RAMADAN 2019

Yang harus disiapkan saat mobil akan ditinggal mudik

SPONSOR: Asuransi Astra
Menyiapkan mobil saat akan ditinggal mudik
Menyiapkan mobil saat akan ditinggal mudik | /Shutterstock

Musim mudik sudah di depan mata. Rencana untuk pulang ke kampung halaman mulai dipersiapkan. Bagi pemudik yang kampung halamannya cukup jauh, mudik menggunakan pesawat atau kereta api kerap dijadikan pilihan.

Alasannya, jarak tempuh yang jauh serta risiko terjebak kemacetan di beberapa titik sepanjang jalur mudik akan terasa sangat melelahkan bagi pengendara mobil. Belum lagi berbagai risiko yang harus dihadapi selama perjalanan.

Namun, sebagai pemilik mobil, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum meninggalkan mobil kesayangan dalam waktu lama untuk pulang ke kampung halaman. Pasalnya, mobil yang ditinggalkan memiliki risiko kerusakan atau menjadi korban kriminalitas.

Simak beberapa langkah aman meninggalkan mobil saat mudik di bawah ini.

Lepas aki

Banyak yang menganjurkan untuk melepas konektor aki jika akan meninggalkan mobil dalam waktu lama. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Cara tersebut dinilai efektif untuk mobil keluaran tahun lama yang belum menggunakan kelistrikan terpusat pada komputer, sehingga aki tidak cepat soak.

Namun, untuk mobil keluaran baru, biasanya kelistrikan akan dikontrol oleh ECU, sehingga tidak perlu melepas konektor aki saat akan ditinggal beberapa hari. Hal ini untuk menghindari terjadinya malfungsi pada komponen kelistrikan mobil.

Menambahkan kunci pengaman

Meski mobil hanya akan ditinggal beberapa hari saja, jangan abaikan keamanan mobil kesayangan Anda. Tambahkan kunci pengaman pada mobil untuk meminimalkan risiko pencurian. Saat ini, tersedia banyak pilihan kunci pengaman mobil yang dapat Anda pilih, seperti kunci kemudi, kunci roda, dan kunci pedal gas.

Pastikan parkir di tempat aman dan lindungi mobil dengan sarung agar terhindar dari kotoran
Pastikan parkir di tempat aman dan lindungi mobil dengan sarung agar terhindar dari kotoran | /Shutterstock

Parkir di tempat aman

Jika memungkinkan, parkir mobil di dalam garasi. Tujuannya untuk menghindari mobil kotor, terserempet mobil lain, atau menjadi korban aksi kriminalitas. Jika terpaksa harus memarkir mobil di depan rumah, pastikan posisi parkir tidak menghalangi jalan kendaraan lain dan gunakan sarung mobil agar bodi mobil terlindungi.

Jangan mengaktifkan rem tangan

Guna menjaga sistem pengereman mobil dari kerusakan, sebaiknya jangan mengaktifkan rem tangan. Anda dapat menggunakan pengganjal roda untuk mencegah mobil meluncur dari posisinya. Pasalnya, mengaktifkan rem tangan dalam waktu lama berpotensi membuat rem menjadi lengket dan roda tak bisa bergerak akibat korosi yang timbul saat kedua besi menempel dalam waktu yang lama.

Selain cara-cara di atas, mobil yang ditinggal mudik juga dapat diberikan perlindungan ekstra berupa asuransi mobil. Khusus pembelian asuransi Garda Oto Digital periode Mei 2019, Anda dapat menikmati promo GOMUDIK yang menawarkan banyak bonus.

#TauGitu langsung saja gunakan promo tersebut saat membeli perlindungan untuk mobil karena Anda berkesempatan mendapatkan bonus e-Toll untuk 600 KM perjalanan, perluasan kecelakaan diri penumpang hingga Rp10 juta, dan fasilitas cicilan 0% mulai 3 hingga 6 bulan. Yuk, baca syarat dan ketentuan promo GOMUDIK melalui tautan ini.

SPONSOR: Asuransi Astra
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR