MOBIL BARU

New Avanza dan New Veloz meluncur, harga tak berubah

Toyota Astra Motor memperkenalkan New Avanza (kiri) dan New Veloz (kanan) dalam jumpa pers di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (15/1/2019).
Toyota Astra Motor memperkenalkan New Avanza (kiri) dan New Veloz (kanan) dalam jumpa pers di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (15/1/2019). | Hedi Novianto /Beritagar.id

Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan generasi baru Avanza dan Veloz, masing-masing bernama New Avanza dan New Veloz. Meski memiliki perubahan mencolok pada sisi eksterior, harga jual dua mobil anyar ini tak berubah alias sama seperti edisi lawas.

Selain harga yang tidak berubah, ujar Direktur Pemasaran TAM, Kazunori Minamide, seluruh varian pun tetap sama dengan Avanza dan Veloz lawas. Perubahan hanya dialami oleh New Avanza yang ketambahan warna dark blue dan bronze untuk melengkapi lima warna lawas (dark red mica metallic, grey metallic, black metallic, silver metallic, dan white).

"Karena kami ingin memberi best value (nilai terbaik) kepada konsumen," tukas Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto, dalam acara peluncuran di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Peluncuran New Avanza dan New Veloz pun menggenapi 15 tahun peredaran Avanza di kelas low Multi Vehicle Purposes (MVP) di Indonesia. Sejak diluncurkan pada 2003, Avanza sudah menjadi bagian penting otomotif Indonesia.

"Pasar low MPV semakin sesak, tapi Avanza tetap digemari konsumen. Selama 15 tahun ini, Avanza meraih sederet penghargaan...termasuk mencatat penjualan mobil tercepat dalam sejarah," tutur Presiden Direktur TAM, Yoshihiro Nakata.

Karena fakta di atas, TAM pun menyematkan semboyan "part of Indonesia's Greatness" kepada New Avanza. Nakata mengatakan semboyan itu berangkat dari fakta bahwa Avanza dibuat demi pasar Indonesia dan menjadi pemimpin pasar low MPV.

Fakta bahwa Avanza adalah "mobil sejuta umat" tak bisa dihindari. Padahal pada awalnya, menurut Nakata, penjualan Avanza sempat kalah dari Kijang Innova.

Diperkenalkan pertama kali pada Desember 2003, Avanza langsung terjual 45 ribu unit pada Januari 2004. Perekonomian Indonesia yang membaik membuat pasar low MPV kian bergairah.

Dan pada 2009, penjualan pun mencapai 100 ribu unit. Lalu pada 2014, Avanza terjual hingga 200 ribu unit. Total selama 15 tahun, TAM berhasil menjual 1,7 juta unit Avanza.

"Avanza memang dikembangkan untuk menjadi kendaraan yang cocok bagi Indonesia. Semoga New Avanza dan New Veloz bisa memenuhi harapan konsumen. Terima kasih atas dukungan Anda semua," tutur Nakata.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Engineer New Avanza dan New Veloz, Kazutoshi Sakamoto, mengatakan bahwa Avanza memang dirancang sesuai kebutuhan konsumen di Indonesia. Dan identitas (DNA) itu dipelihara pada New Avanza dan New Veloz.

TAM tidak mau gegabah mencoba identitas lain. Itu sebabnya New Avanza dan New Veloz tetap mengusung konsep mobil keluarga dan serba guna.

Terinspirasi Toyota Vellfire, Voxy, dan Sienta

Lantas apa yang berubah dari edisi lawas pada New Avanza dan New Veloz? Desain eksterior jelas berubah drastis.

Selain menampilkan facelift, kendati agak terlambat, dua edisi baru Avanza dan Veloz ini mengambil sebagian tampilan "para saudaranya". Direktur TAM, Anton Jimmy Suwandi, mengatakan inspirasi memang tidak diambil dari kompetitor.

"Kami meneruskan DNA Avanza. Insipirasi datang dari internal. Misalnya dari Vellfire atau Voxy," katanya.

Tampilan depan serta belakang New Avanza dan New Veloz "sangat Vellfire" yang cukup lebar dan tebal di bagian bawah. Bagian samping menampilkan imaji sporty dan elegant seperti Sienta.

Henry mengatakan perubahan sisi luar itu tak lepas dari survey TAM kepada masyarakat. Jadi, masyarakat menginginkan mobil yang berkualitas walau harganya terjangkau (value for money) dan kendaraan yang tidak bikin repot.

" Dalam dua tahun terakhir, masyarakat juga butuh kendaraan yang bergaya dan punya prestise," katanya menambahkan.

Peningkatan fitur yang cukup signifikan ada pada New Veloz. Misalnya, electric power steering dan fitur serba otomatis -- termasuk spion menekuk ke dalam ketika mesin mobil dimatikan.

Sakamoto menegaskan bahwa urusan desain berangkat dari jawaban masyarakat saat digelar survei. Bahkan TAM menggodok soal desain luar cukup lama walau Sakamoto tidak mengungkap detail durasinya.

"Yang jelas kami melihat kondisi jalan di Indonesia. New Avanza dan New Veloz disesuaikan dengan kondisi itu. Kabin pun sunyi dan kualitas driving lebih baik dari edisi lawas," tukas Sakamoto sembari menyarankan awak jurnalis melakukan test driving.

All New Avanza memiliki varian 1.3 STD, E, dan G serta 1.5 E dan G dengan rentang harga Rp186,6 juta hingga Rp221,25 juta. Adapun empat varian New Veloz dijual pada harga Rp215,65 juta hingga Rp239,45 juta.

"Seluruh mobil ini sudah bisa dipesan mulai hari ini dan akan mendapat diskon 30 persen," pungkas Anton.

Varian lengkap dan harga jual:

  • New Avanza varian 1.3 E STD M/T Rp186,6 juta.
  • New Avanza 1.3 E STD A/T Rp199,8 juta.
  • New Avanza 1.3 E M/T Rp191,1 juta.
  • New Avanza 1.3 E A/T Rp202,3 juta.
  • New Avanza 1.3 G M/T Rp208,95 juta.
  • New Avanza 1.3 G A/T Rp219,65 juta.
  • New Avanza 1.5 G M/T Rp221,25 juta.
  • New Veloz 1.3 M/T Rp215,65 juta.
  • New Veloz 1.3 A/T Rp227,45 juta.
  • New Veloz 1.5 M/T Rp227,65 juta.
  • New Veloz 1.5 A/T Rp239,45.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR