MOBIL BARU

Suzuki Jimny 2019 disebut miniatur Mercedes G-Wagen

Foto ilustrasi Suzuki Jimny saat diperkenalkan di Essen Motor Show, Jerman, 23 November 2005.
Foto ilustrasi Suzuki Jimny saat diperkenalkan di Essen Motor Show, Jerman, 23 November 2005. | Bernd Thissen /EPA

Hanya berselang satu tahun, Suzuki akan mengeluarkan mobil generasi terbaru SUV Jimny. Mobil berjenis compact 4WD ini akan diluncurkan di dunia pada 5 Juli 2018.

Sebenarnya, Jimny terdahulu baru meluncur pada akhir 2017. Edisi mobil yang diimpor penuh dari Jepang itu kurang mendapat respon bagus dari pasar. Itu sebabnya muncul Jimny 2019 meski akan diluncurkan pada 2018.

Mobil ini akan menjadi generasi kelima Suzuki Jimny. Adapun generasi pertama lahir pada 1970, lalu generasi kedua pada 1981, generasi ketiga pada 1998, dan generasi keempat pada 2017.

Secara umum, tampilan generasi 2017 dan 2019 tak jauh berbeda. Namun, aksen Jimny terbaru yang punya dua varian, Standar dan Sierra, memang menggambarkan semboyan neo retro SUV.

Bemper depan dan belakang memiliki aksen hitam, grill dibalut desain bergaris tebal dan memiliki lampu utama bulat. Di belakang, ciri khas Jimny dengan konde ban cadangan masih setia terlihat.

Varian Sierra menjadi tipe utama karena memiliki fitur lebih banyak dan kesiapan untuk melahap jalur off-road lebih baik. Itu bisa dilihat dari bemper yang lebih lebar dan ada wheel cladding di bagian fender roda, serta pelek model palang lima. Wheel cladding-nya sekilas menyerupai fitur SUV keluaran Jeep.

Ada dua tipe warna yang dilansir Suzuki. Pertama adalah dua warna berupa kinetic yellow, brisk blue metallic, dan chiffon ivory metallic. Kedua adalah warna tunggal seperti jungle green, bluish black pearl 3, medium gray, silky silver metallic, dan superior white.

Varian Standar dan Sierra sama-sama memiliki tiga model; XG, XL, dan XC. Sementara pada varian Standar disediakan mesin turbocharged 660cc. Sedangkan untuk varian Sierra bakal memiliki mesin berkapasitas 1,5 liter.

Seluruhnya berbahan bakar bensin (gasoline). Semua mesin memiliki konfigurasi tiga silinder dipadukan dengan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Perbedaan paling mencolok antara edisi 2017 dan 2019 adalah interior, terutama di bagian dasbor. Bila edisi 2017 punya dasbor cukup moderat atau simpel, edisi 2019 bakal lebih lengkap nan modern.

Suzuki Jimny Sierra edisi 2019.
Suzuki Jimny Sierra edisi 2019. | Suzuki Global
Tampilan dasbor Suzuki Jimny 2019
Tampilan dasbor Suzuki Jimny 2019 | Suzuki Global

Dari foto di atas bagaimana fitur di dasbor sudah cukup kekinian. Sistem hiburan sudah menggunakan layar sentuh 7.0 inci seperti digunakan Suzuki Ignis.

Whatcar menjelaskan adapula fitur DAB radio, koneksi bluetooth, dan navigasi satelit. Namun, itu semua boleh jadi hanya tersedia pada varian Sierra tipe XC atau versi termahal.

Stuff, Rabu (20/6/2018), menulis fitur di dasbor dan penampilan luar Jimny terbaru seperti miniatur Mercedes-Benz G-Wagen, Land Rover Defender, dan sedikit Jeep Willys. Adapun informasi detail lain soal teknis, Suzuki masih menyembunyikannya.

Bila hal teknis pun masih disembunyikan, apalagi soal harga jual. Harga Jimny edisi anyar baru bisa diketahui mendekati peluncurannya nanti.

Namun, perkiraan masih bisa dibuat. Bila harga Ignis sekitar Rp170 juta dan Suzuki Vitara sekitar Rp250 juta, maka harga Jimny bisa diduga berada di kisaran Rp200 juta.

Belum diketahui apkah Suzuki akan menjualnya di Indonesia. Yang jelas, bila ada konsumen yang berminat, mereka harus membelinya secara impor CBU dari Jepang.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR