5 jurus tawar-menawar di Pasar Sukawati Bali

MITRA: Woman Talk
Ilustrasi
Ilustrasi | CHEN WS /Shutterstock

Berlibur ke Bali tidak lengkap kalau belum berbelanja oleh-oleh di Pasar Sukawati. Mulai dari barang kerajinan tangan, kain, lukisan, sampai makanan khas lokal, tersedia di sini. Jangan lupa keluarkan jurus tawar-menawar agar Anda dapat memperoleh harga yang lebih miring.

1. Datang lebih pagi
Datanglah sekitar pukul 08.00 saat pasar ini baru dibuka. Pembeli pertama di pagi hari menjadi 'penglaris' bagi para penjual alias menjadi pembuka aktivitas berdagang mereka di hari itu. Sejumlah penjual meyakini, tidak apa-apa ditawar murah, asalkan dapat pelanggan pertama.

2. Ikuti rumus tawar harga
Rumus ini berlaku dimanapun, termasuk juga di Pasar Sukawati. Buka harga dengan menawar 50 persen + 10 persen dari harga normal, atau 50 persen + Rp10.000 jika harga barang di kisaran Rp100.000 hingga Rp200.000. Tawar terus hingga mencapai 70 persen dari harga normal. Dapat diskon 30 persen lumayan juga, kan? Tidak berhasil menawar? Segera pindah ke kios berikutnya.

3. Bandingkan dengan harga toko suvenir
Selain di Pasar Sukawati, Anda juga dapat membeli suvenir di toko oleh-oleh besar yang tersebar di beberapa wilayah di Bali. Sayangnya, di toko-toko seperti ini harganya sesuai banderol, sehingga tidak dapat ditawar.

Nah, jika Anda menemukan barang yang sama dijual di Sukawati, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk price match. Jika harga barang di toko suvenir lebih murah, mintalah kepada pedagang di Sukawati untuk menurunkan harganya sesuai harga toko suvenir.

4. Ajak warga lokal
Menawar harga lebih afdol lagi jika sambil ditemani warga lokal. Baik teman maupun pemandu wisata, mintalah untuk menawar harga dengan bahasa daerah setempat.

5. Lebih banyak, lebih murah
Membeli barang dalam jumlah banyak dapat menurunkan harganya. Beberapa pedagang bahkan menyediakan barang dalam bentuk bundling yang harganya lebih murah jika dibandingkan membeli secara terpisah.

MITRA: Woman Talk
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR