Yamaha siapkan amunisi skutik 155cc baru

Valentino Rossi saat peluncuran Yamaha Aerox 155 di Sepang, Malaysia (29/10/2016).
Valentino Rossi saat peluncuran Yamaha Aerox 155 di Sepang, Malaysia (29/10/2016). | Adidin San /Facebook.com

Di tengah-tengah rangkaian pergelaran MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (29/10), Yamaha menyempatkan diri untuk memperkenalkan skuter matik baru Aerox 155, yang dibeberapa negara lain akan menyandang nama Yamaha NVX.

Pebalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, didaulat untuk memperkenalkan skutik tersebut kepada khalayak.

Yamaha akan menggunakan nama Aerox 155 di Thailand dan Indonesia, sementara NVX digunakan di Malaysia dan Vietnam.

Walau menggunakan dasar dan mesin yang sama dengan NMax, Paultan.org menyatakan motor ini tidak akan menjadi pengganti NMax. Aerox 155 ini justru hadir untuk memperkaya pilihan pada kelas skutik bermesin 155cc.

Skutik ini bakal diluncurkan pertama kali di Thailand pada Desember, lalu Vietnam di bulan yang sama. Indonesia menyusul pada Januari 2017, kemudian Malaysia, baru beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Aerox 155 atau NVX ini menggunakan mesin yang sama dengan NMax, yaitu mesin 155cc SOHC, 4-tak, dengan Variable Valve Aktuasi (VVA), serta berpendingin cairan. Mesin motor ini dikatakan mampu bergejolak 14,8 hp pada 8.000 rpm dengan torsi dikatakan mampu mencapai 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Namun Aerox 155 ini tampak lebih gemuk bila dibandingkan NMax.

Dengan desain yang lebih sporty dengan kelengkapan fairing sebagai elemen aerodinamika, motor ini dilengkapi dengan ban berukuran 14 inci, dengan kompartemen bagasi 25 liter, dengan kapasitas tangki bahan bakar 4,5 liter.

Sementara itu, untuk menyisipkan beragam benda kecil, semisal sarung tangan, motor ini juga menyediakan kompartemen kecil di bagian bawah dasbor.

Fitur utama dari Aerox ini adalah sistem keyless start. Yamaha Aerox juga dilengkapi dengan mesin start-stop, yang bisa mengurangi tingkat emisi dan kebisingan, juga panel instrumen full digital.

Yamaha tidak mengatakan berapa biaya yang harus ditebus konsumen untuk membawa pulang motor ini. Mereka hanya mengatakan bahwa harganya kompetitif.

Akan hadir di IMOS 2016

Sebelum mulai dijual tahun depan, penggemar motor di Indonesia bisa mencermati Aerox 155 ini lebih dulu. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan memajangnya di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), 2-6 November.

"Kami mulai produksi awal tahun depan. Minggu depan kami akan perkenalkan lebih dulu di IMOS," kata Minoru Morimoto, Direktur YIMM saat peluncuran Aerox anyar ini, mengutip Otomotifnet.

Dari target yang disasar, YIMM sendiri cukup optimis dengan penjualan jajaran skutik 155cc terbaru mereka ini.

"Kami targetkan dapat menjual Yamaha Aerox 155 lebih dari 200 ribu," ujar Minoru.

Beberapa narablog Indonesia yang juga hadir juga menilai kalau segmen yang disasar Aerox 155 berbeda dengan NMax. Seperti yang diutarakan Taufik Hidayat pada laman TMCblog.

"Yamaha tidak lagi menyamakan strateginya seperti strategi penamaan yang mereka lakukan untuk misalnya Xabre yang menggunakan nama baru dan tentunya membutuhkan strategi penetrasi baru yang seakan membangun dari Nol. Namun kalau pakai nama Aerox jelas beda, Aerox sendiri sudah terkenal tentunya dan menjadi Brand Global, dimanapun belahan dunia akan ketemu yang namanya Yamaha Aerox," papar Taufik.

Bagian buritan yang mirip dengan desain V-ixion, dengan tanpa behel (gagang pegangan) membuat motor ini terlihat beda dari motor skutik kebanyakan.

"Tentunya akan ada penjelasan yang lebih akurat di IMOS nanti, tunggu di Booth Yamaha, akan ada kejutan di sana," kata Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing YIMM, dalam pesan singkatnya kepada Beritagar.id (31/10).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR