Perhatikan hal ini sebelum memutuskan membeli mobil bekas

SPONSOR: Asuransi Astra
Diler mobil bekas.
Diler mobil bekas. | Author /Shutterstock

Meminang mobil bekas ketimbang mobil baru terasa lebih menguntungkan. Salah satu faktornya adalah bisa mendapatkan model yang lebih baik dan bagus dengan harga relatif murah.

Namun, ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas (mobkas) sebagai kendaraan operasional sehari-hari, Anda harus cermat ketika memilihnya. Pasalnya, ada beberapa pedagang mobkas menyiasati mobil yang hendak dijual dengan harga yang tidak sesuai dengan kondisi kendaraan. Akhirnya, dalam situasi tersebut konsumen merasa dirugikan dan pedagang untung besar.

Untuk menghindari kerugian saat membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut.

Waspadai mobil bekas tabrakan dan banjir

Bagian terpenting ketika membeli mobil bekas adalah memastikan mobil tersebut belum pernah tabrakan dan terendam banjir. Pasalnya, ada beberapa mobkas dengan kondisi bodi bagus dan harga murah, tetapi ternyata mobil tersebut hasil rekondisi akibat tabrakan atau rusak akibat menerobos banjir.

Oleh sebab itu, bagian mobil bekas yang perlu diperhatikan adalah sasis. Pastikan sasis dan bodi mobil dalam kondisi baik. Selain itu, Anda bisa melihat bagian bawah kap mesin. Terkadang mobil yang pernah tabrakan akan terlihat bekas perbaikan.

Bekas tabrakan juga dapat Anda lihat pada bagasi belakang. Apabila terdapat bekas perbaikan di bagian bodi dan sasis mobil, ada baiknya Anda pertimbangkan kembali mobil tersebut. Perhatikan juga lekukan bodi dan cat mobil. Bila mobil bekas tertabrak, bagian bodi dan cat mobil tidak akan terlihat sempurna.

Periksa kelistrikan

Anda juga harus memeriksa bagian kelistrikan mobil bekas yang hendak dibeli. Pasalnya, banyak mobil bekas yang kerap bermasalah seputar kelistrikan. Anda dapat memeriksa bagian belt serta aki untuk memastikan bagian kelistrikan dalam keadaan baik.

Beberapa masalah yang dijumpai pada mobkas adalah adanya hewan yang masuk ke ruang mesin. Selain itu, pemilik lama bisa saja melakukan modifikasi yang mengakibatkan malfungsi pada kelistrikan. Dampaknya Anda harus mengeluarkan dana ekstra bahkan diharuskan mengganti komponen yang tidak bisa diperbaiki.

Cek keaslian surat-surat

Sebelum membeli mobkas, Anda harus mengecek keaslian surat-surat seperti BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Kedua surat tersebut merupakan bukti identifikasi kendaraan bermotor sekaligus kelengkapan kendaraan.

Bila Anda mendapati mobkas dengan kondisi bagus berharga murah namun tidak dilengkapi dengan kedua surat tersebut, sebaiknya cari model lain. Hal tersebut disebabkan tak sedikit penjual mobil bekas memalsukan surat-surat kelengkapan kendaraan.

Selain itu, bila Anda sudah mendapatkan mobkas yang ideal dan sudah dilengkapi asuransi kendaraan dari pemilik sebelumnya, pastikan memahami bahwa nama pada pemegang polis tidak dapat digantikan pemilik baru setelah Anda melakukan balik nama mobil.

Perhatikan usia kendaraan

Hal terakhir dalam memilih mobkas terbaik adalah dengan memperhatikan usia kendaraan. Mobil bekas yang masih layak dibeli adalah tidak lebih dari pemakaian 10 tahun.

Hal tersebut disebabkan mobkas yang berusia lebih dari 10 tahun kerap bermasalah pada sistem kelistrikan, seperti starter dan alternator. Selain itu, masalah pada mobkas tua ada pada kegagalan sistem pendingin mesin saat diajak perjalanan jauh seperti masalah radiator, thermostat, water pump hingga timing belt.

Tak hanya itu, kerugian mobil dengan usia lebih dari 10 tahun tidak bisa mendapatkan perlindungan tambahan seperti asuransi komprehensif yang memberikan perlindungan kendaraan dari kecelakaan tabrakan atau kehilangan.

Pasalnya, perusahaan asuransi kendaraan hanya menerima pendaftaran mobil untuk diasuransikan dengan usia tidak lebih dari 10 tahun. Jika Anda ingin memberikan perlindungan tambahan untuk mobkas, pastikan usia mobil tidak lebih dari 10 tahun dan mempercayakan kepada asuransi yang berpengalaman dalam urusan perlindungan mobil seperti Asuransi Garda Oto.

Melalui layanan Garda Oto Digital, Anda akan diberikan kemudahaan saat mendaftar maupun saat melakukan klaim hanya dengan gawai dalam genggaman.

Dengan membeli Asuransi Garda Oto Digital, Anda bisa mendapatkan promo menarik berupa premi mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp5,5 juta bisa mendapatkan bonus voucer BBM Pertamina Rp200.000 hingga Rp500.000 atau e-toll senilai Rp800 ribu, 2 tiket CGV, gift set exclusive Asuransi Astra, serta cicilan 0% kartu kredit PermataBank, BCA, dan Mandiri selama periode berlaku, 1-30 September 2019. #TauGitu dengan segala kemudahan yang diberikan, segera daftarkan mobil kesayangan Anda di Garda Oto Digital sebelum promo berakhir.

Setelah mengetahui manfaat yang bisa Anda dapatkan, #TauGitu segera daftarkan mobil bekas Anda untuk mendapatkan perlindungan. Informasi lebih detail tentang Garda Oto Digital silakan masuk tautan ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR