Tip menyiasati perluasan rute ganjil genap di Jakarta

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi kemacetan lalu lintas di Jakarta
Ilustrasi kemacetan lalu lintas di Jakarta | Author /Shutterstock

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi memperluas area cakupan sistem ganjil-genap. Bila sebelumnya terdapat 9 ruas jalan Ibu Kota yang terkena aturan ganjil-genap, sistem baru ini akan menambah 16 ruas jalan.

Persebaran ruas baru sistem ganjil-genap (gage) mencakup beberapa wilayah. Mulai dari Jalan Pintu Besar Selatan, Gajah Mada, Hayam Wuruk, Majapahit, Suryopranoto, Balikpapan, Kyai Caringin, berlanjut hingga Salemba Raya, Kramat Raya, Senen Raya, dan Gunung Sahari.

Perluasan gage juga berlaku hingga ruas di Jalan Sisingamangaraja , Panglima Polim, Fatmawati (dari Blok A hingga TB. Simatupang), Tomang Raya, dan Pramuka.

Perluasan gage akan diuji coba di ruas jalan tambahan mulai 12 Agustus-6 September 2019, sebelum diterapkan resmi pada 9 September 2019. Hari berlakunya gage adalah Senin sampai Jumat, kecuali hari libur dengan penambahan jam. Jika sebelumnya gage berlaku mulai 06.00-10.00 dan 16.00-20.00 WIB, kini pada malam hari ditambah satu jam hingga pukul 21.00 WIB.

Pembaruan ini juga berlaku bagi mobil yang melintas dari dan menuju jalan tol. Jadi, bagi mobil pribadi yang hendak menuju pintu tol dan melintas di area yang dikenakan aturan ganjil-genap akan terkena penindakan.

Untuk menghindari penindakan berupa tilang, ada beberapa kiat dalam menyiasati perluasan ruas jalan ganjil-genap saat mengendarai mobil pribadi sebagai berikut.

Memilih waktu yang tepat

Ketika rute sehari-hari Anda dari dan menuju tempat kerja terkena aturan ganjil-genap, pilihlah waktu yang memungkinkan agar terhindar dari sistem tersebut. Anda bisa berangkat lebih pagi dan pulang lebih cepat dari biasanya. Hal tersebut bisa Anda lakukan setelah membuat kesepakatan dengan rekan kerja atau pengambil kebijakan.

Mengandalkan peta digital

Setiap ponsel pintar kini sudah dilengkapi dengan aplikasi peta digital yang bisa dimanfaatkan untuk mencari rute terbaik selama perjalanan. Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur pada peta digital dengan pengaturan pembatasan pelat nomor pada fitur peta digital.

Biasanya, pada fitur tersebut Anda cukup memasukkan dua digit terakhir nomor pelat kendaraan bermotor pengguna. Nantinya, secara otomatis peta digital akan menghindari rute yang terdampak peraturan ganjil-genap.

Memarkirkan mobil di kantong parkir dan menyambung perjalanan

Agar Anda tak terkena area perluasan ganjil-genap adalah dengan dengan memarkirkan mobil. Biasanya, beberapa ruas jalan yang dekat dengan transportasi umum menyediakan lahan luas untuk memarkirkan kendaraan pribadi. Pilihlah area parkir resmi yang memiliki sistem keamanan yang baik.

Setelahya, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju tempat kerja dengan memanfaatkan transportasi umum, seperti TransJakarta, MRT, atau commuterline. Selain menghemat waktu, Anda juga dapat menghindari risiko terkena tindakan akibat aturan gage.

Namun, ketika mobil ditinggal dalam waktu yang cukup lama, pastikan Anda mengunci ganda kendaraan untuk menghindari risiko kehilangan. Selain itu, berikan perlindungan tambahan seperti asuransi kendaraan yang memberikan Anda ketenangan bila mobil terserempet atau tergores di area parkir.

Salah satu asuransi kendaraan tepercaya dan dapat diandalkan saat ini adalah Asuransi Garda Oto yang memberikan kemudahan untuk mendaftar maupun saat proses klaim. Cukup mengakses Garda Oto Digital melalui gawai, Anda bisa membeli asuransi dan melakukan klaim di tempat yang Anda tentukan hanya dalam genggaman.

Tak hanya itu, Garda Oto Digital punya promo menarik dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke-74. Anda bisa mendapatkan bonus e-toll senilai Rp 800 ribu, voucer BBM Pertamina 25 liter hingga 65 liter, perluasan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang dengan limit Rp 10 juta, serta cicilan 0% kartu kredit PermataBank, BCA, dan Mandiri selama periode berlaku. #TauGitu Anda tidak perlu menunggu untuk mendaftarkan kendaraan di Garda Oto karena kemudahan yang ditawarkan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui detail seputar promo kemerdekaan Garda Oto Digital, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR