RAMADAN 2019

Waspada meningkatnya tindak kriminal selama Ramadan

SPONSOR: Asuransi Astra
Ilustrasi peningkatan angka kriminal saat Ramadan.
Ilustrasi peningkatan angka kriminal saat Ramadan. | /Shutterstock

Puasa Ramadan 1440 hijriah sudah berjalan beberapa hari. Bulan suci yang menjadi penantian umat muslim untuk berburu pahala ini merupakan kesempatan terbaik untuk mendapatkan ketenangan dan membersihkan diri dari perkara-perkara buruk.

Namun, ketenangan yang hadir pada bulan Ramadan kerap terusik oleh mewabahnya tindak kriminal. Salah satu aksi kriminal yang marak terjadi pada bulan suci ini adalah pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang meningkat saat Ramadan.

Hampir di seluruh wilayah di Indonesia mengalami kasus curanmor yang cukup tinggi. Menukil data Biro Pengendalian Operasi, Mabes Polri, tercatat bahwa aksi curanmor selama bulan Ramadan hingga lebaran mencapai ribuan kejadian.

Data tersebut menjabarkan bahwa terdapat 2.748 kasus perkara curanmor yang terjadi pada periode Ramadan hingga lebaran 2017 (Mei – Juni). Angka ini memang cenderung turun bila dibanding tahun 2016 dengan kisaran kejadian 2.800 curanmor (periode Juni-Juli 2016).

Meski kasus curanmor 2017 tidak sebesar tahun sebelumnya, aksi yang mengambil paksa kendaraan bermotor ini masih relatif tinggi dan cenderung meresahkan masyarakat terutama pada masa-masa Ramadan hingga awal lebaran Idulfitri.

Kenaikan kejahatan curanmor juga memiliki beberapa penyebab, seperti faktor ekonomi dan peningkatan operasi kepolisian di bulan puasa. Oleh sebab itu, agar terhindar dari aksi curanmor di bulan Ramadan, penting bagi Anda untuk selalu mawas diri saat melakukan mobilitas sehari-hari terutama saat menggunakan mobil pribadi.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan kondisi kendaraan. Anda bisa menggunakan kaca film yang lebih gelap supaya tak terlihat dari mata-mata penjahat. Bisa juga dengan mengecek rutin kondisi kendaraan seperti aki mobil atau tekanan angin ban demi kelancaran perjalanan.

Langkah kedua, Anda bisa memilih rute untuk mobilitas sehari-hari yang ramai lalu-lalang kendaraan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari incaran pelaku curanmor yang kerap mengincar kendaraan pribadi di lokasi-lokasi yang cenderung sepi.

Ketiga, Anda bisa memberikan perangkat keamanan aktif tambahan seperti alat pelacak di dalam mobil (GPS tracker), kunci rahasia yang memutuskan arus listrik, dan kunci ganda untuk lingkar kemudi dan tuas pedal.

Yang terakhir, pastikan Anda memberikan perlindungan tambahan untuk mobil kesayangan berupa asuransi mobil. Untuk urusan perlindungan mobil, Anda bisa memercayakan pada asuransi Garda Oto Digital. Pada periode Mei 2019, Garda Oto Digital punya promo menarik dan banyak bonus yaitu GOMUDIK.

Bagi konsumen baru yang hendak membeli Garda Oto Digital dengan menggunakan kode promo “GOMUDIK” di gardaoto.com, bisa mendapatkan bonus e-Toll untuk 600 kilometer perjalanan dan perluasan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang masing-masing dengan limit Rp10 juta.

Promo GOMUDIK hanya berlaku untuk pembelian dengan metode pembayaran yang bisa Anda lakukan secara bertahap melalui program cicilan kartu kredit 0 persen dengan tenor 3 dan 6 bulan dalam tautan berikut ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR