MOBIL LISTRIK

Wuling pamerkan E100 dan E200 di Indonesia Electric Motors Show 2019

(kiri-kanan) Abdul Rahim (Industry Policy and Analyst Manager Wuling), Dian Asmahani (Senior Brand Manager Wuling), dan Danang Wiratmoko (Product Planning Wuling) mengapit mobil listrik Wuling E100 usai temu media di The Safehouse, Kantor Taman, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (3/9/2019).
(kiri-kanan) Abdul Rahim (Industry Policy and Analyst Manager Wuling), Dian Asmahani (Senior Brand Manager Wuling), dan Danang Wiratmoko (Product Planning Wuling) mengapit mobil listrik Wuling E100 usai temu media di The Safehouse, Kantor Taman, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (3/9/2019). | Hedi Novianto /Beritagar.id

Wuling Motors akan ambil bagian dalam ajang pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motors Show 2019 di Balai Kartini, Jakarta, pada Rabu-Kamis (4-5/9/2019). Wuling akan menghadirkan dua kendaraan listriknya yang sudah dijual di negara asal, Tiongkok, E100 dan E200.

Selain dipamerkan, khusus mobil E100 keluaran Agustus 2017 di Tiongkok, bisa dicoba atau test drive oleh para pengunjung pameran. Sesi test drive dilakukan pada Rabu (4/9) pukul 17.00-17.30 WIB dan Kamis (5/9) pada pukul 17.30-18.00 WIB.

"Sementara untuk E200 hanya bisa dilihat-lihat saja. Tapi pada Jumat (6/9), kedua mobil itu akan ikut konvoi kendaraan listrik dari kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta ke kantor BPPT di Serpong," ujar Dian Asmahani, Senior Brand Manager Wuling, dalam jumpa media di The Safehouse, Kantor Taman, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (3/9). BPPT adalah penyelenggara pameran tersebut.

Wuling E100 dan E200, yang di Tiongkok menggunakan nama Baojun dan belum akan dijual di Indonesia ini, memiliki spesifikasi teknis yang mirip. Mobil berkapasitas dua orang penumpang, pengemudi dan penumpang, ini sangat kecil atau mini.

Dari dimensinya, panjang E100 hanya 2,5 meter dengan lebar 1,5 meter dan tinggi 1,6 meter. Adapun E200 cuma mengalami sedikit perubahan di bagian panjang menjadi 2,4 meter. Sedangkan berat kosongnya "cuma" 850 kg.

E100 dan E200 juga memiliki tenaga maksimum yang sama, 29 kW atau setara 40 tenaga kuda. Dengan seluruhnya transmisi otomatis, mobil mampu menghasilkan torque maksimum 110 Newton meter dan kecepatan maksimum adalah 100 kmj. Kedua mobil juga punya tiga mode berkendara; normal, sport, dan eco.

Spesifikasi baterai pun senada. Dengan daya penuh 24 kWh, mobil bisa menempuh jarak maksimal hingga 250 km. Baterai menggunakan lithium 220 volt.

Durasi untuk mencas baterai adalah 8-12 jam dari kondisi 20 persen hingga 100 persen bila menggunakan sumber daya 3.300 watt. Semakin besar sumber daya, durasi cas akan lebih singkat atau bisa di bawah 5 jam.

"Memang tak banyak perubahan signifikan pada spesifikasi teknis antara E100 dan E200. Penyegaran hanya terletak pada sisi eksterior dan motor penggerak yang mampu menghasilkan suara lebih senyap lagi sehingga tidak bising di dalam kabin," ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling.

Soal keselamatan, kedua mobil ini memiliki fitur yang sama seperti mobil konvensional pada umumnya. Misalnya kantong udara (airbag), anti-lock braking system (ABS), dan electronic brake distribution (EBD).

Tampilan samping mobil listrik Wuling E100
Tampilan samping mobil listrik Wuling E100 | Hedi Novianto /Beritagar.id

Bisa auto-parking

Perbedaan yang cukup kentara juga terletak pada ban berukuran 12 inci. Pada E100, velg terbuat dari kaleng yang ditutup plastik. Tapi pada E200, seluruhnya alloy wheel.

Namun begitu, E200 punya kelebihan yang cukup istimewa. Mobil yang eksteriornya punya dua warna (two tone color) ini bisa parkir sendiri tanpa pengemudi alias otomatis atau disebut intelligent auto driving.

Caranya, pengemudi tinggal menentukan lokasi atau titik parkir di sebuah gedung melalui aplikasi digital khusus. Setelah itu E200 akan bergerak ke tempat parkir.

Setelah tiba di lokasi parkir, mobil akan otomatis mematikan mesin dan mengunci pintu. "Selanjutnya dia akan mengirim notifikasi ke pengemudi melalui aplikasi ponsel. Pengemudi juga bisa memanggil mobil itu melalui aplikasi," tutur Danang.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR