TUJUAN WISATA

Hong Kong, kota paling ramai turis sepanjang 2017

Kota Hong Kong dilihat dari laut.
Kota Hong Kong dilihat dari laut. | weerasak saeku /shutterstock

Hong Kong berada pada peringkat pertama dalam daftar kota yang paling banyak dikunjungi di dunia. Survei ini dilakukan oleh periset pasar Euromonitor International dalam 2017 Top 100 City Destinations.

Tahun ini, Hong Kong dikunjungi 26,6 juta pengunjung. Menyusul Bangkok dengan 21,2 juta pengunjung dan London 19,2 juta pengunjung.

Dalam daftar tersebut, juga ada Singapura, Makau, Dubai, Paris, New York, Shenzen, Kuala Lumpur, Phuket, Roma, Tokyo, Taipei, dan Istanbul.

Dua kota besar di Indonesia juga masuk dalam daftar ini. Denpasar, Bali, ada di urutan ke-10, sementara Ibu Kota Jakarta menempati peringkat ke-83.

"Kota-kota di Asia mendominasi Top 100 City Destinations, dengan 41 kota pada tahun 2017 dan ini kemungkinan akan mencapai 47 pada tahun 2025," kata Wouter Geerts, analis perjalanan senior di Euromonitor dan penulis utama laporan tersebut, seperti dikutip CNN Travel.

Sebagai kota dengan kunjungan turis terbanyak, Hong Kong memang memiliki beragam daya tarik bagi wisatawan.

Meski lebih dikenal sebagai pusat belanja barang mewah, Hong Kong juga cocok untuk wisata budaya, sejarah, dan alam.

Planetware menulis, Anda belum ke Hong Kong jika belum mencoba naik trem dari Victoria Peak untuk melihat gedung pencakar langit, kota yang ramai, dan pulau-pulau sekitarnya.

Kuil Wong Tai Sin, salah satu bangunan yang paling terkenal di Hong Kong.
Kuil Wong Tai Sin, salah satu bangunan yang paling terkenal di Hong Kong. | MosayMay /Shutterstock

Selain itu, jangan lupa mengunjungi kuil Wong Tai Sin di Kowloon. Kuil ini aslinya dibangun pada tahun 1920 kemudian diganti bangunan baru pada tahun 1968.

Kuil ini didirikan untuk Dewa Tao Wong Tai Sin, yang dianggap penduduk setempat sebagai pembawa keberuntungan dalam balap kuda dan penyembuh penyakit.

Kompleks kuil ini terdiri dari beberapa bangunan, termasuk Hall of Three Saints, Good Wish Garden, serta bangunan yang didedikasikan pada Confucius dan 72 muridnya.

Bila ingin jalan-jalan di taman hiburan, bisa mengunjungi Ocean Park, untuk bermain roller coaster serta melihat satwa langka serta eksotis.

Ocean Park memiliki kubah akuarium terbesar di dunia, berdiameter 5,5 meter dengan ribuan ikan dari 400 spesies, terowongan terumbu karang, serta kesempatan untuk berinteraksi dengan bintang laut dan teripang.

Masih di lokasi yang sama, pengunjung dapat ikut dalam Giant Panda Adventure, untuk melihat panda raksasa, panda merah, dan giant salamander yang terancam punah.

Objek wisata populer lain di Hong Kong adalah Big Buddha setinggi 34 meter di puncak biara Po Lin Pulau Lantau. Selain melihat keindahan patung Buddha yang diselesaikan dalam waktu 12 tahun ini, Anda juga bisa menyaksikan matahari terbit di atas wihara dengan pemandangan laut dan pulau-pulau sekitarnya.

Pemandangan matahari terbenam di Hong Kong.
Pemandangan matahari terbenam di Hong Kong. | Jessica Li /Shutterstock

Dalam siaran pers yang diterima Beritagar.id, Hong Kong Tourism Board baru saja meluncurkan kampanye Great Outdoors untuk menunjukan sisi lain dari Hong Kong.

Kampanye tersebut bertujuan agar turis bisa menikmati wisata alam, seperti menikmati pemandangan langit penuh bintang di pulau terpencil, melihat awan di puncak gunung, matahari terbit, serta hamparan tanaman hijau.

Untuk memudahkan wisatawan menikmati aktivitas outdoor, Hong Kong Tourism Board juga meluncurkan panduan wisata Your Guide to Hiking & Cycling in Hong Kong terbagi menjadi tiga tema Hiking in Heritage, Picture-Perfect Vistas dan Geological Wonders.

Panduan tersebut akan terdiri dari informasi rute perjalanan yang disarankan serta informasi mengenai durasi waktu yang dibutuhkan serta tingkat kesulitan.

Bahkan, di dalam panduan ini dilengkapi informasi jalur sepeda bagi yang ingin menjelajah Hong Kong dengan cara berbeda.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR