MOTOR BARU

Vario versi baru dilengkapi teknologi lebih canggih

All New Honda Vario 125 dan 150 saat diperkenalkan di Jakarta, Senin (16/4/2018).
All New Honda Vario 125 dan 150 saat diperkenalkan di Jakarta, Senin (16/4/2018). | Astra Honda Motor

Pada Senin (16/4/2018), PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan varian paling anyar dari keluarga skuter matik (skutik) Vario, yakni All New Vario 125 dan 150, di Jakarta.

Seperti biasa, peluncuran ini sebelumnya telah diprediksi oleh kalangan otomotif karena potongan-potongan gambar (teaser) telah beredar di dunia maya dan ramai dibicarakan kalangan pencinta roda dua, khususnya para pengguna salah satu motor paling populer di Indonesia ini.

Dikatakan populer, karena dalam kuartal 1 (Q1) tahun 2018, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) keduanya masuk dalam 10 besar motor terlaris.

Sepanjang tiga bulan pertama 2018, Vario 125 laku sebanyak 157.936 unit, sementara ada 93.948 unit Vario 150 yang masuk ke garasi konsumen. Jumlah itu menempatkan masing-masing pada peringkat ke-3 dan ke-5.

Vario versi baru ini diluncurkan AHM untuk memikat semakin banyak konsumen. Desain baru dan beberapa fitur tambahan diklaim membuat keduanya bakal lebih menarik perhatian.

"Beragam penyematan fitur dan teknologi canggih kini melengkapi desain terbaru dari All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125. Kami yakin ini akan memberikan pengalaman berkendara sehari-hari yang lebih menyenangkan" ujar Toshiyuki Inuma, Presiden Director AHM dalam Tirto.id.

Secara fisik, baik Vario 125 maupun 150 memiliki desain serupa. Pada bagian depan, keduanya menerapkan lampu utama yang terpisah dengan lampu day-time running light (DRL) model alis secara terpisah. Tampilan ini memberi kesan sporty yang lebih kental.

Selain itu, spidometer digital hadir menggantikan jarum analog pada model sebelumnya. Honda juga memasang Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm agar motor tak gampang disambar maling.

Khusus pada Vario 150 anyar, ada teknologi keyless yang membuat anak kunci tak dibutuhkan lagi.

Honda Vario 125 ditawarkan dengan lima pilihan warna, yaitu hitam (advance black) dan biru putih (advance white blue) untuk tipe Combi Brake System (CBS) yang dibanderol Rp19,1 juta.

Kemudian untuk tipe CBS Idling Stop System (ISS) hadir dalam tiga pilihan warna, yakni hitam (advance black), merah (advance red), dan putih merah (advance white red) yang dilego Rp19,9 juta.

Sementara untuk Vario 150 ada empat warna yang dapat dipilih, yakni hitam doff (exclusive matte black), merah doff (exclusive matte red), perak doff (exclusive matte silver), dan putih (exclusive white).

Soal harga Vario 150, ada kenaikan Rp600 ribu dari model sebelumnya menjadi Rp22,5 juta. Semua harga-harga tadi termasuk surat-surat dan pajak (OTR) untuk wilayah Jakarta.

Mempersoalkan rem tromol dan CBS

Walau fitur yang lebih baru dan canggih sudah digunakan, Kukuh Sudiono (30), anggota Vario Owners Tangerang (VOTE), menyayangkan sistem rem belakang yang masih mengadopsi model tromol, serta kaliper tunggal pada rem cakram depan.

"Idealnya sih depan dua kaliper dan belakang cakram, pasti lebih safety, karena kecepatan Vario 150 bisa tembus 130 km/jam," tuturnya kepada Beritagar.id (16/4).

Sistem pengereman yang dipasangkan pun masih CBS, bukan ABS.

CBS adalah teknologi memungkinkan rem depan dan belakang akan mengunci secara simultan dengan hanya menarik tuas rem kiri. Sementara ABS adalah sistem yang mencegah terkuncinya roda ketika tuas rem ditarik mendadak.

Menanggapi soal rem tersebut, Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya, menyatakan sistem rem yang digunakan sudah cukup untuk kelas Vario.

"Kembali kami melihat apa yang dibutuhkan konsumen. Kalau di Vario ini kan digunakan sehari-hari. Jadi, (CBS) ini sudah sangat cukup memenuhi kebutuhan konsumen di skuter ini," jelas Thomas kepada Viva.co.id.

Video Presentation Honda Vario Series 2018 125 cc dan 150 cc #WeLoveHonda /KARS TV
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR