Segmen mobil paling diburu jelang tutup tahun 2018

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi segmen mobil paling diburu jelang akhir tahun
Ilustrasi segmen mobil paling diburu jelang akhir tahun | Shutterstock

Tahun 2018 segera berakhir. Pasar otomotif, seperti mobil biasanya turut terdampak dari momen ‘diskon’ akhir tahun ini. Pergerakan pasar mobil cenderung meningkat seiring kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang mampu mengakomodasi kebutuhan akhir tahun.

Meningkatnya populasi mobil di Tanah Air bukan tanpa alasan. Eksistensi para pemegang merek di Indonesia yang giat melakukan penyegaran model, baik desain maupun performa, membuat masyarakat tergerak mengikuti arus pembaruan tersebut.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan mobil (penumpang dan niaga) tingkat wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) periode Januari hingga Juli 2018 mencapai 661.093 unit, naik 6,8 persen dibanding periode yang sama tahun 2017.

Sementara pada tahun 2018 angka penjualan tertinggi pada bulan Juli sebanyak 107.431 unit, sedangkan Juli 2017 penjualannya pada angka 85.354 unit.

Dari populasi pengguna kendaraan yang tercatat, ada beberapa segmen mobil paling diburu konsumen Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda.

MPV dan SUV

Tak bisa dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia cenderung memilih segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) menjadi pilihan utama. Hal ini dikarenakan fungsi dari MPV itu sendiri yang dahulu dikenal sebagai mobil pengangkut barang, kini identik dengan mobil keluarga.

MPV menjadi pilihan utama berkat kepraktisan, durabilitas, serta daya angkut lebih baik ketika membawa banyak penumpang dan barang. Beberapa contoh MPV yang paling banyak diburu adalah Toyota Avanza, Inova, Sienta, Calya, Voxy, Alphard, Daihatsu Xenia, dan Sigra.

Sementara itu, fungsi segmen Sport Utility Vehicle (SUV) yang lazimnya menjadi mobil pekerja keras untuk melibas jalanan tanah (offroad) dan bergelombang, juga difungsikan menjadi mobil keluarga dengan jarak pijak ke tanah (ground clearance) lebih tinggi dari MPV.

Unit mobil yang masuk ke dalam segmen SUV antara lain Toyota Rush, Fortuner, Land Cruiser, dan Daihatsu Terios. Meski MPV identik dengan mobil keluarga, masih ada yang menjadikan MPV sebagai mobil niaga untuk menunjang bisnis atau penggunaan taksi daring.

Hatchback

Selain mobil keluarga, konsumen juga banyak memburu mobil di kelas hatchback atau city car (mobil perkotaan). Mobil di segmen ini biasanya memiliki desain yang lebih kompak dan kapasitas mesin lebih kecil dibanding mobil keluarga.

Sesuai pemanfaatannya, segmen hatchback memiliki kepraktisan terutama ketika melintasi jalan-jalan sempit berkat dimensi mobil yang relatif kecil. Selain praktis, hatchback memiliki konsumsi bahan bakar lebih efisien, sehingga segmen ini lebih cocok untuk kaum urban yang menggunakan mobil sebagian kendaraan harian.

Mobil yang masuk ke dalam segmen hatchback atau city car adalah BMW 1, BMW 2, Toyota Yaris, Agya, Daihatsu Sirion, dan Ayla.

CUV

Tak banyak konsumen Indonesia memahami perbedaan segmen hatchback dengan Crossover Utility Vehicle (CUV).

Bila hatchback lihai saat melintas di jalan perkotaan dengan kontur aspal mulus, namun CUV memiliki segmen berbeda berkat desain yang kompak namun sanggup melibas medan berat, seperti lumpur atau banjir.

Segmen CUV juga memiliki desain bodi lebih berotot dan tangguh dibanding hatchback. Mobil yang masuk kelas CUV diantaranya Toyota C-HR, BMW X5, BMW X6.

Perlindungan tambahan untuk meminimalisasi curanmor

Langkah terakhir setelah membeli mobil adalah memberikan perlindungan sebagai langkah antisipasi dari pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Pasalnya, tingkat kehilangan atau kecelakaan mobil jelang tutup tahun cenderung meningkat terdampak volume kendaraan yang juga meningkat.

Tersebab hal itu, jangan lupa untuk memberikan perlindungan tambahan berupa asuransi kendaraan seperti asuransi Garda Oto. Hal ini bertujuan agar pemilik merasa aman dan tenang bila mobil yang baru tiba di garasi mereka mengalami kendala atau terjadi hal-hal tak terduga lain.

Asuransi Garda Oto memiliki kualitas perbaikan dengan menggunakan suku cadang asli dan berkualitas. Didukung jaringan lebih dari 500 bengkel resmi rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia, Garda Oto memberikan jaminan kualitas servis mobil khususnya bagi pengguna yang mengakses Garda Mobile Otocare.

Mengusung fitur terbaru bernama Garxia (Garda Experience Intelligent Assistant), Garda Mobile Otocare memberikan kemudahan pendaftaran hanya lewat aplikasi. Anda cukup mengakses Garda Mobile Otocare dan mengisi data yang diperlukan yang akan dipandu oleh Garxia.

Garxia merupakan chatbot yang membantu Anda memutuskan membeli polis Garda Oto dan melakukan perpanjangan polis, termasuk menentukan jenis asuransi yang dipilih, seperti asuransi komprehensif dan TLO, serta tambahan biaya yang harus dibayarkan setiap perluasan yang dipilih pelanggan seperti banjir atau gempa, kerusakan mobil akibat huru-hara, hingga tanggung jawab pihak ketiga.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan akses mudah dalam membeli polis Garda Oto melalui Garxia, cukup mengunduh aplikasi Garda Mobile Otocare pada ponsel pintar. Setelahnya, Anda akan mendapatkan layanan home survey dengan jadwal dan lokasi survei yang dapat Anda pilih sendiri.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA