GIIAS 2019

Toyota masih terlaris, truk Fuso terbang tinggi

Ribuan pengunjung memadati ruang pamer kendaraan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (28/7/2019). Menurut penyelenggara GIIAS 2019 GAIKINDO, pengunjung pameran per 27 Juli 2019 sudah mencapai 400 ribu orang.
Ribuan pengunjung memadati ruang pamer kendaraan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (28/7/2019). Menurut penyelenggara GIIAS 2019 GAIKINDO, pengunjung pameran per 27 Juli 2019 sudah mencapai 400 ribu orang. | Muhammad Iqbal /Antara Foto

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, selain memperkenalkan teknologi otomotif terkini, selalu menjadi ajang untuk meningkatkan penjualan. Atau setidaknya membuat pengunjung tertarik untuk membeli mobil mereka di kemudian hari.

Sejak edisi 2018, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tidak merilis total penjualan dan pendapatan yang diraup para peserta pameran tahunan yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, tersebut.

Walau demikian, beberapa pabrikan mengumumkan angka penjualan berdasarkan surat pemesanan kendaraan (SPK) yang ditandatangani pembeli sepanjang berlangsungnya GIIAS 2019, 18-28 Juli.

Ada 25 merek kendaraan yang memamerkan produk anyar mereka pada pameran tahun ini. Walau penjualan kendaraan pada semester I (Januari-Juni) 2019, dikabarkan CNBC Indonesia, anjlok 15 persen--dari 553.773 unit pada tahun lalu menjadi hanya 481.577 unit tahun ini--beberapa jenama menikmati kenaikan pemesanan sepanjang GIIAS 2019.

Perlu diingat, bahwa angka yang mereka umumkan adalah jumlah SPK, bukan penjualan riil. Konsumen masih bisa membatalkan SPK--biasanya dengan syarat dan ketentuan tertentu--jika mereka ternyata berubah pikiran.

Berikut ini jumlah SPK beberapa dari peserta pameran yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Toyota

Mobil Toyota masih jadi yang terlaris. Meski sedikit, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan kenaikan SPK pada GIIAS 2019. Jika tahun lalu mereka beroleh SPK untuk 6.022 unit, tahun ini angkanya bertambah menjadi 6.128 unit.

Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan penjualan tidak menjadi target mereka pada pameran ini. Walau demikian ia gembira SPK yang didapat bertambah dibandingkan tahun lalu.

Dari seluruh varian yang dibawa TAM ke ICE, Avanza menjadi yang terlaris dengan 1.310 SPK, lalu ada Kijang Innova (1.091 unit), Rush (1.046), Calya (1.022), dan Fortuner (618).

Mitsubishi

Penjualan mobil Mitsubishi oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga terbilang menggembirakan. Dari target 4.000 SPK yang dicanangkan, MMKSI berhasil menjual 4.909 unit mobil. Jumlah SPK tersebut bahkan melampuai hasil pada GIIAS 2018, yakni 4.509 unit.

Jerry Amran, Head of Sales MMKSI, mengungkapkan kepada TribunOtomotif bahwa MPV Xpander mendominasi dengan 2.180 SPK yang didapat hingga Sabtu (27/7). Selanjutnya ada SUV Pajero Sport (1.476 unit), pick-up New Tritorn (287), Eclipse Cross (96), dan Outlandar/Outlander Sport (80).

Mitsubishi Fuso

Seorang model berdiri di samping kendaraan niaga truk Mitsubishi Fuso 'Fighter' varian terbaru saat diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/7/2019).
Seorang model berdiri di samping kendaraan niaga truk Mitsubishi Fuso 'Fighter' varian terbaru saat diluncurkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/7/2019). | Zarqoni Maksum /Antara Foto

Sama seperti kendaraan penumpang, kendaraan niaga Mitsubishi juga mengalami kenaikan SPK, bahkan naik hingga 162 persen dibandingkan tahun 2018.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso di Indonesia, mengumumkan bahwa mereka mendapatkan 2.030 SPK sepanjang GIIAS 2019. Ini adalah rekor terbanyak yang pernah didapat sejak Mitsubishi Fuso mengikuti pameran ini. Tahun lalu mereka menjual 775 unit. (h/t iNews.id)

Meski kondisi pasar otomotif, khususnya kendaraan niaga, di semester pertama 2019, sempat mengalami penurunan hingga 20 persen. Selama Januari-Juni 2019, Mitsubishi Fuso memimpin pasar dengan menjual 18.464 unit, menguasai 44 persen pasar kendaraan niaga.

Wuling

Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, mengaku puas dengan pencapaian produk Tiongkok tersebut pada GIIAS 2019. Mereka berhasil mendulang 1.608 SPK.

Wuling Almaz menjadi varian yang paling diminati, dengan pemesanan mencapai 827 unit. Confero menyusul di posisi kedua dengan 425 unit, lalu ada Cortez dengan 339 unit. Terakhir ada Formo, kendaraan niaga ringan yang diminati 17 pembeli.

Hal lain yang menerbitkan optimisme Wuling terhadap bisnis mereka di Indonesia adalah banyaknya pengunjung GIIAS 2019 yang antre untuk mencoba (test drive) kendaraan. Total ada 1.818 orang yang melakukan test drive beberapa varian yang disediakan, yaitu Almaz, Cortez CT, dan Confero S ACT.

DFSK

Hingga Jumat (26/7/2019), dikabarkan Tempo.co, merek mobil Tiongkok yang baru jualan di Indonesia tahun lalu ini telah mengumpulkan 380 SPK. Masih jauh dari target 700 unit terjual yang mereka harapkan.

Walau demikian, jumlah itu mungkin bertambah karena DFSK belum mengumumkan hasil jualan pada dua hari terakhir GIIAS 2019.

Penjualan sebanyak 380 unit itu sebenarnya sudah lebih baik dari pencapaian pada GIIAS tahun lalu yang tercatat 318 unit.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR