Berburu tempat liburan unik di Indie Travel Mart 2015

Putri Pariwisata Indonesia 2014 Syarifah Fajri Maulidiyah memungut sampah di taman laut Olele, Kabupaten Bonebolango, Provinsi Gorontalo, Minggu (1/11). Kunjungan Syarifah ke taman laut andalan Gorontalo itu dalam rangka mempromosikan wisata laut Gorontalo serta menghadiri pemilihan Putri Pariwisata Gorontalo 2015.
Putri Pariwisata Indonesia 2014 Syarifah Fajri Maulidiyah memungut sampah di taman laut Olele, Kabupaten Bonebolango, Provinsi Gorontalo, Minggu (1/11). Kunjungan Syarifah ke taman laut andalan Gorontalo itu dalam rangka mempromosikan wisata laut Gorontalo serta menghadiri pemilihan Putri Pariwisata Gorontalo 2015. | ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/foc/15.

Setiap orang butuh piknik. Ada banyak manfaat bila kita rajin piknik, jalan-jalan atau liburan. Termasuk mendatangi tempat-tempat unik dan baru.

Bila Anda tengah mencari ide tempat liburan unik dan anti-mainstream, mungkin bisa datang ke pameran pariwisata Indie Travel Mart (ITM) 2015 pada 12-14 November 2015 di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Dalam acara ini ada 50 agen perjalanan independen. "Kami punya 3.000 destinasi di TripTrus,com, kami ingin menunjukkan dan paket non-mainstream," kata CEO TripTrus.com Brahmantya Sakti dikutip Kompas dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Destinasi yang ditawarkan dari Sabang sampai Raja Ampat. Dari wisata gunung, pantai, gua sampai bawah laut. Misalnya, Pahawang, Pulau Kei, Pulau Kenawa, Menjangan, Sumba, Alor, Bajawa, Wae Rebo, Pulau Komodo dan Baluran.

"Yang anti-mainstream banyak disukai anak muda. Segmen ITM berangkat dari hobi anak muda," kata Brahmantya.

CNN melansir, harga yang ditawarkan dalam pameran beragam. Tergantung lokasi tempat wisatan, paket perjalanan seperti transportasi dan penginapan. "Untuk Rp100 ribuan ada yang ke Kepulauan Seribu, yang paling mahal Raja Ampat sekitar Rp 5 juta," kata Brahmantya.

ITM berawal dari bentuk keprihatinan. Banyak pameran wisata yang lebih menawarkan paket perjalanan ke luar negeri. Padahal Indonesia dengan 17 ribu pulau punya potensi wisata yang tidak kalah dari negara lain.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar dan Bisnis Pariwisata Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata, Tazbir mengatakan ITM akan membantu pemerintah menggenjot jumlah wisatawan lokal. "Pada acara ini ada promo paket jalan-jalan ke seluruh Indonesia, destinasi baru," katanya dikutip Kedaulatan Rakyat, Selasa (10/11/2015).

Detik melaporkan, banyak operator tur independen yang menawarkan paket promo selama ITM. Ada wisata Kepulauan Kei di Maluku Tenggara, ada juga Wakatobi, ada potongan Rp500 ribu. "Harganya Rp2,9 juta untuk paket itu. Belum termasuk tiket pesawat," kata Brahmantya.

Brahmantya menjelaskan para operator tur independen ini sudah memenuhi kualifikasi untuk melayani tamu. Jadi para pelancong atau wisatawan tak perlu ragu. Mereka berusaha mencegah adanya penipuan (fraud).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR