak hanya di Indonesia, namun di seluruh dunia."

Akan tetapi rumor yang berhembus mengatakan SIS bakal memamerkan motor sport GSX-R150 atau GSX-R250.

Menurut Mobil123.com, SIS juga bakal menampilkan GSX-RR yang digunakan tim MotoGP Suzuki ECSTAR sebagai simbol kecanggihan teknologi serta kecepatan pabrik asal Jepang ini.

GSX-R125 ABS official promotional movie /SUZUKI Way of Life!
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR