Nostalgia ala Kawasaki W175

Kawasaki Indonesia meluncurkan motor retro klasik W175 di Jakarta, Sabtu (18/11/2017).
Kawasaki Indonesia meluncurkan motor retro klasik W175 di Jakarta, Sabtu (18/11/2017). | Kawasaki Motor Indonesia

Menunjang model W175 yang retro klasik, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) seolah ingin mengajak para pemotor untuk nostalgia dengan fitur motor masa lalu.

KMI secara resmi melengkapi varian jenis motor model retro klasiknya, dengan sematan mesin yang lebih kecil dari sebelumnya, yakni W175, Sabtu (18/11/2017) di Jakarta.

Model ini melengkapi seri retro klasik sebelumnya yang telah hadir, yaitu W800 dan Estrella 250. W800 menyasar pengguna yang menyukai motor bertenaga besar dengan kapasitas mesin 800 cc, sedangkan Estrella 250, teruntuk bagi peminat motor bermesin 250 cc.

Sementara W175, menyasar konsumen yang lebih luas lagi, yakni pada rentang peminat motor 150 cc, walau di atas kertas motor ini dibekali mesin 177 cc.

Alasan KMI menghadirkan motor ini didasari atas semakin banyaknya peminat motor yang menyukai jenis retro klasik. Namun saat ini selain Kawasaki, motor dengan jenis itu hanya disediakan produsen tertentu dengan banderol yang tentunya mahal. Sebut saja Cleveland Cyclewerks, Ural Motorcycle, Triumph, dan Royal Enfield.

"Produk ini lahir setelah ramainya pasar retro di Indonesia. Sekarang terlihat banyak pencinta roda dua yang meng-kustom motornya menjadi tampilan retro," ungkap Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales and Promotion Department KMI, dalam Liputan6.com.

Kawasaki W175 #kawasakiw175 #kbw2017

A post shared by tmcblog (@tmcblog) on

Fitur nosatalgia

Di era motor injeksi, W175 justru tampil dengan mesin yang masih menyematkan sistem karburator, yang memasangkan model Mikuni VM24.

Kazuya Ikebuchi, General Manajer Marketing KMI, mengatakan bahwa penerapan karburator memang cocok untuk motor ini. Ia menjelaskan dengan mengadopsi kembali sistem karburator, akan lebih mudah untuk dimodifikasi. "Easy to modified, more modification possible," katanya.

Menukil Viva.co.id, Michael menjelaskan motor ini menggunakan basis mesin eliminator 175 sehingga sistem itu memungkinkan karburator masih tetap dipertahankan. Saat itu, Eliminator 175 (BN175) merupakan hasil kolaborasi antara Kawasaki dengan Bajaj Auto dengan basis perakitan di India dengan masa produksi 2000-2010.

"Basic engine betul dari eliminator 175 tapi kami refresh, sehingga secara basic sih new engine," jelasnya.

Akan tetapi, walau menyematkan sistem karburator, soal emisi W175 tak kalah dengan motor-motor dengan sistem pembakaran injeksi. Sehingga standar emisinya diklaim dapat memenuhi standar Euro-3.

Selain itu, penyematan karburator juga untuk menguatkan benang merah motor retro klasik yang identik dengan sistem pembakaran ini.

Ditopang dengan 5-percepatan manual, mesin SOHC silinder tunggal W175 diklaim mampu bertenaga 12,8 hp pada 7.500 rpm, dengan torsi puncak 13,2 Nm pada 6.000 rpm.

Selain karbuator, kesan retro diperkuat dengan basis rangka Semi-double cradle, serta pelindung tabung suspensi teleskopik (telescopic fork boots), lampu depan yang bulat , spidometer analog, serta tangki bahan bakar berbentuk teardrop, khas motor klasik.

Soal pengereman, motor ini masih menggunakan cakram berdiamater 220 mm pada roda depan dan model tromol pada roda belakang.

Selain itu, kesan klasik nostalgia W175 semakin kuat dengan pemasangan knalpot bergaya peashooter ala motor-motor lawas, dengan pipa muffler berbentuk lengkung.

Motor juga memiliki engine balancer untuk menunjang kenyamanan dan kestabilan saat saat berkendara.

Kawasaki melepas W175 dengan dua pilihan tipe, yaitu tipe standar dengan banderol Rp29,8 juta dan tipe spesial edition yang dilego Rp30,8 juta. Keduanya berstatus OTR Jadetabekser.

Walau secara teknis tak berbeda, namun yang membedakan keduanya ada pada kelir dan model jok yang disematkan. Pada tipe edisi spesial, Kawasaki melaburnya dengan warna silver, hijau gelap, dan hitam.

"W series dipersembahkan untuk segmentasi pasar baru di industri sepeda motor Indonesia. Kami pun optimis dengan target 12.000 unit setahun," kata Michael pada Beritagar.id, Rabu (22/11).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR