MOBIL BARU

Resmi diluncurkan, Xpander Cross incar segmen SUV

Masih mengusung desain dynamic shield, Xpander Cross kini diperkaya dengan fitur lampu utama LED dan penyematan overfender khas SUV
Masih mengusung desain dynamic shield, Xpander Cross kini diperkaya dengan fitur lampu utama LED dan penyematan overfender khas SUV | Randi Aditya /Beritagar.id

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan produk baru Mitsubishi Xpander Cross di Jakarta pada Selasa (12/11). Xpander Cross merupakan pengembangan kelas dari model low MPV dengan penampilan seperti SUV.

Poin yang membuat Xpander Cross menyerupai SUV adalah ground clearance (jarak pijak mobil ke aspal) yang mencapai 225 milimeter (mm). Ukuran ground clearance Xpander Cross lebih tinggi dari Xpander versi MPV (205 mm), bahkan lebih tinggi dari Pajero Sport di segmen SUV dengan ground clearance 218 mm.

Unsur tinggi pada Mitsubishi Xpander Cross bukan hanya bicara soal ground clearance, tetapi juga tentang segmentasi produk. Meski ditempatkan di segmen crossover, MMKSI justru menempatkan varian tertinggi Xpander ini untuk bersaing di kelas yang berada di atasnya di segmen low SUV, seperti Toyota Rush, Honda BR-V, dan Daihatsu Terios.

Untuk memperkuat kesan SUV (Sport Utility Vehicle), Xpander Cross menyematkan overfender berwarna hitam yang menyambung ke ornamen hitam di area bawah bodi pada bumper depan dan belakang. Selain itu Xpander Cross juga sudah dilengkapi roof rail dan antena shark fin (sirip hiu) untuk menambah kesan mewah.

Director Sales & Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro mengungkapkan bahwa ada kemiripan karakteristik konsumen small MPV dan low SUV terutama dari sisi demografi dan kebutuhan mobil keluarga yang nyaman. Tetapi ada sedikit perbedaan target konsumen small MPV dan low SUV terutama dari sisi emosional yang membutuhkan mobil yang bisa diajak berpetualang.

“Dari sisi positioning, studi kami terhadap konsumen MPV dan SUV mendapatkan bahwa Xpander sukses mengungguli kompetitor sebagai mobil dengan status tertinggi di kelasnya. Dan Xpander Cross akan menyasar segmen lebih atas dengan konsep status x-adventure. Xpander Cross juga menjadi mobil dengan status berkelas yang sesuai (konsumen berjiwa) petualangan,” ujar Irwan saat peluncuran Xpander Cross di Grand Ballroom, Intercontinental Jakarta, Selasa (12/11).

Atas dasar tersebut, Xpander Cross yang memiliki desain lebih stylish, gagah, dengan ground clearance tinggi dengan harapan dapat menggoda konsumen low SUV.

Penggunaan palang 17 inci pada lingkar roda, memberikan kesan tangguh untuk bersanding di segmen SUV
Penggunaan palang 17 inci pada lingkar roda, memberikan kesan tangguh untuk bersanding di segmen SUV | Randi Aditya /Beritagar.id

Harga lebih mahal dari kompetitor

Banderol Xpander Cross terbilang tinggi. Untuk mobil yang ingin bersaing di kelas low SUV, Xpander Cross hadir dengan tiga tipe, yaitu transmisi manual (M/T) dengan harga Rp267,7 juta, otomatis (A/T) Rp277,7 juta, dan A/T paket premium berlapis jok kulit sintetis seharga Rp286,7 juta.

Harga yang dipatok bahkan lebih tinggi dari pesaingnya, seperti Toyota Rush (Rp244,25 juta - Rp265,65 juta), Daihatsu Terios (Rp202,3 juta – Rp256,9 juta), dan Honda BR-V (Rp248,5 juta - Rp290,7).

Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura menjelaskan soal penempatan harga Xpander Cross yang lebih mahal dari low SUV yang sudah ada.

"Harga ini hanya sedikit lebih mahal (dari kompetitor low SUV), namun dengan segala sesuatu (fitur dan kenyamanan) yang lebih baik dari kompetitor," tukas Nakamura.

Dengan harga yang lebih mahal dari kompetitor di segmen low SUV, Xpander Cross tampaknya cukup percaya diri dengan apa yang telah disematkan pada varian tertinggi Xpander ini.

Pertama, Xpander Cross sudah memiliki fitur keamanan seperti ABS (Anti-lock braking system), EBD (electronic brake-force distribution), ESS (emergency stop signal), penambahan sensor parkir dengan kamera belakang, HSA (hill start assist), ASC (active stability control), dan dual SRS airbags.

Kedua, terjadi sentuhan penyematan fitur pada sisi eksterior dan interior. Mobil bermesin 1.499 cc, 4 silinder, bertenaga 105 PS dan torsi 141 Nm ini mendapat tambahan sensor parkir, rear defogger, audio sentuh 7 inci, lampu utama LED, antenna shark fin, pembaruan gril dan bumper depan dan belakang, serta pelek berukuran 17 inci.

Dengan fitur melimpah tanpa mengesampingkan sisi kenyamanan dan keamanan, harga Xpander Cross cukup berbanding lurus. Belum lagi, harga Xpander Cross sudah termasuk jasa dan gratis suku cadang (perawatan berkala) selama empat tahun atau 50.000 km, garansi ban satu tahun, dan asuransi kecelakaan satu tahun.

Hadir dengan lima warna, yaitu Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan Sunrise Orange Metallic, Xpander Cross dibanderol mulai dari Rp 267,7 juta transmisi manual), Rp 277,7 juta untuk (transmisi otomatis), dan Rp 286,7 juta untuk paket premium A/T dengan jok kulit sintetis.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR