TVS gandeng Alfamart untuk mempermudah konsumen

Model TVS Apache RTR.
Model TVS Apache RTR. | Shutterstock

Setelah meluncurkan produk otomotif yang menyasar para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada awal Februari 2017, jenama India, TVS Motor Company Indonesia (TMCI), juga memberikan kemudahan pembelian produk sepeda motor melalui gerai ritel Alfamart.

Program ini merupakan bagian dari rancangan promosi di kuartal akhir tahun fiskal 2016 TMCI. Tahun fiskal 2016 TVS dimulai pada 1 April 2016 dan berakhir 31 Maret 2017.

"Program ini sebenarnya kami rencanakan untuk dilakukan seterusnya, namun kami akan terus memantau dampak dari program ini hingga akhir tahun fiskal pada Maret nanti," terang Rio Aditya Putra, Corporate Communications TMCI, pada Beritagar.id, Rabu (22/2).

Kongsi dengan gerai ritel Alfamart yang bertajuk "WOW! Promo", ditambahkan Rio, selain memberikan kemudahan, juga menawarkan harga yang kompetitif untuk para calon konsumen yang ingin memiliki sepeda motor TVS, khususnya Dazz Digitec-R dan Apache RTR 200.

TVS menurunkan harga Dazz Digitech-R dari Rp12 jutaan menjadi Rp10 jutaan. Hanya dengan uang muka mulai Rp800 ribu serta angsuran bulanan mulai Rp480 ribu/bulan, peminat dapat memiliki motor skuter matik (skutik) injeksi anyar TVS itu.

Apache RTR 200 ditawarkan dengan uang muka mulai dari Rp2,25 juta dan angsuran mulai dari Rp999 ribu per bulan.

Tak hanya itu, Alfamart juga akan memberikan bonus tambahan berupa voucher belanja senilai Rp200 ribu.

Sementara untuk pembelian Apache RTR 200 di Alfamart, peminat akan mendapatkan bonus rear stand dan high pressure cleaner dari jenama Krisbow dengan total nilai Rp2 juta.

Dengan uang muka mulai Rp2,25 juta serta angsuran mulai Rp999 ribu/bulan Anda sudah dapat membawa motor ini ke garasi rumah.

Proses pemesanan

Proses pemesanan motor TVS di gerai-gerai grup Alfamart
Proses pemesanan motor TVS di gerai-gerai grup Alfamart | TMCI

Untuk melakukan pembelian, Anda bisa mendatangi Alfamart terdekat untuk melakukan registrasi data sesuai dengan KTP di menu e-transaksi kredit Adira Alfamart.

Anda akan diminta uang registrasi Rp5.000, lalu dapat memilih model yang diinginkan. Selanjutnya pihak perusahaan pembiayaan (leasing) akan melakukan pengecekan data dan survei.

Setelah lolos verifikasi dan survei, motor yang diinginkan akan langsung dikirimkan ke rumah. Saat penerimaan itu, Anda akan diminta membayar uang muka (DP).

Untuk saat ini, program TVS-Alfamart hanya berlaku di gerai-gerai grup Alfamart, seperti Alfamidi, Alfa Express, Dan+Dan, dan Lawson Station, di Jakarta dan Tangerang.

Tren positif awal tahun

Rio berharap program bersama Alfamart itu bisa memberikan dampak signifikan pada penjualan produk TVS.

"Saat ini target sekitar 500 unit hingga akhir Maret," katanya.

TVS mengawali 2017 dengan angka penjualan domestik dan ekspor yang bisa disebut positif.

Menukil data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan sepeda motor asal India ini, baik lokal maupun ekspor, pada periode Januari 2017 adalah 2.339 unit. Angka itu naik 116 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, serta 62 persen lebih besar daripada periode Desember 2016 yang mencapai 1.431 unit.

Walau demikian, penyumbang terbesar justru dari ekspor, bukan penjualan lokal. Sepanjang Januari lalu TVS mengapalkan 2.197 unit ke luar Indonesia dan hanya menjual 142 unit di dalam negeri.

Penjualan terbesar disumbang dari model moped (bebek) dengan volume 1.393 unit, disusul oleh model sport sebanyak 727 unit, serta skutik yang hanya laku 219 unit.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR