Penjualan Aerox naik 150 persen, ungguli NMax

Ilustrasi gambar Aerox 155VVA.
Ilustrasi gambar Aerox 155VVA. | Yamaha Indonesia

Upaya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk memopulerkan model skuter matik (skutik) Yamaha Aerox 155VVA kepada pengendara di Indonesia nampaknya membuahkan hasil.

Menurut catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada Maret 2017, menyadur laman Kobayogas.com (17/4), model ini bahkan mengungguli sang penguasa skutik di kelas 150cc, yakni Yamaha NMax. Aerox menempati posisi lima dari 10 motor terlaris bulan itu, selangkah di atas NMax.

Model skutik bermesin anyar 155cc yang diperkenalkan pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016 ini mendulang catatan penjualan sebesar 17.844 unit, atau naik sekitar 150 persen dibanding periode sebelumnya, serta unggul 505 unit di atas NMax.

Ini tentunya sejalan dengan harapan Direktur YIMM, Minoru Morimoto, yang berharap setidaknya 200.000 unit Aerox 155VVA bisa laris di Indonesia tahun ini.

Ini tentunya mengejutkan, mengingat motor berbanderol Rp21.85 juta hingga Rp26.15 juta ini memiliki segmen yang berbeda dengan NMax, walau memiliki teknologi mesin yang sama persis, yakni 155cc SOHC, 4-tak, dengan fitur Variable Valve Actuation (VVA)

Upaya YIMM untuk memomulerkan model skutik ini, salah satunya dengan menggelar Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2017 di beberapa kota di Indonesia dari Maret hingga Mei. Model Aerox 155VVA didapuk sebagai primadona di gelaran tersebut.

Pada periode Februari 2017, model ini bahkan masuk ke dalam daftar tiga motor baru yang mulai unjuk gigi, menemani Suzuki GSX Series, dan Kawasaki Versys-X 250. Saat itu, penjualannya baru mencapai angka 7.006 unit, sedikit di atas target, atau sepertiga penjualan NMax yang laku 20.505 unit.

Catatan itu tentunya sedikit mematahkan prediksi M. Abidin, GM After Sales & Public Relations YIMM, bahwa Aerox 155VVA tak akan menggerus pasar NMax, karena telah memiliki segmen masing-masing.

Walau perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, dengan naik pesatnya penjualan Aerox yang bersamaan dengan turunnya penjualan NMax bisa menjadi indikasi bahwa kehadiran Aerox memang menggerus pasar NMax.

Namun prediksi Abidin lainnya cukup moncer. Yakni tampilan Aerox 155VVA yang sejalan dengan harga yang ditawarkan dianggap cukup masuk akal. Selain itu, ada kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan komponen aftermarket, serta paket modifikasi dari motor tersebut.

"Racun modifikasinya tiba-tiba sudah nyebar. Saya juga bingung juga idenya dari mana. Menurut saya sekarang ini sudah bukan era industrial, tapi era custom and customized. Meski yang namanya aksesori kita nggak pernah ngasih ke mereka. Tapi tiba-tiba mereka sudah punya suspensi, atau parts lain," paparnya.

"Tapi penggemar aksesori orisinal juga tetap saja ada. Jadi segmennya ada."

Suspensinya pun laris

Larisnya Aerox 155VVA juga membawa keuntungan bagi jenama Ohlins, penyedia suspensi belakang aftermarket untuk skutik tersebut.

"Rekor baru buat Ohlins Indonesia. Baru datang 40 unit saja. Kita memperkirakan baru akan habis dalam dua bulan. Eh ini satu malam habis," kata Eddy Saputra, Direktur PT Sena Autopart Indonesia, distributor resmi suspensi Ohlins di Indonesia, pada Otomotifnet.

Pada suspensi seharga Rp6,75 juta ini, Ohlins Indonesia memberikan garansi 3 tahun, dengan fitur penyetelan penuh (full adjustable).

"Bisa setting preload, compression dan rebound," tegasnya.

Karena laris, Ohlins Indonesia akan kembali mengimpor suspensi Yamaha Aerox 155VVA ini pada Mei.

Honda masih kuasai pasar

Data AISI pada bulan Maret 2017, seperti dipaparkan Otomotifnet, menunjukkan peningkatan penjualan sebesar 5,2 persen jika dibandingkan periode Februari.

Jika pada bulan Febuari 2017 penjualan sepeda motor hanya terkirim 481.241 unit, maka pada Maret 2017 jumlahnya meningkat hingga 506.263 unit. Hampir semua jenama anggota AISI menikmati kenaikan angka penjualan.

Honda masih menjadi penguasa pasar sepeda motor di Indonesia. Sepanjang Maret 2017 mereka mengirim 368.127 unit dari pabrik ke diler.

Yamaha mengekor di posisi kedua dengan distribusi 115.952 unit, meningkat dari 108.571 unit yang dicapai pada Februari lalu.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR