Toyota rilis harga resmi Sienta OTR Jakarta

Toyota Sienta saat diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show 2016 di JIExpo, Jakarta, 7 April 2016.
Toyota Sienta saat diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show 2016 di JIExpo, Jakarta, 7 April 2016. | Bismo Agung/Beritagar.id

Diperkenalkan di Tanah Air dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 pada April lalu, Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya merilis daftar harga resmi dari Multi Activity Vehicle (MAV) tersebut pada Senin (20/6/2016). Banderolnya tidak jauh berbeda dengan perkiraan harga yang sudah beredar sejak Maret lalu.

Mobil berkapasitas 7 penumpang ini hadir dengan empat varian, yakni E, G, V, dan Q. Semuanya dicangkokkan mesin tipe NR berkapasitas 1.500cc, dual VVT-I, 6 percepatan (versi manual), dan 7 percepatan (versi otomatis CVT).

TAM, dalam siaran pers yang diterima Beritagar.id, Senin (20/6), mengumumkan harga Sienta on the road (OTR) Jakarta berada pada rentang Rp230 juta hingga Rp295 juta.

Harga termurah, Rp230 juta, disematkan pada varian E M/T, sementara E CVT dijual Rp248 juta. Seri G dijual dengan harga Rp242 juta (M/T) dan Rp260 juta (CVT).

Varian V bertransmisi manual dibanderol Rp257 juta dan Rp275 juta untuk transmisi CVT.

Sementara itu varian termewah, Q, dijual dengan harga tertinggi Rp295 juta. Untuk varian ini hanya tersedia dengan transmisi CVT.

Para pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 mengamati Toyota Sienta.
Para pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 mengamati Toyota Sienta. | Adi Weda/EPA

Sejak diluncurkan pada IIMS 2016, TAM mengklaim telah mendapat 2.000 Surat Pesanan Kendaraan (SPK) untuk Sienta ini.

"Angka perolehan SPK All New Sienta ini sekaligus membuktikan bahwa kehadiran Sienta mampu menjawab kebutuhan pasar Indonesia akan sebuah Multi Activity Vehicle yang semakin memperlengkap lini kendaraan di Indonesia," kata Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto, dalam pernyataan tertulisnya.

Sienta yang dijual di Indonesia akan diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Indonesia menjadi satu-satunya negara di luar Jepang yang memproduksi mobil 7 penumpang ini.

TAM menyatakan mobil yang dibekali Power-Sliding Door ini akan bisa dikendarai para pemesan mulai bulan depan.

Sementara itu, TAM juga mengabarkan bahwa sepanjang Mei 2016 mereka berhasil menjual 33.624 unit kendaraan, atau menguasai 39 persen pasar roda empat di Nusantara.

Toyota Avanza masih menjadi kontributor utama penjualan Toyota dengan total penjualan ritel 14.027 unit atau tumbuh 5,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR