Toyota Sienta bakal dibanderol kompetitif

Sienta, salah satu mobil MPV yang paling dinanti pada tahun ini
Sienta, salah satu mobil MPV yang paling dinanti pada tahun ini | Toyota /Toyota.com.hk

Semakin dekat dengan waktu peluncurannya, diperkirakan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, 7-17 April, detail mengenai MPV (multi-purpose vehicle) baru dari Toyota, Sienta, semakin mengemuka.

Setelah sempat dikabarkan bahwa para peminat mobil ini sedikitnya harus merogoh kocek Rp5 juta sebagai uang tanda jadi pembelian Sienta, kini beredar kabar mengenai rentang harga dari MPV yang versi terbarunya telah dirilis di Jepang sejak tahun lalu itu.

Diwartakan Otosia, MPV 7 penumpang dengan pintu geser ini akan dibanderol Rp230 juta hingga Rp290 juta, bersaing ketat dengan Honda Freed yang dihargai Rp226 juta-Rp293 juta.

"Harganya sangat bersaing berikut dengan banyaknya fitur yang diaplikasikan di Toyota Sienta. Bicara soal harga, saat ini harga tidak mengikat ke pihak dealer sekitar Rp230-290 juta," tutur seorang narasumber pada Otosia.

Di Jepang, MPV ini dibanderol mulai JPY1,6 juta, atau setara Rp185 juta, untuk model standar, sedangkan versi mesin hybrid dibanderol JPY2,3 juta, atau sekitar Rp252 juta.

Toyota Sienta yang dijual di Jepang tampil dalam beberapa varian. Seri yang hadir antara lain G, X, Hybrid G, hingga model dengan tampilan tuning khusus, seperti Modellista dan TRD Sportivo.

Sienta pun menawarkan tata ruang kabin yang bisa diubah dari 7 kursi, menjadi 6 atau 5 kursi. Konfigurasi 5 kursi dikhususkan jika membawa penumpang berkursi roda.

Mobil medium MPV ini juga dihadirkan dalam dua versi, yakni bensin dan hybrid. Versi bensin dibekali mesin 4-silinder 1,5 liter dengan VVT yang dikabarkan mampu menghasilkan tenaga 109 hp, dengan tingkat efisiensi bahan bakar 20,6 km/liter. Sedangkan untuk tipe mesin hibrida, Toyota membekalinya dengan mesin bensin 1,5 liter dan motor listrik bertenaga 74 hp.

Pada versi hibrida, guna memperoleh keringanan pajak dan mendapatkan pengakuan sebagai mobil ramah lingkungan, Toyota menekan konsumsi bahan bakar menjadi 27,2 km/liter.

Toyota Sienta Tepergok Kamera Sedang Diuji di Indonesia /Febri Ardani

Hadir dengan kabin mewah

Selain komposisi tempat duduk penumpang yang bisa diubah, kabin Sienta juga dikabarkan bakal hadir dengan mewah.

Toyota mengemas kesan mewah dengan menonjolkan kombinasi warna putih dan krem.

"Selain itu juga ada pilihan warna dark brown," ujar seorang sumber kepada Dapurpacu.com.

Dikatakan, model desain dasbor Sienta yang hadir di Indonesia tak akan jauh beda dengan yang dihadirkan di Jepang.

Sebagai pelengkap kenyamanan, Toyota membenamkan piranti pendingin kabin (AC) untuk beberapa tipe seperti E dan G, yang menggunakan single blower dengan tuas analog. Sedangkan pada tipe V dan Q, dikabarkan pembeli akan diberi dua blower AC.

Teknologi digital MID Monochrome hadir melengkapi fitur informasi kabin untuk tipe E, G ,V. Sedangkan tipe Q sudah menggunakan layar sentuh TFT LCD colour berukuran 4,2 inci.

"Tapi untuk G, V, Q pengguna bisa menikmati audio touchscreen, air gesture, miracast. Jadi fiturnya bisa dibilang sangat lengkap dan sangat cocok bila dipakai keluarga," papar sang sumber yang tak diungkap identitasnya itu.

Interior Toyota Sienta Indonesia 2016 /GPmania
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR