TUJUAN WISATA

Berwisata ke Ciletuh Geopark di Sukabumi

Pemandangan Teluk Ciletuh dilihat dari Puncak Darma
Pemandangan Teluk Ciletuh dilihat dari Puncak Darma | Frannoto /Tempo

Ciletuh Geopark merupakan salah satu objek wisata menarik di Sukabumi, Jawa Barat. Kawasan wisata alam ini telah mendapatkan sertifikat sebagai geopark nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk Unesco dan Kementerian ESDM.

Konsep Geopark atau taman bumi adalah area terpadu dengan warisan geologi yang signifikan di dunia. Di taman bumi ini, situs-situs warisan geologis menjadi kawasan dari konsep perlindungan, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan secara holistik.

Saat ini Indonesia memiliki 6 taman bumi nasional. Ada Gunung Sewu, Merangin, Gunung Rinjani, Danau Toba, Gunung Batur, dan Ciletuh.

Ciletuh dinilai layak dijadikan taman bumi oleh UNESCO karena memiliki keragaman fenomena geologi, keragaman biologi, dan keragaman budaya. Pada tahun 2017, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan agar Taman Bumi Ciletuh dikukuhkan Unesco sebagai taman bumi internasional.

Sebagai objek wisata alam, ada beberapa hal yang ditawarkan Ciletuh untuk wisatawan. Mulai dari air terjun, tebing, perbukitan, sampai pantai.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat batuan alam yang merupakan hasil sedimentasi berbagai fosil, patahan, dan lempengan bumi puluhan juta tahun silam.

"Ciletuh Geopark ke depan akan menjadi objek wisata berkelas dunia, maka kami memanfaatkan warga lokal untuk dilatih menjadi pemandu wisatawan agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada wisata yang datang ke objek wisata yang ada di selatan Kabupaten Sukabumi ini," kata Kepala Disparbud Jabar, Nunung Sobari, dikutip Antara.

Melansir cerita Aryani Leksonowati di Kompasiana, perjalanan selama sekitar empat jam ditempuh dari Terminal Sukabumi, menumpang mobil off road. Rute perjalanan bisa melewati Cibadak, menuju arah Pelabuhan Ratu, belok ke arah Simpenan sampai ke Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas.

Idealnya butuh waktu tiga hingga empat hari untuk menjelajah Ciletuh Geopark. Ini karena objek wisata alam yang menyebar di beberapa area. Sulit dijangkau dalam satu hari saja.

Berikut ini beberapa tempat yang bisa dikunjungi di kawasan Ciletuh Geopark :

Puncak Darma

Puncak Darma adalah salah salah satu bukit yang tinggi dikawasan Teluk Ciletuh. Dari ketinggian 357 meter di atas permukaan laut pengunjung dapat melihat bentangan morfologi Ciletuh, panorama laut teluk ciletuh dengan gradasi warna perpaduan air laut dan air sungai, serta luasnya Samudera Hindia.

Curug Cimarinjung

Air terjun ini memiliki dinding dengan lapisan batu serta hamparan vegetasi penutup tanah seperti karpet dengan ketinggian 70 meter di atas permukaan laut. Air terjun yang lokasinya dekat dengan pantai ini memiliki akses jalan yang curam, namun pengunjung cukup berjalan selama 12 menit dari pemberhentian kendaraan sampai ke lokasi.

Curug Sodong

Air terjun ini juga dikenal dengan nama Curug Kembar, karena ada dua air terjun yang jaraknya berdekatan seperti anak kembar. Di atas air terjun ini, masih ada air terjun lagi, yaitu Curug Cikanteh. Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini dan bermain air sepuasnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR