Otobursa Tumplek Blek 2018 pindah ke Kemayoran

Jumpa Pers Otobursa Tumplek Blek 2018, di Jakarta, Rabu (11/7/2018).
Jumpa Pers Otobursa Tumplek Blek 2018, di Jakarta, Rabu (11/7/2018). | Mustafa Iman /Beritagar.id

Setelah selama 18 tahun diadakan di Parkir Timur Senayan, gelaran lapak bursa otomotif (Otobursa) Tumplek Blek 2018 akan pindah lokasi. Perhelatan yang akan berlangsung pada 21 dan 22 Juli 2018 ini akan digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Mengusung tema New Excitement, pergeseran lokasi itu diharapkan dapat memberikan suasana dan pengalaman baru bagi pengunjung.

"Pertimbangan kami untuk pindah ke Gambir Expo karena di kawasan Senayan akan diadakan ajang Asian Games, sehingga harus steril. Pertimbangan lainnya adalah Gambir Expo telah lekat dan familier dengan masyarakat, karena beberapa pameran otomotif juga sering digelar di sana," jelas Panji Maulana, Editor in Chief Tabloid Otomotif.

Perhelatan ini pertama kali digelar tahun 1998. Dulu lokasinya di halaman belakang kantor redaksi Otomotif di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Banyaknya peminat membuat penyelenggara mencari tempat yang lebih luas. Namun kini mereka harus pindah tempat.

Selain menggeser lokasi, penyelenggara juga menurunkan target pengunjung sebanyak 14,2 persen dari 80.000 pengunjung pada 2017. Namun begitu target transaksi dipatok sama, Rp32,5 miliar.

“Kami yakin acara yang ditawarkan tahun ini pasti lebih seru dan menarik, lebih membawa suasana baru, karena lokasi baru dan tentunya pengalaman belanja yang lebih seru,” ungkap Agung Wibawanto, Project Manager Otobursa Tumplek Blek 2018.

Alasan diturunkannya target pengunjung, penyelenggara hanya mampu menyediakan area seluas 2,5 hektare. Berbeda ketika perhelatan ini digelar di kawasan Senayan yang lebih luas.

Penyelenggara optimistis jika acara tersebut akan sukses. Mengingat pertumbuhan industri otomotif juga tengah menggeliat.

Dari data asosiasi manufaktur mobil (Gaikindo), tercatat pertumbuhan mobil sekitar 5,6 persen lebih pada periode Januari-Mei 2018, ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Sementara untuk penjualan motor, data asosiasi manufaktur motor (AISI), melaporkan pada semester I 2018, kenaikan jumlah pembeli motor mencapai 11,1 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Menyoal konten

Otobursa Tumplek Blek 2018 diklaim akan tetap menyajikan lapak dan bursa otomotif sebagai menu utama acara. Hal tersebut untuk menjaga ciri khas acara yang telah terselenggara sepanjang 19 tahun--termasuk tahun ini.

Dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/7/2018), pihak penyelenggara menjanjikan ragam pilihan konten yang diklaim akan seru dan menarik.

Kumpul komunitas, zona atraksi, area uji kendaraan, bursa mobil dan motor bekas, area hobi, panggung musik, adalah bagian di antaranya.

“Ini adalah tahun epik bagi kami, tahun yang penuh gairah untuk mendongkrak kembali pasar otomotif roda dua dan roda empat beserta after market-nya demi memenuhi hasrat belanja pengunjung," beber Panji.

Hingga saat ini, menurut penyelenggara ada sekitar 250 pelapak yang bakal menyemarakkan gelaran tersebut. Baik barang baru maupun bekas, suku cadang mobil/motor, aksesori, apparel, oli, diecast, dan masih banyak lagi.

Atraksi dan layanan baru

Selain area jual beli, Otobursa Tumplek Blek 2018 juga akan disemarakkan oleh beragam atraksi, semisal parade uji kendaraan, Gajah Monster (Gamon) Show, dan atraksi baru, Jumping Warrior.

Bagi pencinta jip, SUV, kendaraan kabin ganda, dan off-road, penyelenggara menyediakan area khusus yang mereka namakan 'Kampoeng JIP'.

Di area itu tersedia penjual-penjual suku cadang dan pernak-pernik khusus kendaraan-kendaraan tadi. Pengunjung juga dapat merasakan keseruan menyetir mini jip melalui lintasan yang telah disediakan.

Acara tak kalah menarik yang baru kali pertama diadakan adalah Barbecue Nite Ride dan Midnight Sale pada hari pertama yang dimulai pukul 20.00 WIB selama satu jam.

Sebagai pendukung acara, dan pelengkap fasilitas bagi pengunjung, tersedia pula Kids and Hobbies, Nursery Room, Food Corner, serta area yang ramah kaum disabilitas. Fasilitas ini diperuntukkan bagi pengunjung yang membawa keluarga, anak, dan lansia.

Soal tiket, penyelenggara membuat menyediakan dua metode untuk pengunjung. Pertama, Anda dapat membeli tiket di Indomaret, gotix, dan tiket.com (ritel daring), seharga Rp25 ribu per lembar tiket. Jika Anda membeli di lokasi acara, siapkan uang Rp30 ribu per lembar.

Perhelatan ini gratis bagi anak-anak usia di bawah 5 tahun, dan manula di atas 60 tahun.

BACA JUGA