10 destinasi bulan madu di Indonesia

Raja Ampat, pilihan berbulan madu di Indonesia
Raja Ampat, pilihan berbulan madu di Indonesia
© SARAWUT KUNDEJ /shutterstock

Indonesia mendapat label baru sebagai destinasi bulan madu. Hal tersebut diungkapkan Rizal Sukma, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, pada acara Indonesian Weekend pekan lalu di London.

Menurut Rizal, banyak wisatawan mancanegara mulai melirik keindahan alam Indonesia dan menjadikannya sebagai destinasi berbulan madu. Label itu, menurutnya, sangat positif.

Beberapa daerah di Indonesia memang cocok untuk bulan madu, sebut saja Bali, Raja Ampat, dan pulau-pulau cantik lain. Lokasi prima yang langsung berbatasan dengan laut, tentu mendukung suasana romantis bulan madu Anda.

Situs Indonesia.travel menulis beberapa tempat yang cocok untuk berbulan madu di Indonesia yang bisa jadi tambahan inspirasi dalam memilih.

Raja Ampat

Tak hanya menjadi tempat favorit para penyelam, Raja Ampat juga jadi destinasi favorit pasangan yang akan berbulan madu. Raja Ampat merupakan salah satu ikon wisata bawah laut terpopuler di Indonesia. Keindahan bawah laut Raja Ampat memang sudah tak diragukan lagi.

Untuk yang sedang berbulan madu, Anda dan pasangan tentu harus mencoba menyelam berdua dan mengeksplor keindahannya. Anda pun bisa memilih salah satu pulau yang ada di sana untuk menetap, misalnya Pulau Misool.

Di Pulau Misool, Anda dapat bertemu 755 jenis ikan hias, termasuk penyu, pari, dan biota laut lainnya beserta karang, bahkan paus. Anda juga dapat mencoba menginap di salah satu resor mewah di Misool, yaitu Misool Eco Resort.

Bukittinggi

Sebagai kota yang berudara sejuk, Bukttingggi cocok untuk berlibur dan berbulan madu. Suasana yang tenang dapat mendukung waktu berkualitas saat bulan madu.

Sambil bulan madu, Anda bisa sekalian mengunjungi objek wisata yang menarik. Ada Ngarai Sianok, Jam Gadang, sampai Lubang Jepang. Untuk berkeliling kota, Anda bisa menyewa delman berdua dengan pasangan.

Untuk pengalaman berbeda, coba sewa vila bukan kamar hotel. Lokasi vila yang dekat dengan alam ini misalnya dilengkapi fasilitas kolam renang serta pemandangan perkampungan dan sawah nan hijau.

Makassar

Makassar juga masuk dalam daftar tempat bulan madu terbaik di Indonesia. Di sana, Anda dan pasangan bisa sekalian menikmati liburan.

Rekomendasi objek wisata di Makassar antara lain melihat keindahan bawah laut di Taman Laut Takabonerate, bersantai di Bukit Malino, menikmati pemandangan matahari terbit di Pantai Losari, bermain air di Pantai Akkarena, atau melihat terumbu karang dan ikan warna-warni di Pulau Samalona.

Yogyakarta

Tak hanya dikenal sebagai kota favorit peransel (backpacker), kota yang menjadi lokasi syuting AADC ini juga bisa jadi destinasi bulan madu. Di kota ini, Anda dapat menjalani momen bulan madu yang lebih sederhana namun tetap intim.

Hal yang bisa dilakukan di Yogyakarta adalah berkunjung ke berbagai objek wisata seperti Taman Sari Keraton Yogyakarta, Istana Ratu Boko, Candi Prambanan, dan beragam pantai di Gunung Kidul.

Pilih tempat menginap yang unik dan privat. Misalnya vila di pinggir kota Yogyakarta ini. Selain nyaman dan memiliki interior bagus, wujudnya yang seperti rumah bisa bikin Anda dan pasangan betah.

Ubud

Ubud memiliki daya tarik tersendiri bagi pasangan yang sedang berbulan madu. Berbagai kegiatan juga bisa dilakukan di Ubud, misalnya yoga bersama pasangan, bersepeda mengelilingi perkampungan, spa, menonton pertunjukan tari tradisional, dan tak lupa makan malam romantis.

Soal penginapan, Anda bisa memilih vila atau kamar dengan pemandangan yang indah. Ada banyak sekali vila di Ubud, mulai dari yang dilengkapi pemandangan sungai, sawah, atau hutan. Tempat tinggal yang nyaman dan tenang tentu lebih cocok untuk yang sedang bulan madu.

Gili Nanggu

Anda dan pasangan sama-sama pencinta pantai pasir putih? Cobalah untuk berbulan madu ke Gili Nanggu di Lombok. Pulau kecil ini memiliki pemandangan yang luar biasa, langit biru cerah, pantai pasir putih, serta air laut biru kehijauan.

Hanya ada satu penginapan di Gili Nanggu, yaitu Gili Nanggu Cottage. Pondok penginapan ini bergaya tradisional lengkap dengan atap jeraminya.

Danau Toba

Kecantikan Danau Toba juga menjadikan objek wisata ini sebagai destinasi bulan madu di Indonesia. Anda dan pasangan akan dimanjakan dengan pemandangan serba alami di sekeliling yang membuat perasaan lebih tenang.

Anda dan pasangan juga bisa menikmati Danau Toba lebih dekat dengan cara berkeliling danau naik perahu, dan tak lupa berkunjung ke Pulau Samosir untuk belajar kebudayaan khas masyarakat Batak.

Kampung Sampireun

Kampung Sampireun merupakan resor yang ada di Garut, Jawa Barat. Keunikan resor ini adalah lokasinya yang ada di atas danau. Tempatnya yang romantis membuat penginapan ini cocok untuk yang sedang bulan madu.

Kampung Sampireun berada di Jl Raya Samarang Kamojang, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat. Di sana, Anda bisa menikmati waktu berkualitas bersama pasangan didukung oleh udara dingin dan suasana tenang khas pedesaan.

Pulau Ora

Bila Garut memiliki resor di atas danau, Pulau Ora punya resor langsung di atas air laut. Jadi, saat Anda membuka pintu kamar, bisa langsung melihat laut dari jarak sangat dekat. Belum lagi, Anda juga bisa melihat ikan-ikan yang sedang berenang.

Jangan lupakan untuk bermain di pantai yang pesona keindahannya bisa disejajarkan dengan Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik. Anda dapat berenang di air yang sangat jernih dan melihat terumbu karang tanpa harus menyelam terlalu jauh.

Pulau Moyo

Pulau Moyo di NTB akan membuat momen bulan madu lebih berkesan. Anda dapat menikmati aktivitas seperti trekking, menyelam, sampai berlayar. Objek wisata menarik di pulau ini antara lain Air Terjun Mata Jitu, Pantai Tanjung Pasir, dan kawasan lindung Poto Jarum.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.