Small MPV Mitsubishi dinilai bisa bersaing di Indonesia

Mitsubishi XM Concept Crossover MPV saat dipamerkan pada ajang Thailand International Motor Expo 2016, 30 November 2016, di Nonthaburi, Thailand.
Mitsubishi XM Concept Crossover MPV saat dipamerkan pada ajang Thailand International Motor Expo 2016, 30 November 2016, di Nonthaburi, Thailand.
© Chatchai Somwat /Shutterstock

Kedatangan mobil small MPV produksi Mitsubishi di Indonesia semakin dekat. Mobil berbasis XM Concept, yang dikabarkan bakal mengusung nama Expander itu, bahkan sudah kepergok oleh kamera amatir saat diuji di Bandung, Jawa Barat.

PT Mitsubishi Motor Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) juga telah berjanji akan memajang kendaraan ini pada pameran GIIAS 2017 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 10-21 Agustus.

Sebelum itu, akhir pekan lalu Mitsubishi mengajak beberapa jurnalis otomotif lokal ke Jepang untuk mencoba mobil 7-penumpang yang digosipkan bakal dibanderol bersaing dengan harga LCGC (Low Cost Green Car) itu.

Ada kemungkinan mobil yang dicoba itulah yang bakal dijual di Indonesia nantinya.

Para perwakilan media yang diajak diberi kesempatan untuk mencoba mobil tersebut, baik sebagai pengemudi maupun penumpang, tetapi tidak diperkenankan untuk melansir fitur-fitur yang dipakainya.

Carvaganza dan Liputan6 termasuk media yang diundang untuk mencoba. Keduanya sepakat bahwa small MPV tersebut berdimensi lebih besar dengan kabin yang lapang dibandingkan para calon pesaingnya nanti, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Kabinnya dikabarkan lumayan kedap suara dan suspensinya mampu meredam guncangan dengan baik. Tenaga mobil berkapasitas 7-penumpang itu cukup stabil, serta perpindahan transmisi yang termasuk halus, baik pada tipe manual maupun otomatis.

Desain interior kendaraan ini disebut sesuai dengan kebutuhan para penumpang. Pada baris depan, tengah, maupun baris belakang para penumpang dapat menikmati keluasan pijakan kaki (legroom) serta jarak atap (headroom) yang cukup tinggi.

Bagasi yang ditawarkan cukup lapang dan bisa menampung empat buah galon air jika kursi baris ketiga dilipat.

Sementara KompasOtomotif menilai Mitsubishi telah mempelajari semua kelemahan dan kelebihan MPV berharga murah yang telah lama beredar di Indonesia. Oleh karena itu mereka menyebut small MPV adalah "calon pembunuh Avanza-Xenia".

Mitsubishi melarang para undangan untuk memoto small MPV yang tidak menggunakan stiker kamuflase. Namun detikOto menggambarkan bentuk bodinya tidak berbeda jauh dengan XM Concept yang telah dipamerkan di beberapa negara, termasuk di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus tahun lalu.

Direktur MMKSI, Ryoichi Inaba, menyatakan bahwa small MPV tersebut akan menjadi "anak emas" mereka di pasar Indonesia. Ia yakin mobil tersebut akan langsung populer begitu diperkenalkan nanti.

Small MPV merupakan upaya Mitsubishi untuk mendobrak pasar otomotif nasional yang saat ini masih dikuasai oleh Toyota melalui produk Avanza, yang masih merajai penjualan pada caturwulan I 2017.

Berdasarkan data yang dilansir Gabungan Industri kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo), model andal Toyota itu menguasai 50,67 persen pasar dari total kendaraan yang dijual.

Bahkan sepanjang tahun lalu, model ini juga merajai penjualan mobil di Indonesia secara keseluruhan --40 persen penjualan mobil di Indonesia dikuasai varian MPV berharga murah--, diikuti Innova, Calya, dan Agya. Sementara produk terlaris Mitsubishi, Pajero Sport, ada di peringkat ke-17.

Tsunehiro Kunimoto, Corporate Vice President Design Division Mitsubishi Motor Corporation (MMC), seperti ditulis KompasOtomotif (17/7/2017), menjelaskan bahwa strategi desain dikembangkan akan menyasar kepada kendaraan mudah dikenali, namun tetap memberikan konsistensi pada setiap line-up produk.

"Konsep dasar desain small MPV Mitsubishi ini adalah warisan desain yang dipadukan dengan evolusi. Jadi tantangannya evolusi mobil pada masa depan berpadu dengan warisan desain yang kami miliki," jelas Kunimoto.

Small MPV Mitsubishi ini, lanjut Kunimoto, struktur desainnya merupakan perpaduan antara Pajero Sport dan Lancer Evolution X.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.