Yamaha tampak siap hadirkan X-Max di Indonesia

Yamaha X-Max 250.
Yamaha X-Max 250. | Yamaha

Menjelang libur Iduladha akhir pekan lalu, dunia otomotif lokal diramaikan beredarnya spy shot (foto mata-mata) skuter matik (skutik) terbaru dari Yamaha yang tampak tengah diuji kendara di daerah Bekasi dan Cikampek, Jawa Barat.

Tak seperti kendaraan baru yang tengah diuji, skutik besar (dalam bahasa komunitas sepeda motor kerap disebut "gambot") tersebut berkelana di jalanan tanpa stiker kamuflase yang menutupi. Oleh karena itu, media dan para pengamat otomotif lokal langsung sepakat bahwa motor tersebut adalah Yamaha X-Max 250.

"Rasanya kini sudah clear dan jelas untuk sisi desain. Tidak ada lagi rahasia karena YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, red.) sendiri lumayan transparan dibanding Eropa yang membuntel sang Max dengan stiker. Makin getolnya mereka melakukan test ride jalanan memberikan keyakinan bahwa kelahiran maxi skuter ini tidak akan lama lagi," tulis Iwan Banaran, salah satu blogger otomotif lokal ternama.

Sementara blogger otomotif lainnya, Yogas Erlangga, yakin YIMM akan memperkenalkan skutik tersebut pada ajang Indonesia Motorcycle Show 2016, 2-6 November, di Jakarta Convention Center, walau kemungkinan baru akan dijual paling cepat tahun depan.

Rumor bakal hadirnya salah satu keluarga X-Max bermesin 249cc ini di Indonesia sudah beredar sejak awal tahun ini.

Media-media lokal mencoba mengonfirmasi gosip tersebut kepada para petinggi YIMM, namun saat itu tak ada jawaban jelas yang didapat.

"X-Max ya? Rahasia," jawab Minoru Morimoto, presiden direktur YIMM, sambil tertawa saat ditanya detikOto.com (4/2/2016). "Ini sangat menarik untuk di tunggu (kelahiran X-Max di Indonesia-Red), karena X-Max memang menyajikan kemewahan dalam berkendara."

Seri X-Max sudah hadir di Eropa sejak Yamaha mengeluarkan versi 250cc pada 2006, sebagai versi kecil dari T-Max 500. Setahun kemudian hadir versi 125cc dan keduanya mendapat sambutan cukup bagus di Benua Biru.

X-Max 400 bermesin 395cc menyusul pada 2013 untuk menggantikan Yamaha Majesty.

Tak beda dengan versi Eropa

Yamaha X-Max 250 ABS.
Yamaha X-Max 250 ABS. | Yamaha

Melihat beberapa spy shot yang beredar itu, X-Max 250 yang tampaknya bakal dirilis di Indonesia itu tak berbeda dengan versi Eropa. Mulai dari bodi, knalpot, hingga spidometer digital sama persis dengan yang digunakan Yamaha di Eropa.

Oleh karena itu, kemungkinan besar mesin dan performanya pun diperkirakan takkan berbeda jauh.

Xmax mempunyai panjang 2.160 mm, lebar 790 mm, dan tinggi 1.385 mm.

Pada situs Yamaha Eropa dipaparkan bahwa X-Max 250 menggunakan mesin 249cc silinder tunggal, SOHC, 4-tak, dan berpendingin cairan serta menggunakan transmisi otomatis V-belt.

Menggunakan injeksi bahan bakar elektronik (EFI), mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimal 21 hp pada 7.500rpm dan torsi maksimal 21Nm pada 6.000 rpm.

Laman TopSpeed dalam ulasannya usai menguji motor tersebut menyebutkan bahwa X-Max 250 bisa dikendalikan dengan mudah meski saat melaju dalam kecepatan tinggi karena sasis ringan model sport yang digunakannya.

X-Max 250 berbobot bersih 178kg dan 182kg untuk versi ABS di Eropa, dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 13,2 liter. Ban 120/70-15 dipasang di depan, sedangkan ban belakang menggunakan ukuran 140/70-14.

Selain itu, ruang bagasi di bawah joknya pun cukup luas sehingga bisa menampung dua buah helm full-face sekaligus.

Di Inggris, versi ABS sepeda motor ini dijual dengan harga sekitar GBP4.500 atau sekitar Rp79 juta.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR