Indonesia terima 9 penghargaan di bidang pariwisata

Ubud, Bali, Indonesia.
Ubud, Bali, Indonesia. | flocu /shutterstock

Keindahan alam Indonesia tak diragukan lagi. Baru-baru ini, situs TripAdvisor memberikan penghargaan di bidang pariwisata untuk Indonesia.

Total ada 9 penghargaan yang diberikan dalam acara PATA Travel Mart 2016, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Banten.

Pemenang penghargaan TripAdvisor Travellers Choice dipilih berdasarkan ulasan dan opini dari pengguna situs TripAdvisor dan dari wisatawan di seluruh dunia dalam kurun waktu 12 bulan.

Dari 9 penghargaan, 8 di antaranya diperoleh Bali dan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hanya satu penghargaan yang jatuh pada Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Bisnis.com melansir, kategori landmark dan pantai didasarkan pada ulasan dan opini wisatawan yang mengulas tempat tersebut di TripAdvisor selama 12 bulan. Sedangkan untuk kategori pulau dan destinasi merupakan gabungan kualitas dan kuantitas ulasan serta peringkat dari hotel, atraksi wisata dan restoran dan kecenderungan pemesanan melalui TripAdvisor pada pulau maupun destinasi yang terpilih.

Pengrhargaan tersebut telah diberikan secara simbolis oleh Martin Verdon-Roe selaku Vice President Global Display Sales TripAdvisor kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Kita harus bangga, dua di antara sembilan yang kita terima itu tingkat dunia dan yang tujuh itu tingkatnya Asia. Dan itu bukan penghargaan dari TripAdvisor sebenarnya, tapi dari pelancong yang dikumpulkan TripAdvisor, jadi real," ujar Arief Yahya, dikutip DetikTravel.

Penghargaan yang diberikan TripAdvisor kepada Indonesia terdiri dari berbagai kategori seperti wisata, pulau, pantai, hotel, dan landmark terbaik. Berikut ini daftarnya:

  1. Ubud, Bali menyabet peringkat 10 dari 25 destinasi terbaik di dunia dan peringkat tiga dari 25 destinasi terbaik di Asia.
  2. Pulau Bali menyabet peringkat lima dari 10 pulau terbaik di dunia, dan peringkat satu dari 10 pulau terbaik di Asia.
  3. Lombok, NTB, menyabet peringkat lima dari 10 pulau terbaik di Asia.
  4. Gili Trawangan, Lombok, NTB, menyabet peringkat enam dari 10 pulau terbaik di Asia.
  5. Pura Tanah Lot menyabet peringkat ke 18 dari 25 landmark (objek wisata) terbaik di Asia.
  6. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, menyabet peringkat ke-21 dari 25 landmark (objek wisata) terbaik di Asia.
  7. Pantai Gili Meno, Lombok, NTB, menyabet peringkat 11 dari 25 pantai terbaik di Asia.
  8. Pantai Balangan, Bali, menyabet peringkat 17 dari 25 pantai terbaik di Asia.
  9. Pantai Nusa Dua, Bali, menyabet peringkat 24 dari 25 pantai terbaik di Asia.

"Penghargaan tersebut menaikkan level 3C Indonesia (Confidence, Credibility, dan Calibration). Ini sangat membanggakan," kata I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, kepada CNN Indonesia.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR