MOBIL BARU

Toyota New Calya tetap incar konsumen baru

Para direktur Toyota Astra Motor berfoto dengan Toyota New Calya di Restoran Kembang Goela, Jakarta, Senin (16/9/2019).
Para direktur Toyota Astra Motor berfoto dengan Toyota New Calya di Restoran Kembang Goela, Jakarta, Senin (16/9/2019). | Toyota Astra Motor

Toyota New Calya yang diluncurkan setelah tiga tahun generasi pertamanya (2016) di Jakarta, Senin (16/9/2019), tetap diarahkan untuk konsumen baru. Hal itu disampaikan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Oleh karena itu, menurut Anton, dalam merancang Calya generasi terbaru ini mereka mempertimbangkan masukan dari para first buyer atau konsumen yang baru pertama kali membeli mobil. Mereka ingin Calya harus irit, layak dibeli (value for money), dan mudah perawatannya.

Namun, lanjutnya, TAM tak mau meninggalkan kesan agresif agar New Calya juga diminati oleh kalangan di luar first buyer. Ini juga untuk meningkatkan citra jenama Calya.

"Persaingan di sektor MPV sangat luar biasa, tidak hanya Toyota. Mau tidak mau transisi desain dan fitur perlu terus disegarkan," ujar Anton dalam acara peluncuran New Calya di Restoran Kembang Goela, Jakarta, Senin (16/9).

Menurut Anton, Calya generasi pertama sudah terjual hingga 215 ribu unit dan menjadi mobil 7 penumpang yang relatif murah. Calya generasi 2016 juga punya konsumsi bahan bakar yang efisien dan fitur keselamatannya lengkap atau disebut Calya DNA.

"Tapi kali ini di New Calya, tidak lupa kami berikan bumbu tambahan desainnya kami buat lebih agresif, fitur-fiturnya juga kami tambah supaya lebih advance dan lebih nyaman," ujar Anton.

New Calya yang hadir dengan varian manual dan otomatis mengusung desain eksterior baru. Misalnya fitur New LED Headlamp, New Retractable Outer Mirror (tipe G), New Front Grille Design with Dark Chrome Element, New DARK Chrome Element pada backdoor garnish, serta New Alloy Wheel Design.

Kesan nyaman, hangat, lega, dan meningkatkan prestise juga ditampilkan melalui warna dark brown di dashboard dan kursi untuk semua tipe. Selain itu New Calya juga dilengkapi fitur New Touchscreen Head Unit (tipe G), New Audio Steering Switch (tipe G), New Under Seat Compartment Tray (tipe G A/T), Illumination on A/T Indicator (tipe G A/T), Driver Seat Back Pocket (tipe G), serta Front Console Box (tipe G).

Sementara soal kenaikan harga Rp1-2 juta dibanding Calya generasi 2016, Anton menyatakan alasannya adalah biaya produksi. "Kami berharap semoga harga ini cukup kompetitif dengan fitur-fitur yang ditambahkan, dan juga desain yang ditambahkan, sehingga bisa diterima di pasaran," ujar Anton yang menargetkan penjualan sekitar 5.000 unit per bulan.

Catatan redaksi: Tulisan mengalami pengeditan ulang.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR