KULINER NUSANTARA

4 Kuliner ikonis wajib coba di Surabaya

Nasi pecel Bu Kus, Surabaya.
Nasi pecel Bu Kus, Surabaya. | Acen Trisusanto /Beritagar.id

Berkunjung ke Surabaya tak lengkap tanpa menjajal kuliner khas yang nikmat dan menggoyang lidah. Jika Anda bingung dengan beragam pilihan, coba cicip rekomendasi kuliner ikonis yang selalu diburu para pelancong di kota pahlawan ini.

Nasi Pecel Bu Kus

Porsinya besar, lauknya beragam, hingga sayurnya yang segar dan banyak macamnya, jadi keunggulan Nasi Pecel Bu Kus. Belum lagi siraman kuah lodeh dan taburan lamtoro atau yang lebih dikenal dengan petai cina ini benar-benar bikin cita rasa Nasi Pecel Bu Kus berbeda dari nasi pecel lain.

Selain pecel, Nasi Pecel Bu Kus juga menyediakan beragam lauk tambahan seperti sate usus, sate hati ampela, sate kulit ayam, dan juga penyetan yang tak kalah nikmat. Apalagi sambal untuk penyetan di Nasi Pecel Bu Kus benar-benar nikmat pedasnya.

Karena porsinya yang besar, Nasi Pecel Bu Kus yang berlokasi di Jalan Barata Jaya XX/110, Surabaya sangat cocok disantap siang hari sesampainya Anda di Surabaya. Sediakan bujet mulai Rp11 ribu untuk mencicipinya.

Tahu Telor Pak Jayen

Selain tahu campur yang populer sebagai penganan khas Surabaya, tahu telor juga tak kalah menggugah selera. Apalagi Tahu Telor Pak Jayen yang selalu diburu beragam kalangan mulai dari mahasiswa, para pejabat, hingga wisatawan.

Selain tahu goreng yang dibalut telur dadar, perpaduan toge muda, kentang, lontong, kerupuk, dan terakhir, siraman bumbu petis yang khas akan bikin lidah Anda girang.

Jika tergoda menyantapnya, silakan datang ke Jalan Dharmahusada Indah Raya Blok C-2 pada malam hari. Tempat ini digunakan sebagai bengkel mobil pada siang hari.

Mulai dari Rp15 ribu per porsi, Anda sudah bisa menikmati Tahu Telor Pak Jayen sebagai menu santap malam di Surabaya.

Sate Klopo Ondomohen

Terletak di ujung gang Ondomohen Magersari II, Sate Klopo Ondomohen sudah sangat terkenal di Surabaya. Bagaimana tidak, dengan parutan kelapa dan racikan bumbu yang khas, Sate Klopo Ondomohen benar-benar punya cita rasa berbeda dari varian sate lain.

Jika kita biasa mengenal sate daging sapi, ayam, maupun kambing yang dilumuri bumbu kecap atau kacang, beragam daging di Sate Klopo Ondomohen lebih dulu dilumuri gurihnya kelapa sebelum ditambahkan bumbu.

Mulai dari Rp17 ribu saja, Anda bisa menikmati uniknya Sate Klopo Ondomohen yang cocok disantap sebagai makan malam.

Es Krim Zangrandi

Setelah menjajal menu-menu utama di atas, tak ada salahnya menikmati pencuci mulut yang popularitasnya tak lekang dimakan zaman, yaitu Es Krim Zangrandi.

Berdiri sejak tahun 1930, Es Krim Zangrandi di Jalan Yos Sudarso no. 15 ini salah satu gerai es krim tertua di Nusantara. Wajar bila nuansa tempo dulu yang kental bisa kita temukan di sini.

Mulai dari desain gedung, interior bergaya zaman Belanda, furnitur yang didominasi kayu, hingga buku menunya menjadikan pengalaman di kedai Es Krim Zangrandi layaknya masuk mesin waktu dan kembali ke masa lalu.

Meskipun dibanderol dengan harga yang agak ‘mahal’, tetapi apa yang didapatkan tak akan mengecewakan.

Misalnya, es krim klasik Banana Split yang dibanderol Rp50 ribu. Menu ini terdiri dari sebuah pisang berukuran sedang yang dibelah, dengan tiga scoop es krim berukuran sedang. Rasanya vanila, cokelat, dan stroberi, serta dua buah wafer roll.

Terakhir, topping whip-cream dan buah ceri nan ranum membuat Banana Split khas Zangrandi sangat menggugah selera.

Begitu dicicipi, es krim ala Zangrandi yang segar bertekstur kasar tak terasa begitu manis karena campuran rum yang cukup mendominasi. Rasanya sungguh pas untuk sekedar bernostalgia maupun menikmati waktu berleha-leha bersama teman maupun keluarga.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR