Festival layang-layang Pangandaran

Ilustrasi festival layang-layang
Ilustrasi festival layang-layang | amophoto.net /shutterstock

Festival Layang-Layang Internasional akan digelar pada 15-16 Juli 2016 di Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Ajang ini termasuk salah satu acara unggulan Jawa Barat karena mampu meningkatkan pendapatan daerah.

"Dengan kunjungan wisatawan yang meningkat setiap tahunnya berdampak pada peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) bagi Kabupaten Pangandaran sendiri. Untuk tahun ini, PAD wisata Pangandaran mencapai Rp64 milyar meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya," kata Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat.

Selain bermain layang-layang, ada beberapa acara yang diadakan selama festival berlangsung, di antaranya ada merakit layangan jenis bapangan, lomba layangan malam, lomba tarik ulur, lomba melukis, lomba layangan tradisional, lomba stand terbaik, lomba fotografi, dan masih banyak lagi.

Bermain layang-layang pada malam hari mungkin terasa aneh, namun ini lah yang akan terjadi di Festival Layang-Layang Internasional. Akan ada acara lomba layangan malam atau night kite. Peserta akan menerbangkan layangan bersama-sama pada malam hari dan layangannya akan dipasangi lampu.

Tak hanya warga Indonesia saja yang mengikuti festival ini. Menurut Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, akan ada peserta dari luar negeri seperti Malaysia, Jepang, Thailand, dan Swedia.

Melancong ke Pangandaran

Jika Anda berminat berlibur di Pangandaran dan menyaksikan Festival Layang-Layang Internasional, ada baiknya segera menyiapkan keperluan untuk menuju ke sana.

Dilansir situs Mypangandaran, berikut cara menuju ke Pangandaran dengan menggunakan bus:

  • Dari Jakarta: Naik bus Kampung Rambutan-Pangandaran.
  • Dari Bandung: Naik bus Bandung-Tasikmalaya-Banjar-Pengandaran.
  • Dari Yogyakarta: Naik bus Yogyakarta-Cilacap-Kalipucang-Pangandaran.

Anda bisa turun di terminal Pangandaran yang jaraknya sekitar 300 meter menuju gerbang masuk pantai. Anda bisa memilih berjalan kaki atau naik becak sampai ke dekat pantai. Untuk akomodasi, di situs Booking.com terdapat berbagai pilihan hotel dari mulai harga Rp200ribu sampai Rp1jutaan yang masih tersedia pada tanggal 15 Juli 2016 ini.

Saat berada di Pangandaran, jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner. Merujuk pada situs TripAdvisor, ada 10 restoran terbaik di Pangandaran, di antaranya yaitu Rasa Sayang, Karya Bahari, Bamboo Beach Bar, dan Java Kitchen Resto.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR