Tes berkendara sekaligus edukasi di Toyota Driving Experience

Tes berkendara di Toyota Driving Experience
Tes berkendara di Toyota Driving Experience | Randi A. /Beritagar.id

Toyota Astra Motor (TAM) meresmikan fasilitas untuk pelanggan melalui Toyota Driving Experience (TDE) pada Jumat, 29 Maret 2019. Fasilitas yang berlokasi di kantor pusat TAM di Sunter II, Jakarta Utara ini, menyediakan area pengetesan mobil bagi pelanggan yang ingin merasakan sensasi mengendarai produk-produk Toyota.

Berdiri di atas lahan seluas 9.225 meter persegi, TDE memiliki fasilitas pengetesan mobil yang lengkap di dalam satu area. Fasilitas tersebut didukung oleh lintasan khusus yang terdiri dari area comfort, handling, speed, dan semi offroad. Seluruh lintasan disesuaikan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan ketika menguji mobil Toyota dalam berbagai kondisi jalan.

Beritagar.id mendapat kesempatan untuk merasakan lintasan TDE. TAM menyediakan tiga tipe mobil untuk sesi pengetesan media, yaitu Toyota All New Avanza, All New Rush, dan Camry Hybrid.

Pada area comfort, jalur yang disediakan adalah smooth asphalt (aspal halus) agar pelanggan mengetahui stabilitas dan kebisingan mobil. Kemudian dilanjutkan ke area slope hill (tanjakan) untuk mengetes HAC (Hill-Start Assist Control) dan torsi awal mobil, serta speed bump untuk mendeteksi pergerakan body roll mobil dan bantingan suspensi.

Sementara di area handling, jalur yang disediakan adalah U-Turn (putar balik) untuk mengetahui kemampuan kemudi mobil saat berputar, parking condition untuk mengetes kepekaan sensor dan kamera parkir, serta slalom (zig-zag) untuk mengetahui respons kemudi dan tingkat kelimbungan mobil ketika kendaraan sedang berbelok atau bermanuver.

Setelah area handling, pengendara akan melewati area speed Speed dan semi offroad. Pada area speed, pengendara dapat merasakan respon mesin mobil saat dipacu pada kecepatan tertentu. Setelah tes laju, pengendara juga diberi kesempatan untuk tes deselerasi guna mengetahui efektivitas pengereman mobil.

Sementara, untuk area semi offroad, jalur yang disediakan adalah flooding untuk mengetahui kemampuan mobil saat melintasi jalan dalam kondisi banjir dan pot hole untuk mengetahui kemampuan serta ketangguhan mobil.

Pengetesan mobil sekaligus edukasi berkendara

TDE dibangun dan dikembangkan oleh TAM sejak 2018. TAM menggelontorkan nilai investasi mencapai Rp 5,5 miliar untuk menyelesaikan fasilitas TDE. Pada pertengahan Desember 2018, TDE mulai dioperasikan secara internal untuk pengetesan akhir unit Toyota sebelum dikirim kepada konsumen.

Tak butuh waktu lama, TAM akhirnya memutuskan area pengetesan mobil di TDE bisa menjadi lintasan pengetesan mobil untuk konsumen sekaligus edukasi berkendara aman. Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy, mengungkapkan bahwa keselamatan adalah prioritas yang didorong TAM terhadap produk dan perilaku berkendara.

“Selain memberikan experience test drive, kami ingin memberikan edukasi tidak langsung kepada konsumen perihal berkendara. Mereka akan didampingi instruktur (saat pengetesan di TDE), dan memberikan sedikit edukasi, seperti selalu penggunaan safety belt dan hal-hal kecil seputar keselamatan berkendara,” tukas Anton.

Anton juga menambahkan bahwa fasilitas TDE hingga saat ini tidak untuk disewakan, baik kepentingan umum, produk kompetitor, atau rekan afiliasi di bawah naungan Astra Internasional, Astra Daihatsu Motor.

“Keberadaan Toyota Driving Experience kami harapkan akan makin meningkatkan aktivitas test drive Toyota sebagai daya tarik tersendiri dalam proses penjualan sebuah produk bagi pelanggan serta upaya untuk mempercepat pembelian pelanggan. Jadi fokus kami di sini (TDE) adalah produk Toyota,” lanjut Anton.

Sebagai fasilitas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, TDE memberikan kenyamanan bagi pelanggan yang menunggu dengan menghadirkan ruang tunggu yang nyaman dan dilengkapi fasilitas teknologi terkini, seperti WiFi gratis dan pemutaran video topic (VT) seputar mobil Toyota.

Fasilitas TDE akan melayani pelanggan pada Selasa hingga Sabtu mulai pukul 10.00-18.00 dan Minggu pada pukul 10.00-16.00 WIB.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR