MOTOR BARU

Yamaha R15 bersolek untuk tarik perhatian

Racing blue, salah satu warna baru All New Yamaha R15 yang diperkenalkan Yamaha Indonesia.
Racing blue, salah satu warna baru All New Yamaha R15 yang diperkenalkan Yamaha Indonesia. | Yamaha Indonesia

Ketika diperkenalkan pada Januari 2017, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berharap banyak pada All New R15. Mereka menargetkan penjualan motor sport fairing kelas pemula tersebut bakal mencapai 7.500 unit per bulan.

Namun, target tersebut tak tercapai. Dijual mulai April 2017, hingga Desember YIMM hanya berhasil menjual 44.717 unit versi baru R15 tersebut, atau sekira 4.968 unit per bulannya. Jauh lebih sedikit dari target yang ditetapkan.

Penjualan tertinggi, 8.526 unit, terjadi pada Mei. Namun setelah itu terus turun hingga angka terendah didapat pada November (2.375 unit).

Sementara itu penjualan versi lama (Januari-Maret) mencapai 6.081 unit, sehingga sepanjang 12 bulan pada 2017 terjual total 50.798 unit. Demikian menurut data Asosiasi industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang dikutip detikOto.

R15 versi 3.0 ini menempati peringkat kedua di kelasnya, hanya kalah dari Honda CBR150R yang laris 72.219 unit sepanjang tahun lalu.

Walau tak memenuhi target, sebenarnya angka penjualan R15 itu naik 36,7 persen dibandingkan pada 2016 yang mencapai 37.165 unit.

Kami lalu menghubungi YIMM untuk mengetahui apakah mereka kecewa karena penjualan R15 jauh dari target atau malah senang karena toh angka total penjualan 2017 naik cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Akan tetapi Antonius Widiantoro, Manager Marketing YIMM, menyatakan belum berani menjawab soal puas atau tidaknya mereka terhadap performa R15 di pasar lokal.

"Segmen sport termasuk R Series masih memiliki marketnya sendiri, baik dengan konsumen yang sudah ada di segmen itu dan yang naik kelas ke kategori itu," ujarnya dengan diplomatis, menjawab Beritagar.id, Selasa (10/4).

Angka penjualan pada dua bulan pertama 2018 juga belum tampak menggembirakan bagi Yamaha. Menurut data AISI, pada Januari-Februari baru 7.670 unit R15 yang terjual. Masih jauh di bawah CBR150R (11.701 unit) walau ada di atas Suzuki GSX-R150 (3.178 unit).

Tampaknya, untuk mendorong penjualan dan mengejar laju CBR150R, Yamaha memberikan beberapa sentuhan baru pada R15 yang diperkenalkan April 2018.

Namun rombakan tersebut hanya berupa sedikit perubahan penampilan fisik, bukan peningkatan performa atau hal lain terkait fitur dan aerodinamika kendaraan.

All New R15 kali ini tampil dengan warna dan kelir baru dengan konsep racing, yakni kuning (racing yellow), biru (racing blue), dan hitam (racing black).

Kelir baru dengan grafis bernuansa tajam itu dibuat untuk mengentalkan DNA balap pada sepeda motor tersebut.

Sementara suspensi depan yang berjenis upside down juga terlihat berbeda dengan warna baru, yakni emas, mirip model motor gede (moge) Yamaha R1 dan R6.

"Sejak diluncurkan tahun 2017, untuk pertama kalinya All New R15 mendapatkan penyegaran warna dan grafis baru. Yamaha juga menyematkan suspensi depan (front suspension) upside down warna emas yang membuat tampilannya lebih premium, sporty dan moge look," kata Antonius.

Penampilan baru ini membuat YIMM menaikkan harga R15 sebesar Rp700 ribu, dari Rp34,5 juta menjadi Rp35,2 juta on the road Jabodetabek.

Kelir baru Yamaha YZF-R15
Kelir baru Yamaha YZF-R15 | Dokumentasi Yamaha Indonesia

Hal lainnya tak ada yang berbeda. R15 masih menggunakan rangka "delta box" dan mesin 155cc, 4 katup, bersilinder tunggal, dengan teknologi VVA, yang bisa membuat torsi merata pada setiap putaran mesin.

Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimal 19 hp dengan torsi 15 Nm yang disalurkan kepada roda dengan transmisi manual 6-percepatan.

Selain corak baru, untuk membantu penjualan sekaligus mewadahi para pemilik R15, YIMM juga mengadakan Yamaha Sunday Race. Balapan tersebut menjadi arena bagi anggota komunitas bermotor untuk memacu R15 mereka secara maksimal di lintasan balap.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR