MOTOR BARU

Vespa luncurkan Sprint dan Primavera versi ABS

Vespa Primavera dan Sprint versi ABS.
Vespa Primavera dan Sprint versi ABS. | Piaggio Indonesia

Piaggio Indonesia (PI) di Jakarta, Selasa (10/4/2018), mengeluarkan versi baru dari sepeda motor keluarga Primavera dan Sprint.

Setelah melakukan pembaruan pada varian Vespa Primavera dan Sprint dengan memasang mesin i-Get pada Juli 2016, kali ini Vespa melengkapi keduanya dengan fitur untuk meningkatkan sektor keamanan berkendara, yaitu sistem pengereman dengan teknologi anti-lock brake system (ABS).

Penambahan fitur ABS itu membuat Primavera 150 i-Get ABS dan Sprint 150 i-Get ABS bisa mampu melakukan penyesuaian pengereman secara simultan, hingga 10 kali per detik.

Rem ABS pada kedua model itu terdiri dari unit kontrol dan sensor yang menentukan kekuatan pengereman. Kombinasi teknologi itu diklaim lebih aman dan tidak sampai mengunci putaran piringan cakram berukuran 200 mm.

Seperti dikabarkan Liputan6, Vespa hanya menyediakan fitur ini untuk roda depan yang ditunjang pelek 12 inci dengan hanya menarik tuas rem kanan.

Sementara untuk sistem pengereman ban belakang dengan diameter pelek 10 inci, sistem pengereman yang digunakan masih berupa tromol, sama seperti varian sebelumnya.

"Teknologi ABS secara otomatis mengintervensi proses pengereman dan menghindari kondisi roda terkunci," jelas Marci Noto La Diega, President Director PI, di Jakarta, saat peluncuran produk.

La Diega juga mengatakan bahwa fitur anyar pada skuter matik (skutik) bermesin 154,8 cc ini juga memberikan kesempurnaan kontrol pada berbagai kondisi berkendara, sehingga cocok digunakan untuk berkendara sehari-hari di dalam kota.

Primavera dan Sprint yang menggunakan ABS ini dijual lebih mahal Rp2 juta dari versi biasa.

Primavera yang tersedia dalam warna putih, perak, biru, merah dan hitam, dibanderol Rp39,5 juta, sementara Sprint sebagai model sporty Vespa yang hadir dalam warna putih, oranye, merah, merah tosca, perak, dan hijau, dilego lebih mahal, yakni Rp42 juta.

Harga keduanya sudah termasuk surat dan pajak, alias on-the road (OTR), untuk wilayah Jabodetabek.

Seperti produk-produk sebelumnya, PI juga akan menyediakan layanan 1purna jual, terkait perawatan, servis, suku cadang, dan aksesori.

Kedua motor tersebut juga dilengkapi dengan garansi selama 3 tahun atau 36 ribu kilometer, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

"Kami membangun sebuah ekosistem yang terdiri dari produk, jaringan purnajual, suku cadang, dan aksesori resmi," tandas La Diega.

Pada kesempatan itu pula Piaggio Indonesia melakukan kampanye bertajuk ''Safety in Style'' yang merupakan bentuk apresiasi perusahaan kepada pelanggan, sekaligus memberikan platform bagi konsumen untuk menyebarluaskan perilaku berkendara positif di jalan raya.

Dari kampanye Safety in Style ini, Piaggio Indonesia juga memperkenalkan varian terbaru dari Vespa Genuine Helmets dengan opsi varian warna biru dan merah.

"Saya yakin bahwa program ini dapat memperkuat nilai-nilai positif pengendara Vespa dan menginspirasi pengendara sepeda motor di seluruh Indonesia untuk terus berkendara dengan aman dan bergaya," terang La Diega, dikutip Jawapos.com.

Pabrik di Indonesia bukan prioritas

Komunitas penggemar Vespa di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia, bahkan menurut PI menempati peringkat kedua setelah Italia.

Selain itu, angka penjualan produk sepeda motor itu di Indonesia, menurut La Diega, menempati peringkat ketiga di antara negara-negara anggota ASEAN.

"Nomor pertamanya Vietnam karena memang kan mereka ada pabrik perakitan sendiri," kata La Diega, dikutip detikcom.

Ucapan La Diega tersebut memicu munculnya pertanyaan soal apakah Piaggio berencana untuk membangun pabrik di Indonesia.

Ia menjawab bahwa saat ini fokus mereka adalah membangun empat pilar, yaitu pengembangan diler, produk motor, aksesori, serta layanan purnajual.

"Tapi bila saat proses tersebut pabrik menjadi hal yang sangat penting, kita akan capai. Tapi itu bukan tujuan utama kita," lanjutnya.

Untuk saat ini, tambah La Diega, tujuan dari Piaggio untuk Vespa adalah melayani komunitas yang terus tumbuh dan membesar.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR