Bermalam di rumah terkecil di dunia

Rumah terkecil di dunia ini luasnya sekitar 2,3 meter persegi.
Rumah terkecil di dunia ini luasnya sekitar 2,3 meter persegi.
© Leigh Prather /Shutterstock

Jika Anda berniat melancong ke Boston, Amerika Serikat, cobalah menginap di rumah terkecil di dunia. Luasnya 25 kaki persegi atau sekitar 2,3 meter saja.

Pemiliknya adalah pematung Jeff Smith. Dikutip The Boston Globe, Smith mengaku terinspirasi oleh gerakan rumah mungil yang sedang mengetren.

"Awalnya ini adalah proyek seni. Tapi sekarang saya mendaftarkannya di Airbnb. Mana tahu ada yang menyewanya. Saya ingin melihat bagaimana pendapat mereka," terang Smith.

Walau berukuran mini, dan hanya bisa menampung satu orang, kamar ini menawarkan fasilitas yang layaknya Anda temukan di rumah biasa. Tentu dengan keterbatasan di sana-sini.

Akses air misalnya, bisa didapatkan tamu lewat bak cuci yang dihubungkan dengan botol isi ulang. Saat selesai menggunakannya, sisa air akan dipakai untuk menyiram bunga di luar rumah.

Rumah mini ini juga dilengkapi dengan kompor bertenaga propana, pemandangan langit-langit, enam jendela bundar mirip bentuk jendela di kapal. Toiletnya hanya berupa lubang yang ditutupi di atas laci pembuangan kotoran kucing.

Anda bisa bermalam di sini dengan membayar USD55 per malam. Untuk harga sekitar Rp751 ribu, rumah mungil ini tidak dilengkapi akses wi-fi, pemanas atau pendingin ruangan. Jadi jika Anda bermalam di musim panas atau musim dingin, pastikan sudah berkemas dengan tepat.

Dengan ukurannya, rumah ini menawarkan fleksibilitas tinggi. Jika Anda tak suka dengan lokasinya, sila saja memindahkannya sesuka hati. Rumah beroda ini, menurut Smith bisa diangkut di atas mobil van berukuran biasa.

"Rumah ini sangat kecil, tapi sangat nyaman. Tinggal di rumah terkecil di dunia adalah pengalaman unik dan bukan untuk orang biasa," tulis Smith dalam laman Airbnb.

Dikutip Hyperallergic, Smith membuat film pendek tentang proyeknya ini. Film tersebut bercerita tentang Glen Bunsen yang bercita-cita punya rumah terkecil di dunia.

Rumah mini berwarna hijau mentereng ini bukan satu-satunya rumah mini yang disewakan. Ada banyak rumah mungil lain yang juga bisa Anda sewa di Amerika Serikat. Misal di kawasan di New York dan Portland.

Mengutip The Sun, banyak orang di Inggris juga mulai melirik tren rumah mini. April lalu bahkan terungkap, rumah yang paling diinginkan untuk disewa oleh warga Inggris adalah sebuah rumah pohon di kawasan Cornwall.

Rumah pohon milik Jonathan Melville-Smith itu dapat menampung dua orang. Sewanya per malam 100 Poundsterling atau sekitar Rp1,9 juta.

Dalam deskripsi laman Airbnb, dijelaskan lokasinya yang 10 menit jalan kaki ke Pantai Porthallow. Rumah pohon ini dilengkapi fasilitas dapur, dan daya listrik 240 volt. Toiletnya terpisah, tak jauh dari rumah.

x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.