MOBIL BARU

Toyota luncurkan New Calya, diharapkan melebihi harapan konsumen

Para petinggi Toyota Astra Motor berpose dengan New Calya dalam jumpa pers di Restoran Kembang Goela di Jakarta, Senin (16/9/2019).
Para petinggi Toyota Astra Motor berpose dengan New Calya dalam jumpa pers di Restoran Kembang Goela di Jakarta, Senin (16/9/2019). | Toyota Astra Motor

Empat hari setelah memperkenalkan mobil kategori hybrid electric vehicle (HEV) Toyota All New Corolla Altis, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan mobil kategori multi purpose vehicle (MPV) New Calya di Jakarta, Senin (16/9/2019). TAM berharap mobil murah atau Entry MPV ini mampu melebihi harapan pelanggan setianya.

"Kehadiran New Calya kami harap bisa melanjutkan kesuksesan pendahulunya dalam memberikan kontribusi signifikan bagi pasar MPV, khususnya Entry MPV," kata Presiden Direktur TAM, Yoshihiro Nakata.

New Calya, yang generasi pertamanya diluncurkan pada 2016, ini berharga lebih mahal Rp1-2 juta. Berikut harga on the road (OTR) DKI Jakarta empat tipe New Calya.

  • Calya E non-ABS Rp137.463.000,
  • Calya E MT Rp140.263.000,
  • Calya G MT Rp146.400.000, dan
  • Calya G AT Rp158.400.000.

New Calya juga dilengkapi dengan fitur terbaru seperti New Touchscreen Head Unit (tipe G), New Audio Steering Switch (tipe G), New Under Seat Compartment Tray (tipe G A/T), Illumination on A/T Indicator (tipe G A/T), Driver Seat Back Pocket (tipe G), serta Front Console Box (tipe G).

TAM menyediakan warna New Calya white, silver metallic, grey metallic, black, orange metallic, dan bronze mica metallic. Secara keseluruhan, New Calya hadir dengan sentuhan baru pada sisi eksterior

New Toyota Calya hadir dengan sentuhan baru pada sisi eksterior dan interior sehingga memberikan kesan lebih mewah dan bergengsi kepada pengemudi atau penumpangnya. Misalnya bagian eksterior New Calya dilengkapi New LED Headlamp, New Retractable Outer Mirror (tipe G), New Front Grille Design with Dark Chrome Element, New Dark Chrome Element pada backdoor garnish dan New Alloy Wheel Design.

Sedangkan di bagian interior, New Calya hadir dengan dashboard serta kursi pengemudi dan penumpang didominasi warna coklat gelap. Warna kursi ini tersedia di semua tipe.

"Dengan kehadiran desain eksterior dan interior yang agresif serta didukung kehadiran fitur-fitur terbarunya, kami harapkan kehadiran New Calya mendapat respon positif di pasar," papar Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Penjualan relatif sukses

Toyota Calya generasi pertama diperkenalkan TAM pada Juli 2016. Ketika itu, Calya adalah mobil kategori low cost and green car (LGCC) berkapasitas tujuh penumpang yang mengekor model Toyota Avanza generasi 2004.

Hanya dalam waktu enam bulan, Calya berhasil memberikan kontribusi penjualan TAM hingga 4 kali lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Dari 20.731 unit pada 2015 menjadi 96.172 unit pada tahun 2016.

Hingga Agustus 2019 atau 3 tahun berikutnya, penjualan Calya sudah mencapai 214.977 unit. Tidak heran, TAM pun optimistis New Calya bisa mengikuti jejak generasi pendahulunya.

"Kami optimistis kehadiran New Calya makin menggairahkan pasar Entry MPV di Indonesia, sejalan dengan dinamika kebutuhan sarana transportasi yang sesuai dengan keinginan dan kondisi masyarakat saat ini," ucap Direktur TAM, Kazunori Minamide.

Bersama dengan Avanza dan Agya, Calya merupakan mobil Toyota yang berusaha membuka pasar baru dalam menggairahkan pasar otomotif nasional. Jika kehadiran Avanza dan Agya ditujukan untuk market Low MPV dan Entry Hatchback, maka Calya untuk pasar Entry MPV.

Menurut Minamide, ketiga model mobil ini memiliki ciri khas istimewa di masing-masing segmen dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang beraneka ragam.

"Saya positif sekali dengan keberadaan line up yang sangat lengkap seperti ini, dengan demikian kita bisa berikan kepada konsumen yang memiliki kebutuhan beraneka ragam," jelasnya.

Untuk New Calya, yang sudah bisa dipesan di berbagai diler Astra 2000, TAM menargetkan kenaikan penjualan 10 persen dari generasi sebelumnya. Calya 2016 bisa terjual sekitar 4.500 unit per bulan sehingga generasi terbaru diharapkan laku hingga 5.000 unit per bulan.

"Target per bulan antara 5.000-5.300 unit. Jadi per tahun kira-kira 60.000 unit," tutur Anton Jimmy Suwandy.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR