Awang Kitchen sajikan cireng dan bakso di New York

Ilustrasi masakan Indonesia
Ilustrasi masakan Indonesia
© szefei /Shutterstock

Masakan serta jajanan khas Indonesia kini sudah bisa dijumpai di New York City, Amerika Serikat. Adalah Awang Kitchen yang membawa makanan nusantara sampai ke negeri Paman Sam.

Awang Kitchen merupakan sebuah restoran dengan slogan "Indonesian Asian Fusion & Sushi Bar" milik Siliwanga atau biasa dipanggil Awang, pria asal Jakarta.

Restoran ini baru saja dibuka pada 26 Maret 2017 di Queens Boulevard, Elmhurst, New York. Harga makanan di Awang Kitchen mulai dari Rp30-350 ribu.

"Menu favorit antara orang Indonesia dengan orang Eropa dan Amerika itu berbeda. Kalau orang Indonesia pasti cari ayam goreng kremes, cumi telur asin, tongseng kambing, dan rujak juhi," kata Awang, kepada CNNIndonesia.

"Kalau yang bukan orang Indonesia lebih suka tahu isi, nasi tim ayam, tongseng, satai ayam, dan satai kambing," tambahnya.

Menu di Awang Kitchen cukup banyak, dimulai dari makanan pembuka seperti risol, tahu isi, tahu gejrot, tempe goreng, tempe mendoan, perkedel kornet, cireng, pempek, satai ayam, dan satai kambing.

Juga ada aneka mi dan nasi, yaitu nasi tim ayam jamur, nasi goreng kambing, nasi goreng ikan asin, nasi goreng tek-tek, bubur ayam Betawi, bakmi ayam jamur saus kacang, bakmi ayam kepiting.

Untuk menu utama, ada ayam goreng kremes, ayam goreng kalasan, ayam bakar, bebek goreng sambal hijau, rendang, dendeng balado, cumi goreng saus telur asin, udang goreng saus telur asin, ikan tenggiri balado, pecel lele, tongseng kambing, lidah sapi goreng sambal hijau, gulai kikil, gulai otak sapi, dan ikan bawal bakar saus madu.

Makanan berkuah seperti bakso tenis, bakso telur, soto ayam, dan sop buntut pun tersedia di Awang Kitchen. Ada pun menu sayuran gado-gado, ketoprak, rujak juhi, dan taoge cah ikan asin.

Tak lupa terdapat nasi putih, nasi uduk, nasi kuning, lontong, dan kerupuk sebagai pelengkap aneka makanan. Menu penutup yang disajikan antara lain es teler, es teh longan, es cincau, pisang bakar, roti bakar, jus durian, dan jus avokad.

The New York Times menulis makanan yang direkomendasikan untuk dicoba di Awang Kitchen, yaitu tahu isi, nasi tim ayam jamur, dendeng balado, cumi goreng saus telur asin, serta kari kambing.

Joe DiStefano, penulis chopsticksandmarrow.com mengatakan, "Saya penggemar berat ayam goreng Indonesia. Jadi saat saya melihat ayam goreng kalasan, yang dimarinasi dengan air kelapa, Saya harus mencobanya. Ayam kalasan datang bersama sambal terasi atau pasta udang hasil fermentasi."

Joe juga mengaku bukan penggemar tempe, tetapi tempe mendoan di Awang Kitchen menjadi terasa sulit bila tak dipesan setiap kali ia berkunjung ke restoran itu.

"Tempe mendoan mengubah roti kedelai yang tidak enak menjadi gorengan lezat. Renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam, dan dicelupkan ke dalam kecap manis dan cabai hijau," tulis Joe.

Selain aneka menu utama, Awang Kitchen juga menyediakan makanan yang sedang mengetren di Indonesia seperti seblak, bakso beranak, dan bakso mangkok di hari-hari tertentu saja.

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.