Vespa Primavera dan Sprint kini lebih bertenaga

Vespa Primavera.
Vespa Primavera. | Piaggio Group

Pekan lalu Piaggio Group memperkenalkan duo Vespa terbaru dari keluarga Primavera dan Sprint yang mengusung mesin terkini, i-Get. Mesin tersebut menurut Piaggio menjanjikan skuter yang lebih bertenaga, berbiaya operasi rendah, serta sangat hening dan efisien.

Mesin i-Get tersebut merupakan pengembangan dari jenis yang sama yang dipasangkan pada model Piaggio Medley/S. Ada dua versi mesin yang ditawarkan yakni 125cc dan 150cc. Kedua versi mesin tersebut bersilinder tunggal, berpendingin udara, empat-tak dengan timing 3-valve dan pengapian elektronik.

i-Get 125cc bisa menghasilkan tenaga maksimal 10,6 hp pada 7.700 rpm dan torsi 10,4 Nm pada 6.000 rpm, sementara versi 150cc menghasilkan tenaga 12,7 hp pada 7.750 rpm dan torsi 12,8 Nm pada 6.500 rpm. Tenaga sebesar itu memang tidak akan membuat pengendara tercengang akan tetapi sudah meningkat 10 persen dibandingkan versi sebelumnya.

Selain itu juga ada sensor barometric yang secara otomatis mengatur campuran udara dengan bahan bakar saat terjadi perubahan ketinggian atau faktor lain yang bisa menghambat performa mesin. Menurut Gizmag, sensor ini menjamin reliabilitas dan mengurangi stalling dalam kondisi lalu lintas kota yang padat --saat jeda antara maju dan berhenti sangat singkat.

Kedua mesin itu juga diklaim tak boros bahan bakar. Piaggio mengklaim 1 liter bahan bakar bisa digunakan untuk menempuh jarak 45,5km pada mesin 125cc dan 41km pada mesin 150cc. Dengan kapasitas tangki 8 liter berarti bensin penuh bisa membawa Primavera dan Sprint 125cc menempuh jarak 364km tanpa isi bahan bakar.

Vespa Sprint.
Vespa Sprint. | Piaggio Group

Piaggio juga mengklaim Primavera dan Sprint versi terbaru ini lebih senyap dengan mengganti konfigurasi poros engkol untuk mengurangi getaran dan starter motor model baru yang tidak berisik.

Semua versi Sprint telah dilengkapi rem depan ABS sebagai standar, sementara pada Primavera hanya edisi Settantesimo (edisi khusus untuk merayakan ulang tahun ke-70 Vespa) yang menggunakannya.

Satu lagi fitur menarik adalah colokan USB yang terletak di dalam kompartemen dekat kaki.

Ada dua versi Vespa Primavera yang diluncurkan, yakni 125cc dan 150cc dengan empat pilihan warna, yakni Rosso Dragon, Nero Vulcano, Midnight Blue, dan Montebianco.

Untuk Sprint akan ada dua model yakni Vespa Sprint (125cc) dan Vespa Sprint S (125cc dan 150cc). Ada lima warna untuk Vespa Sprint yaitu Rosso Dragon, Nero Lucido, Montebianco, Giallo Positano, dan Blu Gaiola --semuanya menggunakan sadel berwarna hitam. Sedangkan Sprint S ditandai dengan karakteristik warna Titanium Grey dengan grafik dan rim yang dicat hitam.

Pada Mei lalu, seperti dikabarkan BeritaSatu, PT Piaggio Indonesia (PID) telah menyatakan akan memboyong Primavera dan Sprint terbaru tersebut ke Tanah Air. Vespa Sprint 150 cc dibandrol Rp 38.500.000 on the road (OTR) Jakarta, sementara Vespa Primavera 150 cc ditawarkan dengan harga Rp 36.500.000 OTR Jakarta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR