Yamaha XMax 400 segera hadir di Eropa

Yamaha XMax 400.
Yamaha XMax 400.
© Yamaha Eropa /Yamaha-motor.eu

Kehadiran duo skuter matik (skutik) Yamaha, NMax dan XMax, mampu mengubah peta persaingan pada pasar motor berkapasitas 150 cc dan 250 cc di Indonesia. Popularitas mereka terus menanjak sejak diluncurkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

NMax hingga saat ini masih menjadi raja skutik premium kelas 150 cc di Indonesia. Dan, sebagai pendatang baru, XMax cukup mengejutkan. Dalam tiga hari saja --ketika dibuka prapemesanan daring (online) periode 2 pada 10-12 Juli 2017, lebih dari 2.000 unit skutik 250 cc ini ludes.

Tak hanya untuk pasar dalam negeri, YIMM juga mempersiapkan XMax untuk diekspor ke beberapa negara, termasuk yang berada di Eropa. Namun untuk pasar Benua Biru, XMax yang diproduksi adalah yang bermesin 300 cc.

Sebentar lagi Yamaha akan menghadirkan XMax 400. Yamaha mengumumkan skutik bermesin 395 cc itu akan dipasarkan di Eropa mulai Agustus 2017, tanpa menyatakan apakah bakal juga hadir di benua lainnya.

Tampaknya Yamaha menghadirkan XMax 400 sebagai jembatan antara XMax 300 dan skutik 500 cc TMax.

Seperti skutik besar lainnya yang diciptakan Yamaha, motor ini diperuntukkan pemotor yang menyukai penjelajahan jarak jauh. Jadi, kenyamanan pada sektor pengendalian menjadi perhatian khusus mereka.

Yamaha XMax 400, tulis Visordown dan Indianautoblog, merupakan versi peningkatan dari XMax 300 buatan Indonesia. Desainnya juga terinspirasi XMax 300.

Selain kapasitas mesin yang ditingkatkan dan disesuaikan dengan kadar emisi Euro-4, bobot motor ini dibuat menjadi lebih ringan 5 kg, dengan total berat secara keseluruhan menjadi 210 kg.

Yamaha juga melakukan pembenahan pada bagian dasbor dan spidometer, serta kompartemen bagasi yang diperluas hingga mampu menampung dua helm jenis full face.

Walau kompartemen bagasi lebih luas, kapasitan tangki bahan bakar yang ditawarkan tetap cukup besar, yaitu 13 liter. Pabrikan yang bermarkas di Jepang itu mengklaim konsumsi bahan bakar mampu mencapai 23,92 kilometer untuk tiap liternya

Mesin 395 cc yang digunakan memiliki silinder tunggal DOHC dengan pendingin cairan. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkannya diklaim mencapai 33 hp dan torsi 36 Nm pada 6.000 rpm.

Untuk kenyamanan berkendara, suspensi depan yang menganut model garpu teleskopik mendapatkan sedikit gubahan dibanding model XMax 300. Pelek depan motor ini juga telah dilengkapi dengan sistem pengereman cakram ganda, dengan kelengkapan fitur anti-lock braking system (ABS).

Fitur kenyamanan lainnya yang disematkan adalah rem parkir dan sistem kontrol traksi sebagai standar, juga smart key dan sumber baterai 12V DC. Untuk membelah angin, Yamaha mendesain windshield yang dapat diatur dalam pengaturan 2 posisi, rendah dan tinggi.

Walau belum merilis harga, XMax 400 ditawarkan dalam pilihan warna-warna memikat namun elegan, yakni Blue Phantom, Sonic Gray dan Blazing Gray.

In need of more performance? New X-MAX 400. Desire what you need.
© Yamaha Motor Europe
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.