MOBIL BARU

Wuling Almaz hadir di tengah kebangkitan tren SUV

Salah satu fitur unggulan Wuling Almaz adalah Smart Multimedia layar sentuh berukuran 10,4 inci. Desain peranti hiburan ini mengingatkan layout multimedia yang ditanamkan pada Tesla.
Salah satu fitur unggulan Wuling Almaz adalah Smart Multimedia layar sentuh berukuran 10,4 inci. Desain peranti hiburan ini mengingatkan layout multimedia yang ditanamkan pada Tesla. | /Wuling Motors

Wuling meluncurkan mobil SUV Almaz menyusul kebangkitan tren pasar SUV (Sport Utility Vehicle) di Indonesia sejak 2018. Data GAIKINDO mencatat pada semester pertama tahun 2018, penjualan mobil mencapai 553.757 unit atau naik dari periode sama pada 2017 sejumlah 533.506 unit.

Dari angka dan periode tersebut, segmen SUV terjual sebanyak 37.665 unit. Tak heran Wuling Motors meluncurkan Wuling Almaz yang dijual dengan harga Rp318,8 juta on the road (OTR) Jakarta.

Ini adalah jagoan baru pabrikan asal Tiongkok tersebut. Dan melihat harganya, Almaz bisa dibilang relatif murah dibanding para pesaingnya di kategori medium SUV.

Mobil berkonfigurasi dua baris ini akan langsung menantang dua mobil SUV yang lebih dulu hadir di Indonesia, Honda CR-V Turbo dan DFSK Glory 580. Almaz, CR-V Turbo, dan Glory 580 sama-sama menggunakan mesin 1.500 cc turbocharge dan fitur premium.

Harga Honda CR-V Turbo varian tertinggi mencapai Rp518,5 juta, jadi terdapat selisih hampir Rp200 juta (Rp199,7 juta) dibanding Almaz. Bahkan, varian CR-V 1.5 liter termurah dibanderol Rp478,5 juta.

Sementara DFSK Glory dibanderol Rp308 juta untuk varian termahalnya. Angka ini lebih rendah Rp10,8 juta jika dibanding harga Almaz.

Namun, salah satu daya pikat Almaz yang tak dimiliki pesaing terletak pada model yang lebih segar dan fitur yang bisa dibilang melimpah. Wuling tampaknya tak main-main dengan apa yang disematkan pada Almaz.

"Almaz merupakan perwujudan integrasi Smart Multimedia dan teknologi modern yang menjadi awal baru untuk pasar SUV di Indonesia. Sejalan dengan semangat Drive For A Better Life, kami terus berinovasi dalam menjawab kebutuhan masyarakat dengan hadirnya teknologi pintar di setiap aspek kehidupan termasuk mobil penumpang," papar Cindy Cai, Vice President Wuling Motors, dalam rilis pers, Kamis (28/2/2019).

Punya fitur melimpah

Salah satu fitur menonjol pada Almaz adalah smart multimedia layar sentuh vertikal berukuran 10,4 inci pada peranti hiburannya. Ini adalah fitur yang mirip dengan milik Tesla dan sistem pengoperasian terbesar di kelas medium SUV.

Peluncuran Wuling Almaz di The Opus Grand Ballroom The Tribrata, Jakarta, Rabu (27/2/2019).
Peluncuran Wuling Almaz di The Opus Grand Ballroom The Tribrata, Jakarta, Rabu (27/2/2019). | /Wuling Motors

Peranti ini sudah dilengkapi Wuling Link yang terintegrasi dengan pengaturan kendaraan dan pendingin udara dalam satu perangkat. Selain itu, pada bagian instrument cluster sudah mengusung tampilan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) serta fasilitas hiburan dengan sistem audio Infinity by Harman dengan kualitas audio berkelas dalam kabin.

Selain audio berkualitas, bagian kabin Almaz juga disentuh beberapa trim kemewahan dan modern berkat soft touch panel, serta lingkar kemudi dan jok berbalut bahan kulit.

Bahkan, fitur panoramic sunroof sudah disematkan pada Almaz dan menjadi yang terpanjang di kelasnya karena melintang dari baris pertama hingga kedua. Sementara fitur one push engine, keyless entry, dan kamera 360 sudah menjadi perangkat bawaan mobil.

Untuk ruang mesin, Almaz sudah membekali dengan mesin bensin 4 silinder segaris berkapasitas 1.500cc turbocharged. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 140 daya kuda dengan torsi maksimum 250 Nm. Performa tersebut didistribusikan ke roda depan melalui transmisi CVT dengan mode manual 8-percepatan serta dua mode berkendara; eco dan sport.

Dengan kemampuan mumpuni, Wuling tak lupa membenamkan perangkat keselamatan aktif dan pasif yang terbilang komplet. Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Emergency Stop Signal (ESS), sistem pengereman ABS, EBD, BA, hingga front and side airbag sudah terintegrasi pada Almaz.

Secara keseluruhan, eksterior Almaz mengaplikasikan desain rancang bangun dynamic parallel dan pada sisi samping bernuansa floating roof (atap melayang). Desain tersebut juga didukung dengan Future Eyes LED dengan desain menyipit sehingga memunculkan kesan gagah dan sporty.

Dengan hanya menawarkan satu varian berbanderol Rp318.800.000 OTR Jakarta, Almaz menawarkan pilihan warna yang cukup beragam seperti Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Starry Black, Burgundy Red, dan Carnelian Red.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR