Yamaha mulai pasang ban lebar pada skutik

Produk skutik Yamaha dengan ban tapak lebar.
Produk skutik Yamaha dengan ban tapak lebar. | Yamaha Indonesia

Salah satu faktor yang memengaruhi ketrampilan bermanuver saat mengendarai sepeda motor adalah penggunaan jenis ban. Dari beberapa tipe ban yang ada, ban dengan tapak lebar dikatakan mampu membuat manuver lebih stabil.

Bisa menjaga kestabilan motor saat menikung atau meliuk adalah salah satu keunggulan ban bertapak lebar. Keunggulan lainnya adalah ban jenis ini mampu meredam guncangan dengan lebih baik. Hal itu disebabkan oleh ruang lebih besar yang terdapat pada tapak ban yang menyentuh aspal.

Oleh karena itulah, mengingat kondisi lalu lintas dan jalanan di Indonesia, banyak pemotor yang mengganti ukuran ban dengan yang lebih lebar.

Saat ini di Indonesia, penggunaan ban lebar sebagai standar sebuah produk lebih banyak dipasangkan pada motor jenis sport.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) rupanya mencoba mengawali tradisi baru dengan menghadirkan jajaran skutik yang dibekali dengan ban bertapak lebar. Saat ini hampir semua jenis skutik lansiran pabrikan Jepang itu telah disematkan ban dengan tapak yang lebih lebar pada motor berbasis mesin 125 cc hingga 250 cc.

Pembaruan Fino Grande 125

Skutik teranyar yang mendapatkan ban tapak lebar adalah Yamaha Fino Grande 125, varian menyasar pada segmen kaum perempuan

Versi terbaru tersebut diperkenalkan di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (30/9/2017), dalam sebuah acara yang dihadiri puluhan komunitas perempuan pengguna Yamaha Fino.

Dalam siaran pers yang diterima Beritagar.id Senin (2/10), Yamaha menyatakan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memberi edukasi tentang keuntungan menggunakan ban tipe tubeless bertapak lebar kepada para calon pengguna.

"Perubahan di New Fino, khususnya pada ukuran tapak ban lebih kepada memaksimalkan pengalaman dan kenyamanan saat berkendara, terutama untuk konsumen wanita yang saat ini sudah banyak memakai motor dalam aktivitasnya," terang Hendri Wijaya, General Managet Marketing YIMM, menukil Dapurpacu.

Yamaha Indonesia juga bekerja sama dengan jenama kosmetik kenamaan di Indonesia dengan memberikan salah satu konten yang menarik untuk komunitas, yakni "Beauty Class".

Pada acara tersebut, terpapar beragam tip dandan untuk para wanita yang sehari-hari megendarai motor. Selain awas dan sigap, Yamaha ingin mereka juga tampil memesona.

Karena berkaitan dengan berkendara, tentunya ada satu konten yang tak boleh tertinggal, yakni pengetahuan soal keselamatan berkendara (safety riding) oleh instruktur perempuan dari Yamaha Riding Academy (YRA).

Melalui acara ini, Yamaha Indonesia ingin agar para perempuan pengendara motor lebih peduli terhadap keselamatan di jalan raya.

Upaya mengejar ketinggalan

Pembaruan pada model Fino 125 yang dibanderol Rp17,3 juta (tipe Sporty dan Premium), dan Rp18,5 juta (tipe Grande), merupakan upaya untuk mengejar ketertinggalan dari pesaing utamanya, yakni Honda Scoopy tipe terbaru.

Sebelumnya pada Maret 2017, Honda memperbarui tipe Scoopy dengan pembekalan pelek berdiameter lebih kecil, 12 inci--sebelumnya 14 inci--, namun mengombinasikannya dengan ban bertapak lebih lebar.

Data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) periode semester awal 2017 menunjukkan bahwa saat ini penjualan Honda Scoopy jauh lebih unggul dari Yamaha Fino.

PT Astra Honda Motor berhasil melego 270.569 unit pada kurun tersebut, sementara Yamaha Fino hanya terjual 69.975 unit.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR