KULINER MANCANEGARA

Arepa, si roti sehat dari Selatan

Arepa adalah roti tradisional dari Kolombia dan Venezuela
Arepa adalah roti tradisional dari Kolombia dan Venezuela | nehophoto /Shutterstock

Arepa atau kadang disebut arepas merupakan roti yang jadi makanan pokok di Venezuela dan Kolombia. Terbuat dari tepung jagung giling yang sudah dimasak di dalam air dan dikeringkan. Kini makanan sehat ini mulai populer di negara-negara Eropa, salah satunya Inggris.

Arepa memiliki tekstur yang garing di bagian luar, tapi lembut di bagian dalam. Makanan ini disuka karena dapat diolah menjadi roti burger, dipanggang, digoreng, direbus, juga dikukus. Seperti roti isi dan burito, Arepa juga dapat dikombinasikan dengan isian seperti daging, keju, sayuran, hingga kacang-kacangan.

Pasangan suami istri, Kathe Cunin dan Gus Salguero pemilik restoran Arepa and Co di wilayah Timur London, punya keinginan mengenalkan penganan ini kepada semua orang, dan membawa citra positif penganan tradisional itu.

“Makanan Venezuela harus menarik bagi semua orang. Tidak hanya untuk komunitas Venezuela atau Amerika Selatan. Kami memutuskan untuk membuat makanan Venezuela dan Arepas dikenal lebih dari burger dan taco,” kata Cunin.

Bahan utama dari Venezuela dipertahankan untuk menjaga keaslian menu mereka, di antaranya adalah jagung, singkong, pisang raja, dan kacang hitam. “Penganan ini sangat serbaguna, ada begitu banyak permintaan akan makanan bebas gandum dan gluten, dan Anda bisa membuat begitu banyak isian dengan Arepa," terang Cunin,

Rasa penasaran akan menu baru menjadi kunci orang-orang Inggris menyukai Arepa. “Orang selalu mencari makanan yang baru dan belum pernah mereka coba. Lalu, makanan khas dari Kolombia dan Venezuela ini mengundang rasa penasaran lidah orang-orang Inggris," ujar Brett Heyneman pemilik gerai Brett’s Arepas di pasar Brighton Street Dinner, Inggris dinukil The Independent.

Selain mudah dibuat dan sehat, Arepa dianggap cocok dijadikan menu bagi kaum vegan dan penganan ini 100 persen bebas gluten.

"Saya pikir beberapa alasan mengapa Arepa populer karena rasanya enak dan menyenangkan untuk dimakan. Arepa juga sederhana, autentik, dan harga yang terjangkau," kata pemilik restoran Peru LIMA, Gabriel Gonzales.

Menurut chef Carlos Rodriguez, dinukil Boston Globe, roti ini seperti penganan pokok rakyat Venezuela. "Ini makanan sehari-hari kita. Seperti orang Prancis dengan roti baguette mereka, kita rakyat Venezuela dilahirkan dengan Arepas di bawah pelukan kita. Arepas adalah untuk setiap hari sepanjang tahun, setiap saat, hari demi hari, dan untuk siapa saja, kaya atau miskin atau di antara keduanya. Arepas cocok untuk semua orang dan waktu.”

Cita rasa asli Kolombia dan Venzuela, roti Arepa disajikan dengan saus manis atau saus hijau dari aneka sayuran. Sedangkan negara tetangga seperti Meksiko dan Puerto Rico menambahkan saus pedas untuk hidangan Arepa mereka.

Menurut sejarah, resep Arepa telah ada sejak ratusan tahun yang lalu, dan merupakan makanan pokok berbagai suku asli yang tinggal di wilayah yang sekarang adalah negara Venezuela dan Kolombia.

Arepa berasal dari kata erepa, kata asli penduduk lokal untuk jagung. Sampai tahun 1950-an, Arepa terutama dimakan sebagai makanan sampingan. Namun ketika popularitasnya mulai meningkat, orang menjadi lebih inovatif dan berkreasi dengan isian roti jagung tersebut.

Awalnya Arepa yang diisi itu disebut sebagai tostada, tetapi sekarang, itu hanya disebut Arepa yang diisi atau Arepa Rellena. Dengan isinya bervariasi dan tidak ada aturan dan akhirnya menjelma seperti roti isi sandwich yang menyebar ke luar negara asalnya.

Secara umum, adonan Arepa adalah campuran dari bahan tepung, air, garam, dan sesekali menambahkan minyak, mentega, telur, dan atau susu. Adonan itu kemudian dibentuk bulat dan ditekan memipih, lalu dipanggang hingga matang berwarna kecokelatan.

"Kalau tidak menggunakan oven, kami memanggang adonan di atas teflon. Tanpa minyak, cukup pakai margarin saja," ujar Elvan Septiana, co-founder dari D'Iris Café, tempat yang menyajikan roti arepas di kota Bogor.

Kreasi olahan Arepa kian bervariasi. Ada yang memanggang adonan roti di oven batu bara, menggorengnya, bahkan membakarnya. Penyajiannya pun tidak kalah beragam, salah satunya membuat roti ini seperti sandwich dan memberikan isian di tengahnya, baik rasa manis maupun gurih.

Jika Anda tertarik ingin mencoba rasanya, maka dapat juga mencoba membuat Arepa.

Arepas - Making and Filling Ideas /ArepasDelGringo
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR